Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

  • Beranda
  • ...
  • Otomotif
  • Ini Fungsi Talang Air di Mobil, Bukan Jadi Pemanis doank Gan!

salamsetirkiriAvatar border
TS
salamsetirkiri
Ini Fungsi Talang Air di Mobil, Bukan Jadi Pemanis doank Gan!

Sekilas keberadaan talang air di mobil hanya terlihat sebagai pemanis mobil. Tapi pada kenyataanya komponen ini memiliki peran atau fungsi yang lebih dari sekedar aksesoris dan hiasan belaka. Ada beberapa manfaat yang bisa dirasakan pemilik mobil dengan adanya talang air:


Mampu meredam suara bising dari luar

Mungkin gak banyak tau, ternyata komponen yang satu ini bisa meredam suara bising yang muncul dari luar. Talang air atau door visor mampu mengarahkan aliran udara dari mesin ketika bergerak. Dengan begitu suara bising dari luar mobil bisa teredam dan kabin pun menjadi lebih senyap.

Melindungi penumpang dan komponen dalam mobil dari air hujan

Sesuai namanya, talang air mobil berfungsi untuk melindungi penumpang dan pengemudi mobil dari terpaan air hujan. Secara desain, talang air berbentuk melengkung menutupi bagian atas kaca samping mobil. Dengan begitu, air bisa langsung mengalir ke bagian depan kap dan bodi belakang mobil, sehingga air tidak akan mengendap. Selain itu, talang air juga bisa menjaga komponen dalam mobil, seperti tombol elektrik yang nempel pada panel dari cipratan air hujan.

Mengurangi embun

Gak hanya mengurangi guyuran air hujan dari kaca jendela samping, fungsi talang air mobil juga bisa meminimalisasi embun. Khususnya embun di bagian kaca depan, yang berisiko mengurangi jarak pandang pengemudi. Ketika embun pada bagian kaca depan dapat dikurangi, maka pengemudi bakal mendapatkan pengalaman berkendara yang lebih nyaman dan aman. Begitu pun pada kaca samping mobil, embun tidak akan otomatis menempel di kaca.


fajar.khalifa
aygilagility
aygilagility dan fajar.khalifa memberi reputasi
0
1.6K
10
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Otomotif
OtomotifKASKUS Official
27.7KThread15.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.