KarjoKare
TS
KarjoKare
Terlihat Wajar untuk Dilakukan, Padahal Kebiasaan ini Bikin Ponsel Cepat Rusak

Sekarang ini smartphone menjadi barang yang paling penting bagi sebagian besar orang. Banyak hal yang bisa mereka lakukan dengan telepon pintar ini. Karena penting, makanya pengguna menjaga benar – benar ponsel mereka supaya bisa digunakan dalam waktu yang lama. Namun terkadang pengguna tidak menyadari kalau ada beberapa kebiasaan penggunaan smartphone yang dinilai wajar, tapi justru bisa bikin smartphone cepat rusak:


Membiarkan aplikasi yang gak dipakai terus terbuka

Banyak diantara pengguna yang langsung menekan tombol home setelah menggunakan sebuah aplikasi. Dengan begini aplikasi masih tetap beroperasi meskipun hanya sebagai background. Kebiasaan ini dapat memakan daya tahan baterai GanSis. Lebih baik setelah menggunakan aplikasi, langsung tutup aplikasi tersebut.

Tidak menggunakan screen protector dan case

Untuk melindungi layar smartphone, alangkah lebih baiknya gunakan screen protector atau anti gores. Jangan biarnya layar “telanjang” begitu aja tanpa anti gores. Meskipun sepele, tapi langkah ini bisa menjaga layar dari gores. Kalau untuk case, sifatnya sangat dianjurkan untuk digunakan pada smartphone. Karena case bisa menjadi pelindung pertama ponsel ketika ada benturan, air, ataupun resiko lainnya.

Membiarkan charger terus menancap

Kalau yang satu ini udah lumayan banyak dibahas di beberapa artikel. Membiarkan charger terus menancap ke ponsel ketika baterai ponsel udah penuh dapat merusak ponsel. Bukan karena daya yang berlebihan, tapi karena panas dari daya listrik akan bikin baterai panas. Jika sering dilakukan, maka peforma baterai akan menurun.

Penggunaan charger yang tidak resmi

Sebenarnya gak ada yang salah dengan kebiasaan ngecas menggunakan charger yang bukan bawaan ponsel. Tapi meskipun demikian, pengguna juga harus tetap selektif dalam memilih cahrger. Jangan hanya melihat harga jual yang murah saja. Karena kabel dan adaptor yang tidak berkualitas akan merusak smartphone. Bahkan yang lebih parah akan bikin ponsel jadi konslet dan kebakaran.

Menghabiskan baterai hingga 0%

Memang, seiring berjalannya waktu kualitas baterai smartphone akan menurun. Nah, yang bisa dilakukan oleh pengguna ada memperlambat waktu penurunan tersebut. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan tidak menghabiskan baterai sampai 0%. Lebih baik segera lakukan pengisian jika baterai udah sisa 30%.

fira262over.powertien212700
tien212700 dan 34 lainnya memberi reputasi
35
9.1K
183
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Handphone & Tablet
Handphone & Tablet
icon
10.7KThread8.1KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.