• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Tahukah kamu? Tumbuhan yang Ada di Sekitar Kita ini Lebih tua dari Dinosaurus

dompetjadipeciAvatar border
TS
dompetjadipeci
Tahukah kamu? Tumbuhan yang Ada di Sekitar Kita ini Lebih tua dari Dinosaurus


Pernahkah agan bermain-main ke hutan di dekat kediaman agan atau melihat-lihat di sekitar pinggiran sungai di dekat rumah agan. Kadang-kadang hidup suatu spesies tanaman unik yang ternyata umurnya jauh lebih tua dari dinosaurus. Spesies tanaman ini ternyata jumlahnya melimpah di Indonesia sehingga tak sulit menemukannya. Tanaman tersebut juga biasa hidup di tempat lembab tak peduli bagaimana kondisi lingkungan di sekitarnya.

Tanaman unik ini telah hidup jutaan tahun yang lalu sebagai bukti adanya kehidupan prasejarah. Dimana dinosaurus dan manusia telah memanfaatkannya sebagai sumber makanan karena rasanya yang lezat. Jumlahnya yang juga melimpah membuat tanaman ini menjadi pilihan yang tepat untuk dijadikan sumber makanan pada masa lampau. Penasaran apa tanaman tersebut? Yuk check thread berikut!



Fern/Paku/Pakis


Tumbuhan paku merupakan tumbuhan hijau yang telah hidup dari zaman carboniferous. Zaman sebelum pra-dinosaurus atau 360 juta tahun yang lalu. Mengapa tumbuhan ini mampu bertahan sangat lama? Itu karena sistem pertumbuhannya bukan dari bunga, buah, atau biji tetapi masih dari spora yang cukup primitif.

Fosil dari tumbuhan paku masih memiliki kekerabatan yang sangat dekat dengan tumbuhan paku yang ada sekarang. Fosil dari tumbuhan ini juga telah menyediakan cadangan minyak bumi yang banyak karena melimpahnya tumbuhan ini pada zaman carboniferous. Selain itu kuncup dari tumbuhan ini sudah dijadikan makanan dari zaman dahulu.



Kuncup dari tanaman Paku tertentu yang sering kita sebut Pakis Haji


Di masa sekarang ini, jumlah tumbuhan paku tidak sebanyak zaman dahulu. Tetapi dalam skala kecil misalnya; terjadi kebakaran hutan di suatu tempat, maka populasi tumbuhan paku akan menjadi sangat banyak ditempat tersebut karena tumbuhan paku adalah tumbuhan pertama yang mampu tumbuh setelah kebakaran. Bahkan tumbuhan paku kebal dari kebakaran. Itu dia alasannya mengapa tumbuhan paku masih bertahan sampai sekarang.




Tahannya tumbuhan paku dari kebakaran hutan ialah karena batangnya yang cukup keras, tidak berkayu dan banyak mengandung serat membuatnya tidak mudah terbakar seperti tumbuhan berkayu, bahkan ketika tumbuhan ini sudah kering ataupun sudah mati. Kebakaran-kebakaran hutan yang telah terjadi di Amerika atau Australia menjadi salah satu contoh ketahanan dari tumbuhan ini.

Tumbuhan paku nantinya tumbuh pertama di bekas-bekas kebakaran. Kemudian ia akan tumbuh besar dan memberikan perlindungan untuk tanaman-tanaman perdu serta tanaman berbiji untuk tumbuh dibawahnya. Selanjutnya seiring berjalannya waktu tanaman yang bernaung di bawah tumbuhan paku akan tumbuh tinggi melebihinya.




Pertumbuhan tumbuhan paku tergolong sangat lambat. Mayoritas spesiesnya tumbuh 25-50 milimeter pertahun sehingga umurnya bisa diukur. Walaupun demikian, pada kondisi lingkungan yang kaya sumber nutrisi dan air pertumbuhan tumbuhan paku bisa sangat cepat sehingga mengukur umurnya bisa agak sulit. Pertumbuhannya bisa mencapai 15 meter.

Untungnya untuk memakan tumbuhan paku seperti pakis haji tidak perlu menunggu waktu yang lama karena kuncup dari tumbuhan paku senantiasa tumbuh musiman. Ada tiga spesies tumbuhan paku yang dapat di makan yaitu; Pteridium aquilnum, Matteuccia struthiopterisdan Athyrium Felix-feminisms . Rasanya yang enak dan tidak kalah dari kangkung membuat pengalaman memakan sayur pakis menjadi hal yang tidak terlupakan.


Spoiler for tumis pakis haji:




Oalah ternyata tumbuhan paku toh yang ternyata lebih tua dari dinosaurus. Ane sih ga sadar ternyata mereka ada disekitar kita. Kalau agan bagaimana? Ada nggak di depan rumah agan? Tulis di kolom komentar!


Sumber : Disini
Sumber gambar : Google.com
Diubah oleh dompetjadipeci 02-10-2020 06:55
caesarico
farinamany
indramamoth
indramamoth dan 41 lainnya memberi reputasi
42
6.7K
159
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.7KThread82.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.