Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

  • Beranda
  • ...
  • Semarang
  • [Coc Regional, Semarang]Nyonya Meneer, Sebuah Emansipasi Wanita Seperti R.A Kartini!

embunsuciAvatar border
TS
embunsuci
[Coc Regional, Semarang]Nyonya Meneer, Sebuah Emansipasi Wanita Seperti R.A Kartini!



Semarang, dikenal akan semboyannya sebagai kota ATLAS yang merupakan kepanjangan dari Aman, Tertib, Lancar, Asri dan Sehat. Kota yang sudah ada sejak zaman kolonial Belanda ini, dikenal sebagai kota yang penuh akan budaya campuran Arab, Sunda dan Belanda. Semarang memiliki kesamaan seperti Italia, dilalui banyak sungai di tengah kota. Hal ini pula Semarang dijuluki Venetia Van Javaoleh Orang Belanda dahulunya.


Kota yang dikarenakan kepadatan penduduknya ini merupakan kota kelima Metropolitan terbesar. Semarang juga termasuk tempat pilihan paling rekomend sebagai tujuan liburan paling asik. Selain itu, wisata kuliner dan wisata alam penuh romantis juga bisa kalian temui di Semarang. Cemilan khas kota ini yang bisa kalian bawa sebagai buah tangan adalah Lumpia.





Selain daripada itu semua, Semarang dikenal dengan museum Jamu, yakni Nyonya Meneer. Siapa yang tidak mengenal Jamu yang pernah sangat terkenal pada masanya, Nyonya Meneer. Berawal dari seorang gadis belia bernama Meneer yang menikah lalu suaminya mengalami sakit parah. Meneer mencoba racikan berupa ramuan turun temurun dari keluarganya. Ramuan tersebut berhasil menyembuhkan sang suami dari sakit parahnya. Tak disangka tak diduga, racikan Jamu Meneer sangat ampuh dan dikenal sangat cepat ke seluruh penjuru. Melalui gebrakannya, jamu Nyonya Meneer dikenal hingga mancanegara.





Jamu, tidak lelaki ataupun wanita sangat baik mengkonsumsi herbal satu ini. Selain rasanya yang segar dan menyehatkan, jamu juga sangat baik untuk kecantikan dan perawatan organ dalam.


Dari tangan ke tangan Meneer akhirnya mengolah dan menjual jamu. Akan tetapi dari luar daerah tidak mau membeli kalau tidak langsung dari tangan Meneer. Karena hal itulah dibangun sebuah pabrik dengan foto wajahnya pada kotak Jamu Nyonya Meneer. Usaha ini melesat maju, hingga pada akhirnya mengalami pailit. Terdapat masalah keluarga dan lainnya di dalamnya. Akhirnya pabrik ditaruhkan dalam menyelesaikan masalah pada masa itu.





Pada tahun 2017 museum Nyonya Meneer ditutup, tidak tau kalau sekarang ini. Padahal Museum ini merupakan museum sehat yang disuguhi replika dan patung orang yang meracik jamu mulai dari bahan dan proses pembuatan jamu.


Nah, selain wisata museum, wisata kuliner dan lainnya. Tidak jauh dari Semarang, sekitar dua jam kalian bisa menuju Jepara, GanSis.





Di sana kalian akan bisa sekalian singgah ke Museum R.A Kartini, yang juga merupakan emansipasi wanita sama seperti Meneer. Bedanya, Meneer dalam dunia kesehatan sedangkan R.A Kartini di bagian pendidikan. Tak hanya museum, kalian juga bisa singgah ke alun-alun dan pantai Kartini.





Buku "Habis Gelap Terbitlah Terang" merupakan peninggalan dari penghargaan yang diberikan pada almarhumah. Di mana Kartini merupakan pejuang kaum wanita dalam menyamaratakan pendidikan antara lelaki dan wanita. Mengingat hal ini, ane sangat terharu, GanSis. Kalau tidak ada Kartini, maka tidak ada Bu Susi, Najwa Shihab ataupun ane yang merasakan nikmatnya duduk di bangku sekolah.


Sekian thread sederhana ane tentang kota Semarang. Terima kasih 😊


Sumber :
Di sini
Di sini
Di sini
Diubah oleh embunsuci 03-10-2020 13:51
suciasdhan
efapandu
gustiarny
gustiarny dan 23 lainnya memberi reputasi
24
3.8K
166
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Semarang
SemarangKASKUS Official
2.5KThread1.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.