Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

mabdulkarimAvatar border
TS
mabdulkarim
Stadion Papua Bangkit Berganti Nama Menjadi Lukas Enembe
Stadion Papua Bangkit Berganti Nama Menjadi Lukas Enembe
JAYAPURA, SUARAPAPUA.com— Gubernur Papua Lukas Enembe meresmikan gedung utama Pekan Olahraga Nasional (PON) 2020 di kampung Harapan, Kabupaten Jayapura, Papua. Stadion ini merupakan yang terbesar kedua di Indonesia, setelah stadion GBK Jakarta.

Dalam acara peresmian, Gubernur Enembe secara resmi menganti nama stadion dari stadion Papua Bangkit menjadi stadion Lukas Enembe yang berlangsung pada pada, Jumat (23/10/2020).

Pembangunan stadion ini menelan biaya sekitar Rp1,3 triliun rupiah yang bersumber dari APBD. Daya tambung  stadion sebanyak 40.263 penonton.

Selain peresmian stadion, gubernur Papua juga mengubah nama bandara udara Sentani menjadi Bandara Udara Internasional Dortheys Hiyo Eluay dan mengumumkan jumlah Orang Asli Papua, termasuk meresmikan sembilan venue PON 2020.

Kepala Dinas Pemuda dan Olarahraga (Diaspora) Propinsi Papua, Alexander Kapisa dalam sambutannya yang dibacakan secara virtual mengatakan, ada sembilan venue yang dibangun untuk PON 2020 yang akan dilaksanakan pada 2021.

Diantaranya, lapangan tembak indoor kampung Harapan yang berganti nama menjadi lapangan tembak indoor Papua bangkit, lapangan tembak outdoor AURI menjadi lapangan tembak Silas Papare.

GOR STT GIDI Papua menjadi gedung olarahraga STT GIDI Papua, lapangan Sofball dan Baseball AURI menjadi lapangan Baseball Marthen Indey dan lapangan Sofball Manuhua. Lapangan Sofball dan Baseball Uncen menjadi lapangan Baseball dan Sofball  August Kafiar, GOR Bola Volly Koya Koso menjadi GOR bola Volle Waaja Nene Kapoka, lapangan Tennis Wali Kota Jayapura menjadi lapangan Tenis Wonda Lambu dan GOR Futsal Timika.

Acara peresmian itu diwarnai dengan berbagai atraksi budaya, lagu-lagu daerah Papua dan berbagai acara seremonial lainnya.

Diakhir kegiatan disuguhkan pertadingan persahabatan antara tim PON Papua dan PON Jatim. Tim PON Papua memenangkan pertandingan persahabatan itu dengan skor 4-0.

[url]https://suarapapua.com/2020/10/24/stadion-papua-bangkit-berganti-nama-menjadi-lukas-enembe/ [/url]

Dortheys Hiyo Eluay itu salah satu tokoh Papua Merdeka dan kenapa ia dijadikan nama bandara Sentani?

alasannya di sini https://jubi.co.id/jayapura-setuju-d...bandara-papua/

“Dortheys Hiyo Eluay merupakan seorang tokoh yang berkontribusi (berjasa) terhadap daerah (Papua). Penggunaan namanya untuk bandara akan dilakukan melalui prosesi atau ritual adat,” jelas Hikoyabi


Anggap aja dia tokoh tradisional Papua selain aktivis kemerdekaan Papua toh Presiden dan TNI nggak komentar emoticon-Big Grin Mungkin mirip Daud Berueh kali (tapi masalah GAM sudah selesai di 2005, OPM belum)

Tapi aneh sih gubenur Papua sekarang dipakai nama stadion. Mending gubenur Papua pertama Frans Kasiepo emoticon-thumbsup
Diubah oleh mabdulkarim 25-10-2020 03:41
nomorelies
nomorelies memberi reputasi
1
1.5K
22
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
672KThread41.7KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.