mamaproduktifAvatar border
TS
mamaproduktif
[Coc Reg. Kaltim]Pertambangan Kaltim Paling Banyak Memakan Korban Jiwa, Benarkah?

sumber
Seperti kita ketahui bersama bahwa daerah Kalimantan banyak memiliki lahan pertambangan, tidak terkecuali daerah Kalimantan Timur. Ditambah menjadikan salh satu daerah di Kalimantan Timur ini sebagai bakal calon Ibukota Indonesia di masa mendatang. 

Pastinya akan banyak sekali orang-orang yang akan berekspansi ke daerah Kalimantan Timur. Pertambangan merupakan usaha yang sangat menjanjikan namun mematikan. Hasil dari usaha pertambangan dapat menjadi sumber energi namun disisi lain sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui ini semakin menipis. 

Jika kita flashback ke belakang adanya film dokumenter yang berjudul sexy killer dimana hal-hal yang terjadi akibat adanya pertambangan disana.

Daerah yang tadinya memiliki area persawahan maupun perkebunan yang subur, setelah adanya PLTU dan pertambangan kehidupan disana berubah 180 derajat.

Contoh saja masyarakat yang bertempat tinggal di sekitar area pertambangan banyak menghadapi masalah-masalah sosial yang serius, diantaranya adalah:

Tidak adanya air bersih disana, masyarakat harus menempuh jalan kaki sekitar 1,5 km untuk mengambil air bersih.

Selain itu, banyak anak-anak yang meninggal di area sekitar bekas penggalian pertambangan karena belum adanya reklamasi oleh perusahaan pertambangan, sangat miris sekali bukan?

Masalah lainnya adalah perairan disana secara tidak langsung sudah terkena limbah dimana hasil tangkapan ikan sangat mengalami penurunan.

Hasil tangkapan ikan biasa mendapatkan hasil Rp. 13 juta per bulan. Saat menjadi karyawan di PLTU hanya mendapatkan gaji 2,5 juta per bulan.

Kesejahteraan ekonomi disana pun turun drastis. Permasalahan-permasalahan di dunia pertambangan ini direspon oleh jaringan advokasi pertambangan bahwa ada beberapa perusahaan tambang yang belum mendapatkan izin usaha lingkungan namun sudah beroperasi melakukan pertambangan.

Bagaimana tidak carut marut masalah pertambangan di Indonesia ini, hal-hal vital seperti itu saja masih dikesampingkan.

Berikut ane kasih link video YouTube film dokumenter sexy killer yang didalamnya menyebut beberapa para pejabat dan turunannya yang memiliki perusahaan pertambangan di daerah Kalimantan Timur ini


Semoga ke depan masalah pertambangan ini bisa teratasi dengan baik oleh pemerintah daerah dan pusat juga pihak-pihak yang terkait, yang tidak hanya memikirkan profit namun juga kesejahteraaan, keamanan dan juga kenyamanan masyarakat disana juga Indonesia pada umumnya.

Sekian thread ane kali ini. Semoga kita semua peka terhadap isu-isu strategis dan nasional Negara Indonesia. Semoga menjadi perhatian dan pembelajaran kita semua.

Penulis: @mamaproduktif
Referensi: dimarih, dimarih
Diubah oleh mamaproduktif 26-10-2020 14:26
UriNami
ekapabettai
cheria021
cheria021 dan 37 lainnya memberi reputasi
36
4.8K
140
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Kalimantan Timur
Kalimantan Timur
icon
983Thread471Anggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.