anna1812
TS
anna1812
[Coc Reg. KalTeng] Deretan Wisata Air Terjun Bikin Mupeng, No 7 Berasa di Amazon Gan!




Memanfaatkan waktu di saat libur, asyiknya buat jalan-jalan bareng keluarga ya, Gansis. Selain bisa menghilangkan penat karena rutinitas selama seminggu, Gansis juga akan makin mencintai Indonesia dengan segala keindahan wisata alamnya.

Bagaimana tidak? Negara yang terdiri atas 34 propinsi dan tersebar di 7 pulau besar ini, memiliki banyak destinasi wisata yang patut dibanggakan. Bahkan, keindahan wisata alam Indonesia, terkenal hingga ke mancanegara, loh Gansis.

Salah satu pulau dengan keindahan alam luar biasa adalah Pulau Kalimantan Tengah. Pulau yang beribukota di Palangkaraya ini, memiliki banyak destinasi wisata. Dan wisata air terjun di pulau ini, yang akan ane bahas pada trit dalam rangka ikut memeriahkan event COC regional Kalimantan Tengah.

Gansis, sudah siap? Yuk, cek di bawah ini, wisata alam air apa saja yang wajib Gansis kunjungi jika bertandang ke Kalimantan Tengah!

1. Air Terjun Jantor Bukit Bambu

Tenang, adem, dan gemericik air yang mendamaikan, itulah gambaran Air Terjun Jantor Bukit Bambu. Air terjun di sini, sebenarnya tidak besar dan cukup rendah. Akan tetapi, guyuran air tanpa putus dan kolam luaslah yang menjadi daya tarik wisata air di Kalteng ini. Lokasi wisata ini, terletak di kawasan hutan Desa Lemo, Kecamatan Teweh. Deretan pepohonan yang mengelilingi air terjun, membuat pesona Air Terjun Jantor kian memukau para pengunjung. Agan tertarik 'ngadem' di sana?




2. Air Terjun Jantur Hongkong

Air terjun yang satu ini, berada di tebing yang tidak terlalu tinggi. Meskipun demikian, wisata alam air ini cukup eksotis, Gansis. Yang membuat makin menarik, relief alami di dinding tebing, terlihat begitu indah. Guyuran air jernih dari atas tebing dengan kolam di bawahnya pun, akan membuat Gansis betah berlama-lama berendam di bawahnya. Hayo, makin penasaran dengan pesona wisata air di Desa Luwe, Kecamatan Lahei Barat, Kalteng ini kan?




3. Air Terjun Hatowan

Wisata air terjun berikutnya adalah Air Terjun Hatowan. Air terjun yang satu ini, merupakan salah satu dari beberapa wisata ekstrim di Indonesia. Pasalnya, akses jalan menuju wisata tersebut sangat berisiko, Gansis. Jalur kurang baik dan sedikit terbengkalai, harus dilewati jika Agan ingin menikmati guyuran air terjun dan pesona alam di sekelilingnya. Wisata alam air ini memang belum terjamah, tapi apabila dikembangkan dan dirawat dengan baik, niscaya akan berpotensi menjadi destinasi wisata alam air baru di Kalteng. Penasaran seperti apa penampakannya? Cek di bawah ini, Gan!




4. Air Terjun Jantur Jalitung

Wisata air terjun yang satu ini, tak kalah indah jika dibanding dengan Air Terjun Jantur Doyan yang selalu sesak oleh pengunjung. Air Terjun Jantur Jalitung juga memiliki kolam alami luas dengan air yang begitu jernih, serta air terjun yang cukup landai. Mungkin hanya karena infrastruktur sedikit buruk dan fasilitas di sinilah yang membuat air terjun ini, tidak begitu dikenal orang banyak. Padahal, posisi tempat wisata yang berada di kawasan hutan Desa Lemo, Kecamatan Reweh Tengah ini masih sangat alami dan begitu memukau. Gansis juga bisa berkemah di sana, loh.




5. Air Terjun Batu Mahasur

Air terjun yang terletak di Kuala Kurun, Kabupaten Gunung Mas ini, merupakan wisata alam air yang terkenal. Air terjun dengan ketinggian 12 meter ini, memiliki aliran air yang tidak begitu besar dan deras. Di bawah air terjun, terdapat beberapa kolam. Suasana nyaman dan dingin, menjadikan destinasi wisata alam air ini begitu diminati para pecinta wisata air terjun. Agan juga minat berlibur ke sana?




6. Air Terjun Berunyau

Objek wisata air terjun ini merupakan destinasi wisata air terjun baru yang berada Kapuas Hulu. Meskipun demikian, wisata ini banyak diminati para wisatawan, loh Gansis. Terbukti, tempat ini tidak pernah sepi pengunjung. Walaupun baru diresmikan 3 tahun lalu, tapi pesonanya telah menghipnotis banyak wisatawan, terutama pecinta wisata air terjun. Keindahan dan fasilitas memadai, menjadikan tempat ini cocok dijadikan tujuan berlibur saat akhir pekan. Wow! Bisa makin betah jika menghabiskan liburan di sana ya, Gansis.




7. Air Terjun Jantur Doyan

Air Terjun Jantur Doyan yang berlokasi di kawasan hutan lindungdi Kabupaten Barito ini, merupakan salah satu wisata alam air yang paling banyak dikunjungi wisatawan. Terlebih di saat musim liburan. Air terjun dengan tinggi tidak lebih dari 10 meter ini, memiliki air yang sangat jernih serta kolam alamin luas. Fasilitas di sini juga cukup lengkap, Gansis. Ada gazebo dan lokasi khusus bermain anak. Suasana nyaman dan dingin serta view seperti di hutan Amazon, sangat cocok buat Gansis yang menginginkan liburan berkesan di akhir pekan. Jangan lupa siapkan kamera untuk mengabadikan momen dengan view terbaik ya, Gan!




8. Air Terjun Bawin Kameloh

Wisata Air terjun ini terletak di Taman Hutan Raya (Tahura) Lapak Jaru, Kabupaten Gunung Mas, Kalimantan Tengah. Lokasinya tidak jauh dari Kota Kuala Kurun, ibukota Gunung Mas. Suasana di sini cukup tenang dan nyaman. Fasilitas memadai, menjadikan wisata alam air terjun ini banyak diminati pecinta wisata air terjun. Selain itu, lokasi yang begitu luas kerap dijadikan tempat berkemah. Tentu menyenangkan sekali ya, Gansis. Pikiran menjadi segar dengan suguhan pemandangan alam dengan guyuran air yang begitu jernih.




9. Air Terjun Jantor Uja

Berada di tengah-tengah hutan Benangin, menjadikan air terjun ini sangat memukau. Akses menuju ke sana juga tergolong mudah. Air terjun setinggi hampir 10 meter, tebing bebatuan serta deretan pohon yang cukup lebat, membuat suasana di sekitar lokasi wisata cukup menenangkan. Selain itu, ada kolam alami cukup luas di bawahnya. Kesegaran dan kejernihan air yang jatuh dari tebing bebatuan, membuat siapapun ingin segera merasakan segarnya guyuran Air Terjun Jantor Uja. Ingin menikmati indahnya pesona wisata air terjun tersebut? Yuk kunjungi Desa Benangin, Kecamatan Teweh Timur, Kalimantan Tengah, Gan!




Kesegaran dan keindahan dari wisata alam air di atas memang sangat memesona ya, Gansis. Tempat-tempat yang ane sebut, baru sebagian dari sekian banyak deretan wisata alam air di Kalteng yang cocok buat para petualang dan pecinta alam. Lokasi wisata yang berada di tengah hutan, membuat suasana di sekitar memang terasa segar dan menenangkan. Ditambah dengan deretan pohon hijau yang sejuk dipandang. Itu semua sudah pasti akan memberi kesan tak terlupakan sepanjang berada di lokasi.

Indonesia memang banyak menyimpan kekayaan alam hayati, salah satunya adalah air terjun. Sebagai warga masyarakat yang baik, sudah semestinya kita turut menjaga kelestariannya. Selain demi keseimbangan lingkungan, hal itu tentu saja bisa meningkatkan perekonomian warga dan pemerintah daerah setempat.

Oke Gansis, sekian ulasan ane terkait wisata alam air terjun di Kalimantan Tengah. Apabila ada kesalahan atau kekurangan, silakan dikoreksi. Terima kasih, see you.




Penulis : @anna1812
Referensi : 1, 2, 3, 4, 5


emoticon-I Love Indonesiaemoticon-I Love Kaskusemoticon-I Love Indonesia
Diubah oleh KS06 26-10-2020 00:16
istijabahmuyasylianasari993
lianasari993 dan 5 lainnya memberi reputasi
6
1.1K
27
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Kalimantan Tengah
Kalimantan Tengah
icon
664Thread246Anggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.