Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

  • Beranda
  • ...
  • Sidoarjo
  • [COC Reg.Sidoarjo] Intip Keindahan Pantai Kepetingan 'Hutan Amazon' Versi Sidoarjo

zatilmutieAvatar border
TS
zatilmutie
[COC Reg.Sidoarjo] Intip Keindahan Pantai Kepetingan 'Hutan Amazon' Versi Sidoarjo

[COC Reg.Sidoarjo] Intip Keindahan Pantai Kepetingan 'Hutan Amazon' Versi Sidoarjo


Sebagian orang hanya mengenal Sidoarjo dengan lumpur Lapindo-nya saja. Banyak yang belum tahu, jika kota ini memiliki kekayaan alam yang memukau. Kita telusuri ke arah utara dari pusat kota Sidoarjo, terdapat dusun terpencil yang bernama Kepetingan. Dusun ini memiliki bentang alam yang unik. Hanya bisa dilalui dengan perahu yang bisa disewa di Desa Sawohan, Kec. Buduran atau Desa Kalanganyar, Kec. Sedati, wisatawan yang berkunjung dapat menikmati wisata susur laut menuju pantai Kepetingan sambil menikmati pemandangan hutan bakau di kanan-kiri jalur perahu. Kumpulan burung bangau yang bertengger dan kicauan burung yang bersahutan semakin menambah keindahan Kepetingan layaknya panorama sungai di pedalaman Kalimantan maupun Amazon.

Untuk Anda yang cinta dengan traveling dan adventure. Pantai Kepetingan sangat cocok untuk para pelancong yang suka akan fotografi. Laskap alam nan cantik ini bak lukisan hidup yang sangat bagus untuk diabadikan dalam jepretan kamera.


Selain itu, penduduk setempat masih memelihara adat istiadat leluhur. Warga Kepetingan masih melakukan tradisi Nyadran. Ritual sedekah laut ini digelar sebagai bentuk syukur warga lokal atas ikan di laut Sidoarjo yang melimpah. Nyadran kian semarak saat dilakukan dengan iring-iringan perahu yang disertai tabuhan gamelan menuju Pantai Kepetingan di pagi hari. Nyadran biasa digelar saat musim libur panjang, sehingga menjadi momen yang pas bagi wisatawan yang ingin menikmati pengalaman wisata yang berbeda.

[COC Reg.Sidoarjo] Intip Keindahan Pantai Kepetingan 'Hutan Amazon' Versi Sidoarjo
Tadisi Nyadran:Klik

Pantai Kepetingan juga itu kental sekali dengan tredisi nyadran yang dilakukan oleh para nelayan di Sidoarjo. Tradisi Nyadran biasa digelar masyarakat nelayan di sekitar pantai Kepetingan, seperti nelayan desa Bluru Kidul, Balongdowo dan masyarakat lainnya. Ritual tahunan itu dilakukan sebagai tanda untuk menyambut datangnya Bulan Ramadhan. Ritual itu juga dilakukan sebagai wujud rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas karunia yang melimpah berupa tangkapan ikan.Karena memang masyarakat nelayan selama ini menghidupi keluarga maupun perekonomian dari hasil tangkapan ikan.

Acara Nyadran biasanya digelar dengan menuju pantai kepetingan pada pagi hari, dengan menggunakan kapal dan diiringi tabuhan gemelan dan alunan tembang-tembang jawa dari atas perahu peserta pergi berziarah menuju makam Putri Ayu Dewi Sekardadu yang juga berada di dusun Kepetingan. Konon makam ini adalah makam dari putri salah satu wali songo.

Setelah itu peserta menuju ke tengah laut tempat biasa mencari ikan untuk upacara sedekah dengan melarung saji atau menghayutkan tumpeng yang telah dibawa dari awal acara tersebut.

Referensi
Gambar
Diubah oleh zatilmutie 13-10-2020 10:32
indrag057
sayuh311
jokoariyanto
jokoariyanto dan 6 lainnya memberi reputasi
7
1.4K
12
Thread Digembok
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Sidoarjo
SidoarjoKASKUS Official
910Thread372Anggota
Urutkan
Terlama
Thread Digembok
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.