Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

NegaraTerbaruAvatar border
TS
NegaraTerbaru
Memang Beda, KSP Indosurya Sudah Cairkan Dana Ribuan Anggota
Spoiler for KSP Indosurya:


Spoiler for Video:


“Tidak banyak loh kasus koperasi yang berakhir pemiliknya bersedia untuk ganti, yang banyak itu kabur biasanya”

Ucapan itu keluar dari Peneliti Institute for Development of Economics and Finance (Indef) Eko Listiyanto sekitar empat bulan yang lalu, tepatnya pada 20 Juni 2020. Pernyataan Eko merupakan respon dari rencana pendiri Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Indosurya Cipta untuk mengembalikan dana anggota setelah koperasi tersebut mengalami gagal bayar.

Upaya KSP Indosurya dalam mengembalikan dana anggota dinilai sebagai fenomena yang berbeda dengan kasus gagal bayar koperasi lainnya. Sebab ada itikad baik dari koperasi untuk menyelesaikan suatu masalah secara damai.

Sumber : Bisnis[Kasus KSP Indosurya: Pendiri Akan Kembalikan Dana Nasabah, Indef Apresiasi]

Lantas bagaimana kini? Apakah KSP Indosurya tetap komitmen mengembalikan dana anggotanya seperti yang mereka ucapkan empat bulan lalu? Apalagi di tengah kondisi pandemi yang mengakibatkan ketidakpastiaan ekonomi.

Itikad baik KSP Indosurya mengembalikan dana anggota ternyata bukan isapan jempol. Sebab sebanyak 1.150 orang anggota KSP Indosurya telah mencairkan dana mereka selama September 2020.

Salah satu anggota KSP Indosurya bernama Ayu Agustina mengapresiasi langkah pencairan oleh pengurus koperasi. “Bagus, kita kan menaruh uang karena kepercayaan, mungkin dengan cara ini mereka memperbaiki berarti bagaimana caranya nasabah percaya, ya jelas bagus,” ujarnya saat mencairkan dana di Grha Surya, 30 September lalu.

Ayu mengaku tidak menyesal menjadi anggota KSP Indosurya sebab koperasi ini termasuk aman karena berkomitmen mengembalikan dana anggotanya. Beda hal dengan KSP lain yang biasanya kabur.

Hal senada juga diungkapkan anggota KSP Indosurya lainnya bernama Rizki. Ia bersyukur dana sebesar Rp 50 juta miliknya bisa kembali. "Alhamdulillah mereka ada itikad baik, caranya dengan mengembalikan dana, walaupun dicicil. Mudah-mudahan selesai dalam waktu 24 bulan," katanya. Rizki pun berharap kejadian yang menimpa koperasi tidak terulang lagi karena orang-orang sudah banyak yang percaya menaruh uangnya di sini.

Pengurus KSP Indosurya Cipta, Sonia mengatakan saat ini tidak ada masalah serius dalam pengurusan dana anggota pada tahap pertama di September 2020. Menurutnya, pencairan dilakukan sesuai dengan tanggal jatuh tempo yang berbeda-beda sesuai jumlah dana yang dimiliki anggota koperasi. Bagi pemilik dana di bawah Rp 500 juta, pencairan paling lama secara bertahap mencapai tiga tahun. Untuk pencairan tahap kedua dicairkan pada Oktober.

Sonia juga menambahkan bahwa KSP Indosurya menyediakan posko di kota besar seperti Medan, Surabaya, dan Bandung guna mengakomodir anggota yang berada di luar kota. Respon dari anggota terkait pencairan tahap pertama pun cukup baik, karena prosedur pencairan tidak mengalami gangguan berarti, terutama bagi anggota di luar kota.

"Mereka kirim dokumen, kita jalankan dari pusat. Jadi pencairan dana tetap diatur dari pusat," katanya.

Sumber : Antara News [KSP Indosurya pastikan sudah cairkan dana 1.150 anggota]
Diubah oleh NegaraTerbaru 13-10-2020 11:45
timursyahrian
timursyahrian memberi reputasi
1
622
5
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.2KThread83.7KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.