• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Hindari Teman yang Memiliki Crab Mentality Agar Hidupmu Lekas Maju!

adnanamiAvatar border
TS
adnanami
Hindari Teman yang Memiliki Crab Mentality Agar Hidupmu Lekas Maju!
Hindari Teman yang Memiliki Crab Mentality Agar Hidupmu Lekas Maju!


Kesuksesan adalah dambaan tiap orang. Faktor penentunya banyak, selain diri sendiri yang berusaha meningkatkan kemampuan dan merintis jalan sukses secara personal, lingkungan pergaulan juga jadi salah satu penyebabnya. Bergaul dengan orang yang salah bisa menjadi hambatan terwujudnya pencapaian yang selama ini agan perjuangkan.

Orang yang salah ini biasanya berlagak seperti sahabat karib, teman dekat dan orang yang terlihatmendukung kita namun sebenarnya dia tidak suka melihat kita maju. Bibit iri hati dan dengki bersemayam di dalam hatinya tatkala melihat kesuksesan dan pencapaian kita. Individu semacam ini adalah orang yang bermental kepiting (crab mentality). Saling capit mencapit agar terus bersama. Pokoknya nggak ada yang boleh selangkah lebih maju dari yang lainnya. Makanya kepiting jalannya ke samping kan? Karena mereka nggak bisa maju, analogi inilah yang menggambarkan orang - orang yang tak suka kawannya maju dengan diibaratkan layaknya crab.

Gansist kudu tau dulu nih mana kawan sejati dan mana kawan yang bercapit alias mereka yang punya crab mentality. Cara mengetahui ciri - cirinya gampang kok, tapi memang butuh banyak waktu lebih untuk bergaul dengan dia sampai ketahuan belangnya. Semakin lama kita menghabiskan waktu dengan seseorang, kita akan semakin tau sifat aslinya. Jika kawan gansist menunjukkan tanda - tanda di bawah ini, kalian perlu waspada ya!

Pertama, menjatuhkan mental secara halus. Ketika gansist bertanya tentang pendapat mereka, bukan dukungan yang akan kalian dapatkan melainkan hujatan halus yang bermaksud membuat kita insecure dan tidak yakin dengan keputusan yang kita buat.

"Hahaha konyol kamu mau ngedate kok pake baju kayak gitu!"

"Kamu mau bisnis pas pandemi gini? Ya jelas susah laku lah kan banyak orang yang kena PHK. Mana ada yang mau belanja?"


Kedua, memilihkan pilihan yang buruk untuk kita. Sebenarnya ada jalan yang lebih baik dan lebih cepat untuk mendapatkan sesuatu, namun si kepiting akan memilihkan cara yang rumit untuk gansist agar kalian gagal di tengah jalan saat berjuang mencapai tujuan kalian. Pokonya jahat yang terselubung gitu deh!



Ketiga, cemburu dan iri ketika gansist bisa lebih maju darinya. Dia akan berusaha membuat kalian jatuh ke posisi semula atau merusak apa yang sudah kalian dapatkan hanya demi tidak kalah saing atau setara dengan pencapaiannya. Jahat banget kan!

Contoh : Hari ini ada rapat penting, gue sebagai penanggungjawabnya kalau rapat ini tidak berjalan lancar, perusahaan akan kehilangan kontrak kerjasamanya dengan perusahaan X. Kalau berhasil, gue bakal dinaikin jabatan sama bos. Hal itu sudah gue ceritakan ke sahabat gue dan dia tampak seneng, ngedoain gue biar segalanya berjalan mulus. Tapi di belakang gue, setelah sahabat gue denger curhatan gue tadi, dia ambil paku. Tanpa sepengetahuan gue dia tancepin itu paku ke roda kendaraan gue.

Pas paginya, gue udah tinggal berangkat aja ke tempat rapat. Eh ban gembos nggak bisa dipakai. Mau ke bengkel udah nggak ada waktu. Mau pesen taxi online HP nggak jelas ilang kemana. Ternyata semalem HP dibawa sahabat gue dengan alasan salah ambil tas karena tas kita warnanya sama. Anehnya HP dia nggak ada di tempat gue. Alhasil gue datang telat ke acara rapat dan gue gagal naik jabatan. Sahabat gue tersenyum puas melihat kegagalan yang gue alami karena ulahnya.


Kira - kira tiga indikator tersebut yang bisa gansist lihat dengan cepat pada teman kalian yang bermental kepiting. Kalau kalian merasa salah satu teman gansist seperti itu, buruan jauhin! Atau paling tidak, jaga jarak lah daripada kesuksesanmu dihambat oleh mereka. Cara lain yang lebih aman dan sangat mungkin untuk dilakukan apabila mustahil menjauhinya adalah dengan menyembunyikan pencapaian dan apapun yang membuat teman kalian iri. Dengan begitu mereka tidak akan bisa merusak apa yang telah kalian miliki. Sebab sejatinya sukses itu bukan untuk dipamerkan kesana kemari, tapi seberapa banyak hal yang bisa kita lakukan untuk orang lain ketika telah berhasil menggenggam kesuksesan tersebut.

Ane @adnanamipamit, jangan lupa follow akun ini untuk mendapatkan update thread inspiratif lainnya. Kalian juga bisa berkunjung ke halaman kaskus ane dengan klik gambar di bawah ini! Sampai jumpa kembali di lain kesempatan. Jangan sungkan untuk berbagi mengenai kisah gansist yang mungkin pernah punya teman bermental kepiting serta apa yang mereka lakukan terhadap kalian di kolom komentar thread ini ya! Semoga thread singkat ini dapat bermanfaat untuk gansist semua, Thank you.



Referensi :
1.hellosehat/psikologi
seojoon
uni214
iissuwandi
iissuwandi dan 33 lainnya memberi reputasi
34
22.9K
209
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.7KThread82.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.