Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
368
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f8203260577a9722a4565e3/kebiasaan-bertamu-berikut-salah-namun-sering-diabaikan-banyak-orang
Bertamu adalah aktifitas sosial yang dilakukan kebanyakan orang. Aktivitas sosial karena berhubungan dengan sesama manusia alias hablu minnas. Tentu pula sebuah aktivitas positif karena mampu menumbuhkan kedekatan dan menyambung tali silaturahmi antara tamu dan pemilik rumah.
Lapor Hansip
11-10-2020 01:53

Kebiasaan Bertamu Berikut Salah Namun Sering Diabaikan Banyak Orang

Past Hot Thread
icon-verified-thread
Kebiasaan Bertamu Berikut Salah Namun Sering Diabaikan Banyak Orang

Bertamu adalah aktifitas sosial yang dilakukan kebanyakan orang. Aktivitas sosial karena berhubungan dengan
an sesama manusia alias hablu minnas. Tentu pula sebuah aktivitas positif karena mampu menumbuhkan kedekatan dan menyambung tali silaturahmi antara tamu dan pemilik rumah.


Tahu tidak Gan Sis bahwa kebiasaan bertamu kita bisa jadi salah dan tidak sesuai dengan ajaran Islam?

Maaf ya, bukan maksud mendeskriditkan agama tertentu, hanya saja dalam thread kali ini saya pengen mengingatkan diri sendiri dan saudara-saudara seiman tentang adab bertamu yang benar.

Sebelum lanjut ke pembahasan ada yang tahu gak adab bertamu itu apa saja? Ada yang tahu tidak? Bagi yang belum tahu, nih ane kasih contekan tentang adab bertamu dalam Islam yah. ( Saya pun juga masih suka nyontek mbaj Google nihemoticon-Malu)

Kebiasaan Bertamu Berikut Salah Namun Sering Diabaikan Banyak Orang
Picture: Pinterest


Nah loh, buat kamu yang ngaku Islam dan berKTP Islam ada baiknya baca thread ini sampai tuntas. Jangan sampai orang lain menganggap Islam sebagai agama yang tak mengajarkan sopan santun pada pemeluknya.

Tahu-tahu nya ada slentingan sebagai agama teroris aja. Mau Gan Sis dikatain atau dipandang sebelah mata karena cap teroris pada agama yang kita peluk? Enggak kan emoticon-Big Grin

Apalagi kalau sampai gegara kelakuan saat bertamu, orang hina kita lantaran tidak punya unggah ungguh saat bertamu. Alamat bakal dapat black list nih. Bikin malu emak-bapak juga jih. Ujungnya, Islam lagi yang tercoreng.

Tahu tidak Gan Sis? Kebisaan yang justru dilarang agama Islam saat betamu rupanya sering dilakukan oleh banyak orang, termasuk saya.

Serius saya malu rasanya ngaku Islam tapi gak ngerti bahwa hal-hal berikut gak bolehin ketika bertamu. Adapun hal-hal yang gak seharusnya dilakuin saat bertamu antara lain:



Quote:
1. Masuk Tanpa Mengetuk Pintu



Kebetulan di rumah ane sering banget kedatangan ibu mertua. Kalau masuk udah nyelonong bebek tanpa salam atau panggil nama.

Pernah nih saya kaget liat penampakan ibu mertua. Gimana gak kaget kalau ada sosok nenek-nenek tiba-tiba muncul di depan saya? Tanpa senyum dan tanpa berkata apapun. Horror tau emoticon-Big Grin

Untung saya gak punya riwayat penyakit jantung. Coba kalau ada sakit jantung. Bisa mati di tempat saya. Astaghfirullah emoticon-Frown


Quote:2. Belum dipersilahkan masuk sudah nyelonong duluan


Kebiasaan ini paling sering dilakukan sama kita. Bener gak sih Sis?

Rasa gak sabar menunggu dibuka pintu dan merasa sudah akrab dengan pemilik rumah biasanya jadi alasan klasik.

Tapi tahu tidak bahwa sikap kita bisa saja mengganggu teman/keluarga yang tengah kita kunjungi?

Bisa saja saat itu teman/saudara masih ganti baju atau baru selesai mandi dan hanya pakai sehelai handuk.

Pernah nih saya ngalamin kejadian gak ngenakin, pas lagi asik di rumah dengan pakai daster seadanya tiba-tiba ada tetangga laki-laki masuk rumah tanpa dipersilahkan dulu. Parahnya sempet itu orang intip-intip dari bakik jendela.

Sebal sih waktu itu, coba tuh orang bersabar nunggu kubukain pintu setidaknya kan sebagai tuan rumah saya bisa prepare bt pakai baju yang lebih pantas dan tak kelihatan aurat.

Udah gitu kayak orang gak punya dosa, masuk sambil senyum-senyum liat bagian tubuh yang kebuka. Pengen aku pukul aja mata tuh tua bangka. emoticon-Cape d...


3. Masuk Kamar saat bertamu

Quote:
Meskipun kita akrab sama tuan rumah masuk ke kamar tidur tanpa ijin bisa dibilang gak sopan yah Gan Sis. Apalagi tidur dan menginap seolah sedang di rumah sendiri.

Sehari dua hari mungkin masih bisa dimaklumi tapi kalau berhari-hari rasanya gak tau diri banget nih.

Saya pun jadi sadar kekhilafan saya dimasa remaja. Ketika sering menginap di rumah keluarga lawan saya. Seringnya menginap di rumah kawan saya menjadikan kamar adalah satu-satunya tempat saya bisa berleha-leha.

Saya masih tau diri untuk tak membuat pemilik rumah tak nyaman dengan kehadiran saya.

4. Mengintip dari luar


Quote:Nah kebiasaan ini pasti sering kita lakukan. Termasuk saya Gan Sis. Mengintip. Niatnya sih untuk memastikan apa ada orang di rumah. Namun rupanya mengintip ini bukan adab yang baik loh.

Btw, pernah dulu tetangga ane lagi lagi ngintip rumah saudaranya. Eh ternyata, saudaranya lagi bercinta sama suaminya. Malu gak itu? 😂

Nah loh, jadi kepo sampai ngintip-ngintip dari balik jendela pun gak boleh ya.

Hal terbaik saat bertamu adalah menunggu si tuan rumah membukakan pintu dan mempersilahkan kita masuk. Meskipun tuan rumah itu adalah saudara atau keluarga kita sendiri.


5. Menginap berhari-hari seolah rumah sendiri


Quote:Kebiasaan macam ini pernah ane lakuin sih. Rupanya menginap selama berhari-gari bisa menimbulkan ketidak nyamanannya pada tuan rumah. Terlebih jika kita makan dan minum secara gratis.

Emang sih setiap kali disana saya diterima dengan baik. Dan saya pun meski menginap disana juga berusaha mengerjakan beberapa pekerjaan yang tak sempat dikerjakan kawan saya seperti nyapu, ngepel, cuci piring dan berberes lainnya.

Namun tetap saja saat ini saya merasa tindakan yang saya lalukan tidak tepat dan salah. Meski kata kawan saya keluarga nya udah anggap kaya keluarga sendiri. Dan tugas saya adalah memakan makanan yang sering dibuang keluarga ini.

Tapi, tetap saja saya merasa tindakan saya tak bisa dibenarkan. Ada batasan yang tetap harus saya jaga. Bisa jadi itu hanya basa basi bukan? Tak tahu bagaimana anggapan keluarga kawan saya yang sebenarnya tentang saya.


Nah itu tadi beberapa hal yang gak boleh kita lakuin saat bertamu. Agan Sista ada tambahan? Boleh dong kkmen di kolom komentar.

Ayok gih kita sama-sama belajar. Saya pun masih susah merubah kebiasaan bertamu tanpa mengintip isi rumah, cuma dengan adanya oengetahuan ini saya berusaha berbenah. Merubah yang kurang menjadi pas dan merubah yang salah menjadi benar.😂


Harap saya setelah ini, bisa memperbaiki diri kedepan. Supaya lebih bisa menjaga attitude saat bertamu. Semoga tulisan sederhana
dan banyak kekurangan ini bisa bermanfaat dan semakin menambah pembendaharaan kita akan Islam.

Sekian. Terima kasih buat Gan Sis yang udah mampir di thread. Jangan lupa Gan Sis yang punya pengalaman soal bertamu atau kedatangan tamu nyentrik untuk tinggalkan jejak di kolom komentar. Boleh bangetemoticon-Big Grin

Boleh juga nih keluarin unek-unek dengan komentar santai dan santun yah. Hayuk kita berdiskusi sehat. Please, No SARA!

Wassalam

L13SK@






profile-picture
profile-picture
profile-picture
Cahayahalimah dan 40 lainnya memberi reputasi
41
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 4 dari 6
Kebiasaan Bertamu Berikut Salah Namun Sering Diabaikan Banyak Orang
12-10-2020 21:07
Sahabat ane ngelakuin semua gan, gak ketuk pintu, langsung masuk, nyelonong kamar ane, nginep seminggu. Makanan nawar pula -_-"

Gak ada ahlak, dah kujual di FJB gada yang nawar, di BL, Shopee malah iklan ditolak
0 0
0
Kebiasaan Bertamu Berikut Salah Namun Sering Diabaikan Banyak Orang
12-10-2020 21:13
tok.tok..tok..Assalamu'alaikum
0 0
0
Kebiasaan Bertamu Berikut Salah Namun Sering Diabaikan Banyak Orang
12-10-2020 21:16
Lagian jaman gini mah bertamu atur janji(WA,sms) takut dikira sales obat DBD emoticon-Ngakak
Bertamu kerumah yg ga dikenal ngapain juga gan,,paling Erte, erwe itu doang hari gini
0 0
0
Kebiasaan Bertamu Berikut Salah Namun Sering Diabaikan Banyak Orang
12-10-2020 21:17
Temen ane kalo main kalo belum jam 12 malem belum pulang emoticon-Cape d... (S)
profile-picture
konodioda memberi reputasi
1 0
1
Kebiasaan Bertamu Berikut Salah Namun Sering Diabaikan Banyak Orang
12-10-2020 21:32
Relatif tergantung dia (tamu) nya siapa, yang sering kurang disadari orang terlalu terpaku sama kesopanan, padahal sopan bisa berarti there is something wrong, karena seseorang sopan bisa karena memang unggah ungguh (seseorang yang dihargai) tapi bisa berarti terbalik dia sopan karena dia orang asing gak kenal, jadi jangan terlalu kaku dah
Diubah oleh arikasalaf
0 0
0
Kebiasaan Bertamu Berikut Salah Namun Sering Diabaikan Banyak Orang
12-10-2020 21:42
Menginap berhari2 karna lg kabur dari rumah keknya ahaha
profile-picture
l13ska memberi reputasi
1 0
1
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Kebiasaan Bertamu Berikut Salah Namun Sering Diabaikan Banyak Orang
12-10-2020 22:02
Dateng bertamu terus cipika cipiki...woow ane anti banget..sebelum pandemi kebiasaan cipika cipiki ane ga suka...apalagi saat pandemi sekarang..engga deh.
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Kebiasaan Bertamu Berikut Salah Namun Sering Diabaikan Banyak Orang
12-10-2020 22:08
ini sih namu ditempat sahabat model2nya.. bhahahahaha
0 0
0
Kebiasaan Bertamu Berikut Salah Namun Sering Diabaikan Banyak Orang
12-10-2020 22:14
Yg psti ngintip...dh g bklan lpas.ketuk2 pntu smbil ngintip
0 0
0
Kebiasaan Bertamu Berikut Salah Namun Sering Diabaikan Banyak Orang
12-10-2020 22:16
Tamu yg asal nyelonong emang ngeselin sih
0 0
0
Kebiasaan Bertamu Berikut Salah Namun Sering Diabaikan Banyak Orang
12-10-2020 22:21
Quote:Original Posted By istrinya.gondok
bawa oleh oleh

Asyeeek, mau dong
Quote:Original Posted By pitihdenbung
Semuanya benar emoticon-Ngakak

Hihihi emoticon-Toast
Quote:Original Posted By andhika pasha
Segala sesuatu diutamakan adab dulu, termasuk bertamu.
emoticon-Jempol

Yah kalau gak ada aturan semua org bakal berbuat sesukanya gan
0 0
0
Kebiasaan Bertamu Berikut Salah Namun Sering Diabaikan Banyak Orang
12-10-2020 22:22
yg parah sodara ane ngajak 3 anaknya ke rumah. ga ada ujan badai tiba2 nongol di rumah, nitip!! mending 3 anak ini sopan, ini malah bikin rumah berantakan. sampe gw omelin, bodo amat mereka ngadu ama ortunya lah ini rmh gw dan jg aturan gw! dah bbrp taon ada masalah (bukan krn kejadian itu sih, ada deh) dan ga pernah kontak lg, sukur dah rumah ge aman
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Kebiasaan Bertamu Berikut Salah Namun Sering Diabaikan Banyak Orang
12-10-2020 22:41
bener gan, karena adab cerminan kita
0 0
0
Kebiasaan Bertamu Berikut Salah Namun Sering Diabaikan Banyak Orang
12-10-2020 23:02
ane dulu gak dibolehin sama emak makan di rumah tetangga (rumah temen maen) meskipun ditawarin.. pasti dimarahin. katanya sih ngerepotin
0 0
0
Kebiasaan Bertamu Berikut Salah Namun Sering Diabaikan Banyak Orang
13-10-2020 00:04
Buat Tamu : Kalau bertamu jangan cuma pas ada perlunya (Minjem Duit Doang, pas jatuh tempo pura - pura lupa ingatan n lupa alamat rumah yang dipinjamnya)

Buat Penerima Tamu : Jangan segan - segan nolak tamu yang dateng cuma buat pinjem doang, apalagi tamu yang tiba - tiba dateng setelah bertahun - tahun ga pernah bersua (buat kerukunan persahabatan)...Wkwkw... Kalau tamu keukeuh mau pinjam uang, ajarin buat PINJOL, anter ke Pegadaian, atau ke bank2..lol

Boleh sepakat, boleh engga...akakak
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Kebiasaan Bertamu Berikut Salah Namun Sering Diabaikan Banyak Orang
13-10-2020 00:07
Mknya ente pidah ke perumahan elite atau apartment biar tdk ada yg sembarangan namu
0 0
0
Kebiasaan Bertamu Berikut Salah Namun Sering Diabaikan Banyak Orang
13-10-2020 00:10
Ga menanyakan keperluan kedatangan tamunya sampai tamunya mengutarakannya sendiri.
0 0
0
Kebiasaan Bertamu Berikut Salah Namun Sering Diabaikan Banyak Orang
13-10-2020 00:40
Ane yg masih kadang lakuin yg ngintip ke dalem rumah wkwk, soalnya biasanya udh janjian tp kok ga ada yg nyaut pas dipanggil atau ditelp
0 0
0
Kebiasaan Bertamu Berikut Salah Namun Sering Diabaikan Banyak Orang
13-10-2020 01:07
Benar nih sarannya emoticon-Jempol
0 0
0
Kebiasaan Bertamu Berikut Salah Namun Sering Diabaikan Banyak Orang
13-10-2020 01:42
Ane pernah nginap sampe 2 bulan gan😭
0 0
0
Halaman 4 dari 6
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia