Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

koekoeroeyoekAvatar border
TS
koekoeroeyoek
Pinterest Sangat Luar Biasa untuk SEO
Saat ini banyak website atau blog yang kesulitan mendapatkan pengunjung dari search engine khususnya Google. Salah satu penyebabnya adalah seringnya Google meng-update algoritmanya sehingga banyak kata kunci yang tadinya di halaman satu Google menjadi terjun bebas entah di halaman berapa. Hal ini menyebabkan para webmaster diluar negeri banyak yang menggunakan media sosial Pinterest untuk meningkatkan peringkat SEO sekaligus untuk mendatangkan trafik atau pengunjung ke situs web mereka.



Tips Meningkatkan SEO dengan Pinterest

Di bawah ini akan saya uraikan tentang beberapa cara meningkatkan peringkat SEO untuk website Anda dengan menggunakan Pinterest. Mari kita simak bersama-sama.


1. Membangun Backlink Berkualitas

Selain dapat mendatangkan visitor, Pinterest juga dapat menciptakan backlinking ke situs web Anda. Dalam dunia SEO, backlink merupakan sesuatu yang sangat penting untuk sebuah blog, karena jumlah backlink yang berkualitas merupakan salah satu acuan bagi search engine dalam membuat peringkat halaman sebuah website.

Pertanyaannya sekarang adalah kenapa Pinterest dapat untuk membuat backlink berkualitas?

Backlink di Pinterest merupakan backlink yang berjenis dofollow bukan nofollow, sehingga sangat bagus untuk meningkatkan Search Engine Results Page (SERP) website Anda.

Ketika Anda meng-upload sebuah pin (gambar), maka Anda dapat memasukkan link atau url postingan blog Anda, ini artinya dalam sebuah pin (gambar) yang Anda upload mengandung backlink yang mengarah ke postingan blog Anda. Nah, sekarang coba Anda bayangkan berapa banyak backlink yang akan tersebar dari sebuah pin (gambar) yang Anda upload tersebut, serta berapa banyak link juice ke blog Anda. Disamping itu, dengan tersebarnya banyak backlink, tentunya dapat menaikkan peringkat SEO website Anda.


2. Membuat Keyword Target

Salah satu bagian yang tidak dapat dipisahkan dari strategi SEO adalah penargetan kata kunci, dan perlu untuk Anda ketahui bahwa board (papan) dan profil Pinterest akan di-indek oleh search engine, oleh karena itu dengan pemberian nama pada board (papan) Pinterest dengan kata kunci dapat menciptakan peluang board (papan) Pinterest tersebut muncul di search engine.

Sebaiknya Anda juga memberi nama atau judul pada pin (gambar) yang di upload ke Pinterest dengan kata kunci yang dilengkapi link atau url postingan blog Anda agar memudahkan orang lain (baik dari dalam maupun dari luar Pinterest) untuk menemukan pin Anda yang pada gilirannya akan mengunjungi blog Anda dan meningkatkan peringkat SEO website Anda ke tingkat yang lebih baik.


3. Membangun Link (Link Building) dengan Tombol PIN

Anda mungkin sudah akrab dengan  tombol ‘Tweet’ pada Twitter dan tombol ‘Like’ pada Facebook. Nah, Pinterest juga mempunyai tombol yang disebut dengan 'Tombol Pin'.

Tambahkan tombol ‘Pin’ pada blog Anda untuk mempermudah pembaca blog Anda ketika hendak membagikan gambar ke Pinterest miliknya.

Ketika pengunjung blog Anda membagikan gambar ke Pinterest dengan menekan tombol Pin, otomatis gambar tersebut sudah berisi backlink, sehingga ini akan memberi peluang kepada Anda untuk membangun backlink berkualitas yang dibuat oleh pengunjung blog Anda tersebut.


4. Social Signal

Social signal merupakan sesuatu yang penting dalam algoritma search engine seperti Google. Ketika pin (gambar) yang Anda upload ke Pinterest di repin atau di pin ulang oleh pengguna Pinterest yang lain, maka hal itu akan menciptakan social signal. Nah, social signal tersebut akan memberitahu dan menunjukkan kepada search engine bahwa konten Anda adalah relevan, dan ini tentu saja akan sangat baik dalam meningkatkan peringkat SEO blog Anda.


5. Penargetan Menggunakan Pinterest Analytics

Selain hal-hal yang telah saya sampaikan diatas, salah satu yang menyebabkan Pinterest sangat bagus untuk SEOadalah adanya Pinterest analytic tools pada akun Pinterest tipe bisnis.

Pinterest Analytics sangat penting untuk mengetahui statistik dari pin (gambar) yang telah Anda upload ketika dilihat oleh pengguna lain, direpin atau di pin ulang, maupun yang mendapatkan klik referral.

Selain itu, Anda juga dapat berinteraksi dengan pengguna lain, melacak dan mengetahui ketika ada pengguna lain yang mempromosikan pin Anda, dan melakukan analisis statistik serta strategi promosi terbaik berdasarkan umpan balik dari mereka.

Demikian tulisan saya kali ini, semoga bermanfaat khususnya untuk member KASKUS yang tercinta.


Terima kasih
Diubah oleh koekoeroeyoek 15-12-2018 20:10
tank baja
tank baja memberi reputasi
3
2.3K
19
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Website, Webmaster, Webdeveloper
Website, Webmaster, WebdeveloperKASKUS Official
23.3KThread4.4KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.