GENKBOLAvatar border
TS
GENKBOL
Tips Ngerawat Gear dan Rantai Motor Biar Lebih Awet

Saat ini motor matik memang lagi jadi primadona. Sebagian besar kendaraan yang bersiliweran di jalanan adalah motor matik. Tapi meskipun demikian, bukan berarti pengguna motor manual gak ada GanSis. Masih ada aja kok penggunannya. Apalagi sekarang motor – motor 2 tak jadul mulai bermunculan kembali. Nah, terkait dengan motor manual, Ane punya sedikit tips gimana cara ngerawat gear dan rantai motor supaya lebih awet:


Rajin ngebersihin

Rantai menjadi komponen yang sangat penting dari sepeda motor manual. Dan ini juga menjadi komponen yang gampang kotor karena lebih sering terkena debu, air, dan lumpur. Oleh karena itu pengguna harus rajin – rajin ngebersihinnya, sebab gear dan rantai yang bersih akan menjaga peforma selalu dalam kondisi prima. Setelah dibersihin, jangan lupa untuk dikasih pelumas.

Jangan gunakan oli bekas untuk pelumas

Pemerian pelumas dilakukan untuk menjaga rantai tidak cepat aus. Selain itu, pelumas juga bisa membersihkan kotoran, debu atau air yang nempel pada sela rantai. Lumasi rantai hingga ke celah mata rantai dengan menggunakan pelumas khusus, bukan dengan oli bekas. Penggunaan oli bekas justru akan bikin rantai mudah kotor dan tidak awet.

Lakukan penyetelan secara rutin

Rantai yang terlalu kendur atau terlalu tegang akan meningkatkan resiko rantai putus atau terlepas dari mata gear. Dan ini berpotensi mengakibatkan terjadinya kecelakaan. Oleh karena itu rantai perlu distel secara rutin.

Gunakan spesifikasi sesuai anjuran

Gunakan gear dan rantai asli sesuai spesifikasi yang dianjurkan oleh pabrikan sepeda motor. Karena pabrikan telah menghitung rasio gigi di mesin dan di roda penggerak. Perubahan ukuran rantai dan jumlah mata gear akan berpengaruh pada performa motor.

farinamany
davecchio
tien212700
tien212700 dan 4 lainnya memberi reputasi
5
1.4K
10
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Otomotif
OtomotifKASKUS Official
27.7KThread15.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.