Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

adiputra101010Avatar border
TS
adiputra101010
Waspada, Inilah 9 Virus Komputer Yang Paling Berbahaya di Dunia Anda Harus Tahu
Apakah perangkat komputer kalian pernah terkena virus malware? Jika perangkat komputer kalian sudah pernah terkena virus, maka berhati-hati lah. Mengapa begitu?, Karena virus komputer yang menempel di perangkat komputer kalian bisa jadi sangat berbahaya bagi perangkat dan komponen lainnya yang bisa menyebabkan kerusakan sistem OS kalian. 

Virus dapat menyebar pada sebuah perangkat dengan berbagai cara seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin canggih. Tapi teknologi yang dibuat untuk mencegah virus tersebut juga semakin canggih, namun kalian juga harus waspada terhadap virus tersebut. Oleh karena itu, kalian harus mengenali jenis virus malware apa saja yang paling berbahaya.

Waspada, Inilah 9 Virus Komputer Yang Paling Berbahaya di Dunia Anda Harus Tahu


1. CIH
Virus yang pertama adalah CIH, virus komputer ini terjadi pada sekitar tahun 1998 dan diperkirakan kerusakan yang terjadi oleh virus ini 20 sampai 80 juta dolar di seluruh dunia. Virus ini di akui oleh seluruh dunia sebagai salah satu virus yang paling berbahaya. Cara kerja virus ini adalah dengan menginfeksi file executable pada windows 95, windows 98 dan ME. Setelah aktif di sebuah perangkat PC, virus ini akan menimpa data hard drive yang menyebabkan komputer tidak dapat dioperasikan dangan baik. 

Selain data Hard drive virus ini juga menimpa Bios dan mencegah booting perangkat komputer. Virus ini juga mudah menyebar melalui perangkat lunak dengan sangat cepat. Tapi saat ini virus ini bukan ancaman berarti karena dengan perkembangan teknologi yang canggih bisa mencegah virus ini.

2. ILoveYou 

Virus yang kedua adalah ILOVEYOU, virus ini dianggap sebagai virus komputer yang paling ganas yang pernah dibuat. Virus ini dibuat oleh dua programmer yang berasal dari Filipina, Reonal Ramones dan Onel de Guzman. Virus ini dikabarkan bisa menghancurkan sistem OS dan menyebabkan kerusakan perangkat komputer di seluruh dunia sebesar 10 milyar dollar. 

Cara kerja virus ini cukup mudah, virus ini akan menyebarkan pesan email dengan menyertakan baris “ILOVEYOU” dan memiliki lampiran “LOVE-BETTER-FOR-YOU.txt.vbs”. Setelah diklik, virus ini akan langsung bekerja dengan meneruskan pesan ke semua kontak yang berada di buku alamat korban. Virus ini akan mulai menyerang komputer dan membuat perangkat tidak bisa melakukan booting. Kerugian yang disebabkan oleh virus ini sebesar 15 milyar dollar.

3. Melisa

Virus ini dibuat oleh David L.Smith pada tahun 1999, virus ini menyebar melalui pesan email. Nama virus ini diambil dari penari eksotik dari florida yang bernama Mellisa. 

Cara kerja virus ini dengan cara menyebarkan file word yang dikirim melalui email. Ketika seorang meng-klik atau membukanya, maka virus akan bekerja dengan mengirimkan file ke 50 kontak email orang tersebut. Diperkirakan kerugian dari virus ini mencapai 1,5 milyar dollar.

4. Code Red

Code Red merupakan virus komputer yang menyerang pada server jaringan. Virus ni adalah salah satu virus berbahaya yang menyerang komputer yang sedang menjalankan server web IIS (Server Web Information) milik Microsoft.

Setelah terinfeksi dengan virus ini, maka situs atau web akan menampilkan pesan “ Hello, Selamat Datang di http://www.worm.com! Diretas oleh orang Cina” dalam bahasa indonesia. Tak cukup sampai disana, virus ini akan menyerang web server yang rentan dan akan menginfeksi-nya. Sekali komputer terinfeksi maka virus ini akan mengandalkan dirinya. Kerugian yang disebabkan oleh virus ini mencapai 2 milyar dollar.

Diubah oleh adiputra101010 24-10-2020 13:47
0
452
3
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Hardware Computer
Hardware ComputerKASKUS Official
31.1KThread10KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.