Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

cukur.rambuAvatar border
TS
cukur.rambu
Pengakuan Pelajar Mau Demo Omnibus Law: Diancam jika Tak Ikut


Puluhan pelajar di Kota Serang, Banten, yang kedapatan akan berangkat ke Jakarta untuk demonstrasi menolak Undang-Undang Omnibus Law Cipta Kerja berhasil dicegat oleh polisi. Seorang remaja paling muda di antara mereka, berinisial Hf (12 tahun), pelajar SMP di kawasan Sawah Luhur.

Hf mengaku tidak memberitahu orang tuanya bahwa dia akan ikut demonstrasi ke Jakarta. Dia berterus terang hanya ikut setelah diajak oleh temannya untuk berangkat ke Ibu Kota.

“Enggak tahu ikut demo [menolak UU Omnibus Law]. Saya kan enggak tahu, katanya ikut aja. Orang tua enggak tahu. Kata teman, kalau enggak ikut diancem; kalau enggak ikut, awas aja kalau ketemu, katanya,” kata Hf, tanpa menyebut identitas temannya yang mengajaknya, saat ditanya polisi di Markas Polda Banten, Serang, Kamis, 8 Oktober 2020.

Pelajar lainnya, Aj (15 tahun), siswa kelas I SMK Pelayaran, mengaku sebenarnya takut untuk ikut berdemonstrasi. Namun karena diajak demonstrasi temannya, dia pun ikut. “Sebenarnya takut, cuma ikut-ikutan aja," katanya.

Rk (16 tahun), siswa kelas I SMK di Serang, juga berterus terang ikut-ikutan berangkat ke Jakarta, namun keburu tertangkap oleh polisi. Niatnya pun gagal di tengah jalan. Warga Sawah Luhur, Kota Serang, itu mengaku diajak orang tidak dikenal untuk demonstrasi.

"Diajak orang enggak kenal: ‘Ayo, ikut demo. Orangnya banyakan; jalan kaki. Ketemu di jalan’,” kata Rk, menirukan ajakan orang tak dia kenal yang membujuknya untuk ikut berdemonstrasi.

Begitu pun yang dikatakan oleh MS (17 tahun), pelajar di SMK Ciruas, Kabupaten Serang. Dia mengaku hanya ikut-ikutan demonstrasi ke Jakarta, tanpa tahu isu dan tujuannya. “Enggak tahu demo apa, ikut aja daripada di rumah.”

Puluhan pelajar itu masih didata asal sekolah, nama, usia dan kampung halamannya. Mereka ditangkap Polda Banten, saat melintas di atas truk dan pikap di sekitar Kawasan Pusat Pemerintahan Provinsi Banten (KP3B), Kota Serang. (ase)

fokoknya haruz ikut demo kalo nggak ikut guwe ancam lohhemoticon-Marah
Diubah oleh cukur.rambu 08-10-2020 07:11
motherparker699
biohazard89
cigro
cigro dan 5 lainnya memberi reputasi
6
2K
30
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671.1KThread41KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.