Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

valkyr7Avatar border
TS
valkyr7
Waspada Dampak La Nina, Pemprov DKI Minta Lurah Siagakan Satgas Banjir
Waspada Dampak La Nina, Pemprov DKI Minta Lurah Siagakan Satgas Banjir Ilustasi hujan eksrem (Mindra Purnomo/detikcom)

Jakarta - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta menyebut ada potensi hujan lebat disertai petir pada sore sampai menjelang malam hari ini. Pemprov DKI Jakarta meminta warga Jakarta waspada terjadinya banjir.

"Kami mengimbau agar masyarakat dapat waspada dan menjaga diri dari hujan angin. Kami juga telah mengimbau kepada OPD terkait, para camat dan lurah daerah rawan banjir atau longsor, agar turut mengantisipasi dengan menyiagakan PPSU dan Satgas Banjir/dinas SDA kecamatan. Masyarakat dapat menghubungi 112 apabila membutuhkan bantuan," kata Plt Kepala Pelaksana BPBD Provinsi DKI Jakarta Sabdo Kurnianto dalam keterangannya, Sabtu (3/10/2020).

Menurut keterangan dari Pemprov DKI Jakarta, BPBD DKI Jakarta telah mengeluarkan peringatan dini atas potensi hujan disertai petir dalam durasi singkat di wilayah Jakarta Selatan, dan Jakarta Timur pada Sabtu (3/10) hore hingga menjelang malam.

BPBD DKI Jakarta mengacu pada keterangan dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) soal anomali iklim La Nina sedang berkembang. La Nina dapat berkembang terus hingga mencapai intensitas La Nina moderat pada akhir 2020, diperkirakan akan mulai meluruh pada Januari-Februari, dan berakhir pada Maret-April 2021.

Diketahui, Deputi Bidang Klimatologi BMKG Herizal dalam keterangannya Sabtu (3/10/2020) menjelaskan fenomena iklim di Indonesia pada akhir September. Herizal kemudian menjelaskan episode dinginnya daerah Pasifik atau La Nina yang sedang berkembang.

"Hingga akhir September 2020, pemantauan terhadap anomali iklim global di Samudra Pasifik Ekuator menunjukkan bahwa anomali iklim La Nina sedang berkembang. Indeks ENSO (El Nino-Southern Oscillation) menunjukkan suhu permukaan laut di wilayah Pasifik tengah dan timur dalam kondisi dingin selama enam dasarian terakhir dengan nilai anomali telah melewati angka -0,5°C, yang menjadi ambang batas kategori La Nina. Perkembangan nilai anomali suhu muka laut di wilayah tersebut masing-masing adalah -0,6°C pada bulan Agustus, dan -0,9°C pada bulan September 2020," kata Herizal.

SUMBER

Karena pak saefullah sudah tidak ada.. maka tanggung jawab banjir akan d serahkan kepada masing2 lurah d jakarta.. silahkan nanti para lurah untuk konferensi pers ya.. emoticon-Malu (S)

Pak gubernur anies yg terhormat cukup berdoa saja.. emoticon-Malu (S)

Waspada Dampak La Nina, Pemprov DKI Minta Lurah Siagakan Satgas Banjir


emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)
Diubah oleh valkyr7 03-10-2020 10:59
nomorelies
eyefirst2
tien212700
tien212700 dan 14 lainnya memberi reputasi
15
1.8K
50
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
672.1KThread41.8KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.