Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

batzforumAvatar border
TS
batzforum
[COC BOARDGAME] Pandemic! Game Pembasmi Virus! Apakah Corona Bisa Dibasmi?
Welcome to my Thread!!!


emoticon-Hot Newsemoticon-Hot Newsemoticon-Hot News


[COC BOARDGAME] Pandemic! Game Pembasmi Virus! Apakah Corona Bisa Dibasmi?

Boardgame atau permainan papan adalah jenis permainan yang dimainkan di atas papan yang khas bagi permainan tersebut. Seperti hiburan lainnya, permainan papan dapat menggambarkan subyek apapun. Contoh Boardgame ada banyak sekali, seperti monopoli, ludo, UNO dan masih banyak lainnya. Kali ini ane akan membahas suatu Boardgame yang sesuai dengan kondisi saat ini, yaitu Pandemic.


Mendengar kata Pandemi pasti kita semua berfikir bahwa itu adalah Covid-19, tapi bukan hanya tentang virus itu loh. Pandemic merupakan sebuah Boardgame yang sudah ada lumayan lama dimana tujuan dari game ini adalah untuk memusnahkan virus yang ada. Cukup unik dan beda dibandingkan dengan Boardgame lainnya bukan?


Pandemic merupakan permainan papan kooperatif yang dirancang oleh Matt Leacock dan pertama kali diterbitkan oleh Z-Man Games di Amerika Serikat pada 2008. Untuk bermain Pandemic setidaknya dibutuhkan 2-4 pemain dan permainan ini diperuntukkan bagi 8 tahun keatas loh. Selain itu game ini memakan waktu rata-rata 45 menit untuk menyelesaikannya hingga akhir.


Pembagian Karakter


[COC BOARDGAME] Pandemic! Game Pembasmi Virus! Apakah Corona Bisa Dibasmi?

Setiap pemain mengambil peran sebagai salah satu anggota tim dan saling bekerja sama untuk menghambat kemudian memusnahkan setiap virus yang ada. Berbeda dengan berbagai board game lain pada umumnya, setiap pemain dituntut untuk bisa mengoptimalkan perannya sekaligus berkontribusi dan bekerja sama dengan pemain lainnya untuk bisa memenangkan permainan ini. Adapun peran-peran yang digunakan untuk membasmi virus meliputi: pengatur komunikasi dan transportasi (dispatcher), peneliti (researcher), ilmuwan (scientist), medik (medis), dan seorang kepala operasi (operation expert).


Komponen Permainan


[COC BOARDGAME] Pandemic! Game Pembasmi Virus! Apakah Corona Bisa Dibasmi?

Papan permainan utama pandemic menampilkan peta dunia dengan berbagai kota beserta jalur yang menghubungkan kota-kota tersebut. Komponen lainnya terdiri dari token pemain, token wabah (4 warna), token laboratorium, beberapa tanda khusus, dan 4 set kartu permainan: kartu pemain (players cards), kartu infeksi (infection cards), kartu peran (role cards), dan kartu referensi (reference Card) sebagai alat bantu. Setiap kartu pemain menampilkan nama kota serta letaknya pada peta, ditambah dengan beberapa kartu kejadian istimewa. Kartu infeksi menampilkan nama kota beserta warna virus yang mulai menyerang kota tersebut. Kartu peran menampilkan peran-peran anggota tim beserta kemampuan khususnya, dan kartu refensi menampilkan rangkuman mekanisme permainan.


Cara Bermain Pandemic


[COC BOARDGAME] Pandemic! Game Pembasmi Virus! Apakah Corona Bisa Dibasmi?

Mekanisme permainan yang relatif sederhana tetapi sangat kreatif menjadi nilai utama board game ini. Pada awal permainan setiap pemain akan mendapat satu kartu peran dan 2-4 kartu pemain. Sisa kartu pemain dan kartu infeksi kemudian disimpan pada papan permainan (pada tempat yang telah ditentukan). Pada setiap gilirannya seorang pemain melakukan 4 aksi yang merupakan kombinasi dari aksi-aksi berikut ini:

Spoiler for Lihat Disini:


Seluruh aksi di atas (spoiler) sangat bergantung pada kartu yang dimiliki pemain. Setelah melakukan 4 aksi pilihannya, seorang pemain kemudian mengambil dua kartu dari tumpukan kartu pemain. Terakhir, setiap pemain mengakhiri gilirannya dengan membuka satu kartu infeksi dan meletakkan token virus pada kota yang terinfeksi. Ketika satu kota mendapat lebih dari 3 token virus maka terjadi outbreak dan penyebaran virus ke kota lainnya menjadi semakin cepat.


Akhir Permainan


[COC BOARDGAME] Pandemic! Game Pembasmi Virus! Apakah Corona Bisa Dibasmi?

Permainan kemudian berakhir apabila:
1.Terjadi lebih dari 7 outbreak.
2.Token virus habis.
3.Kartu pemain habis.
4.Pemain berhasil menemukan obat untuk membasmi seluruh virus

Intinya para pemain akan menang jika mereka menemukan seluruh obat untuk membasmi virus, jika tidak ya artinya para pemain kalah.


Bagaimana? Seru bukan? Boardgame Pandemic ini bisa dibilang sangat unik dan memiliki cara bermain yang seru juga.


Sumber referensi : dari sinidan dari sini
Sumber gambar : Google Images

emoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Gan
jokoariyanto
kunyukwanto
tien212700
tien212700 dan 3 lainnya memberi reputasi
4
1.8K
10
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Hobby & Community
Hobby & CommunityKASKUS Official
10.4KThread6.1KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.