Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

mztgrAvatar border
TS
mztgr
#ASK Hardisk Eksternal Error di USB HUB
Halo gan, ini saya punya USB HUB ORICO SHC-U3 4 Port USB3.0, beli langsung lewat official Storenya. Yang ingin saya tanyakan, apakah USB HUB dapat menyebabkan kerusakan pada Hardisk? 

Karena saya punya pengalaman, Hardisk Internal saya yang dijadikan Eksternal lewat Enclosure tiba2 error, cek di CrystalDisk, ternyata kena Warning C5. Padahal tidak pernah terbentur, dan selalu ditempatkan ditempat yang aman. Udah dicoba diformat lewat berbagai macam software seperti Low Level Format, dll tetap tidak membantu, proses formatnya berhasil, tapi tetap unallocated. padahal di Disk management, hardisk tersebut terdeteksi bahkan sizenya juga terdeteksi. Kira-kira masih ada kesempatan untuk di recovery hardisknya?

Terakhir pemakaian itu, Hardisknya dihubungkan lewat USB HUB itu, dan beberapa kali selama pemakaian juga kadang suka not responding hardisknya, bahkan tidak terdetek, sampai2 harus coba2 semua port (usb tersebut ada 4 port) dan setelah beberapa hari tidak digunakan, sekalinya digunakan, tiba2 error. Lalu saya coba dengan Hardisk yang lain tetap sama, terdetek, dan dapat digunakan, tetapi lemot bgt kl buka folder, bahkan not responding. Padahal digunakan buat transfer file handphone lewat kabel data, lancar. Buat flashdisk juga lancar saja.

Yang baru2 ini, saya beli Hardisk Eksternal merk Seagate, pas saya hubungkan lewat USB HUB tersebut, terdeteksi tetapi di My Computer tidak muncul. Bahkan saya Eject pun tidak bisa. Awalnya saya kira saya dapat barang cacat, tetapi pas saya coba lewat port usb yang ada di casing computer, ternyata lancar tanpa kendala.

Apakah memang USB HUB tersebut bisa menjadi penyebab error bahkan kerusakan pada Hardisk saya? dan apakah masih ada kesempatan untuk recovery Hardisk saya tersebut? Data hilang gpp ,asal dapat digunakan kembali.

Semoga ada solusi, terima kasih gan!
0
696
5
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Hardware Computer
Hardware ComputerKASKUS Official
31.1KThread9.7KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.