Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

telah.ditipuAvatar border
TS
telah.ditipu
Jajan - Jajan yang Sering Dijumpai dalam Kotak Besek
Jajan - Jajan yang Sering Dijumpai dalam Kotak Besek



Haloo agan dan sista. Meski sekarang pandemi belum usai, bukan berarti kegiatan sosial lantas berhenti gitu aja dong ya. Makanya sering ane lihat di sekitar tempat tinggal ane, acara hajatan masih sering dilaksanakan. Seperti pernikahan, syukuran, atau sekadar arisan pengajian rutin.

Nah, biasanya setelah acara para tamu dibawakan buah tangan. Contohnya kayak suvenir yang telah dihias atau makanan yang dibungkus kotak. Lewat thread singkat ini, ane mau bahas apa saja sih jenis makanan atau kue yang terdapat dalam bungkusan besek. Biar enggak penasaran lagi, yuk disimak!

RISOLES

Dulu ane kira ini kue lumpia. Soalnya bentuknya sama - sama persegi panjang dan berwarna coklat kekuningan. Rasanya pun sama - sama gurih. Tapi ternyata keduanya beda.

Kalau lumpia kulitnya tipis dan garing, sedangkan risoles agak tebal dan lembut. Nah biasanya yang sering dimasukkan ke dalam besek adalah risoles.

Jajan - Jajan yang Sering Dijumpai dalam Kotak Besek


Kuenya dibungkus plastik bening atau kertas biar tangan enggak kena minyaknya. Di dalamnya berisi campuran sayur dan daging, jadi rasanya asin. Lebih enak lagi ditambah cabe rawit. Jadinya ada gurih dan ada pedes.

KUEKU

Kue ini berasal dari Tiongkok. Biasanya dimasak saat perayaan Imlek. Meski bentuknya bisa dibikin berwarna - warni, namun kueku selalu identik dengan warna merah.

Kue yang berisi kacang hijau di dalamnya ini rasanya legit dan manis. Makanya enggak heran kalau kue kura - kura ini sering dijumpai di bungkusan besek gans.

Jajan - Jajan yang Sering Dijumpai dalam Kotak Besek
Kueku atau kue tok atau kue kura - kura
Sumber: https://d12man5gwydfvl.cloudfront.ne...1469693165.jpg


Cuma kalo bisa sih jangan lama - lama nyimpen ini kue. Soalnya kalo kelamaan kulitnya yang merah itu bakal mengeras jadinya kurang nikmat saat digigit. Jadi lebih baik segera disantap.

BOLU

Bolu basah atau disebut juga dengan roti kukus merupakan kue populer di berbagai negara. Kalau di tanah air, kue ini sering nongol di berbagai acara atau hajatan. Teksturnya yang lembut dan rasanya yang manis membuat bolu disukai banyak orang.

Bentuk kue ini yang paling sering adalah kotak, yang dilapisi kulit berwarna coklat. Tapi ada juga yang bentuknya dimodel segitiga atau yang lain. Terlepas dari bentuk dan warnanya, biasanya kalau di dalam besek ada satu atau dua kue sejenis ini.

Jajan - Jajan yang Sering Dijumpai dalam Kotak Besek


Kue ini biasanya dibungkus plastik bening agar roti tetap utuh dan enggak mengotori tangan. Kue ini bisa dibuat berbagai varian rasa, mulai dari coklat, pandan dan rasa manis lainnya.

PASTEL

Pada umumnya kue ini berbentuk panjang dan menyerupai segitiga. Kulitnya berwarna kuning kecoklatan dan sangat crispy. Di pinggirnya ada gerigi yang menjadi ciri khas.

Di dalamnya terdapat aneka macam isian seperti irisan wortel dan abon kering. Jadi rasanya gurih dan garing, enak buat camilan saat lapar. Kue ini juga agak spesial karena di dalamnya ada irisan telur rebus.

Jajan - Jajan yang Sering Dijumpai dalam Kotak Besek


Sama dengan kue lainnya, pastel juga tak jarang dikumpulkan dalam satu besek saat ada hajatan. Kalau dimakan bareng cabe, rasanya lebih enak apalagi kalau minumnya teh hangat. Wuih mantep tuh.

LAPIS

Dinamakan kue lapis karena terdiri dari banyak lapisan. Kue ini lembut dan kenyal tapi kenyalnya enggak kayak agar - agar. Meski begitu, memakan kue ini juga bisa bikin perut terasa adem.

Kue lapis setidaknya memiliki dua warna. Yang paling menarik perhatian tentu yang warna pelangi. Rasanya manis apalagi yang pas lapisan warna coklat.

Jajan - Jajan yang Sering Dijumpai dalam Kotak Besek


Saat ada kegiatan sosial, kue lapis kerap dibungkus plastik bening lalu dimasukkan ke kotak bersama kue lain. Karena kue lapis berwarna - warni, biasanya kue ini disukai juga oleh anak anak.

Kue ini bisa dihabiskan langsung dengan sekali lahap. Tapi kalo mau lebih nikmat, caranya enggak langsung digigit tapi dicopotin lapis demi lapis sesuai garisnya. Jadinya lebih kerasa perjuangannya.

DONAT

Kalau yang ini sudah banyak yang tahu ya. Donat adalah makanan yang dapat ditemui hampir di segala tempat. Entah itu di pelosok desa bahkan di luar negeri sana.

Bentuknya yang khas membuat orang susah melupakannya. Apalagi kalau di atasnya ditaburi meses dengan varian rasa, tentu enggak salah dong kalau kue ini disukai oleh banyak orang.

Jajan - Jajan yang Sering Dijumpai dalam Kotak Besek


Makanya kue ini sering dipakai buat konsumsi pas hajatan. Permukaan kue ini lembut tapi kalau dibuat agak garing pun masih enak dimakan. Rasanya juga manis.

Waktu kecil dulu, biasanya kalau makan donat itu enggak semuanya dimakan tapi cuma diambil mesesnya aja. Sedangkan bagian rotinya dikasih ke temen atau dibuang. Duh betapa selektifnya.

LEMPER

Kue ini dibungkus daun pisang dan berbentuk persegi. Terbuat dari ketan dan berisi serpihan daging di dalamnya. Yang paling sering dipakai adalah irisan daging ayam. Rasanya gurih apalagi kalau masih hangat - hangatnya.

Jajanan ini bisa dijumpai dalam besek hajatan karena teksturnya mirip dengan nasi tapi lebih lengket. Kadang beberapa orang menganggap dengan makan lemper maka sama kenyangnya dengan makan nasi beserta lauknya. Mungkin karena mengenyangkan itulah kue lemper ada di kotak besek.

Jajan - Jajan yang Sering Dijumpai dalam Kotak Besek


Dan ternyata kue ini juga punya filosofi loh. Kue lemper yang lengket itu menandakan betapa rekatnya persaudaraan pada orang - orang Jawa. So sweet, yah.

Meski tampilannya enggak mewah, tapi memakan kue - kue di atas bisa mengurangi lapar dan meningkatkan mood gans. Ane suka semuanya, apalagi kalau dinikmati bareng keluarga di rumah. Kalau agan sista bagaimana?

Thanks for reading and see you.
Diubah oleh telah.ditipu 12-10-2020 19:12
japarina
dhinyzfrn
cheria021
cheria021 dan 5 lainnya memberi reputasi
6
2.1K
86
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Cooking & Resto Guide
Cooking & Resto GuideKASKUS Official
8.9KThread13KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.