iskrimAvatar border
TS
iskrim
Realisasi Pajak 0% Pilih Rumah atau Kendaraan?


[ HT# 649 ]

Di tengah badai Corona yang belum juga mereda saat ini, masyarakat lebih banyak menahan diri untuk membelanjakan uangnya ke hal yang dirasa masih bisa di tunda, selain itu penetapan PSBB semakin membatasi ruang gerak masyarakat untuk keluar rumah yang otomatis pergerakan perekonomian ikut terpengaruh.

Para pengusaha pun berfikir keras agar bisnisnya tetap berjalan, berbagai strategi tengah mereka fikirkan termasuk membuat pajak 0 persen buat kendaraan khususnya kendaraan roda empat. Usulan ini buat masyarakat menjadi angin segar bagi yang sudah kebelet punya mobil bagus drngan harga murah, jila di hitung-hitung harga setelah kena pajak 0 persen harga mobil baru bisa setengah harga!

Ini tentu menjadi kabar dan pertimbangan yang menarik untuk diikuti perkembangannya apakah pemerintah akan meng-aamiin kan rencana ini, sayangnya hingga kini pemerintah belum juga memutuskan.

Tapi menurut saya ada satu hal yang tak kalah menarik adalah jika seandainya pemerintah yang me-nol kan persen pajak properti tentu masyarakat tak kalah antusias menantikannya.

Menurut saya akan lebih tepat me-nol kan pajak rumah saja deripada pajak kendaraan yang secara untung ruginya nilai kendaraan semakin menurun, belum lagi permasalahan sosial yang mungkin semakin pelik, kemacetan bisa semakin parah, polusi semakin bertambah, jumlah kecelakaan bisa jadi bertambah dan lain sebagainya.

Namun jika pajak nol persen di terapkan ke bidang property saya rasa masyarakat akan lebih bertanggung jawab dan tentu saja imbasnya akan semakin positif ke bidang lainnya.

Ya, ini sih hanya sebuah opini orang awam yang hanya bisa melihat dari sisi luar dan keterbatasan informasi yang minim. Saya sih hanya berharap pemerintah jangan terburu-buru memutuskan, terutama hanya mementingkan keuntungan sepihak.

Di tengah situasi seperti ini sebaiknya pemerintah justeru memihak rakyat yang sedang kesusahan karena dampak Corona ini. Jangan sampai masyarakat terjebak dengan harga murah tapi memperjuangkan yang nilai jualnya kian menyusut.

Dengan meng-nolkan pajak properti akan membuat masyarakat lebih tenang, lebih nyaman betah tinggal di rumah yang lebih layak, tentu efeknya membantu mengurangi penularan virus Corona, manfaat positif jangka panjangnya lebih baik daripada harus memaksakan diri ke luar rumah bergaya dengan mobil barunya dan tanpa sadar mungkin ikut menyebarkan virus Corona.



Sebuah opini
Img. google



Copyright © 2016 - 2020 iskrim
All Rights Reserved | Member of Thread Creator Gen. 1 - KASKUS


Diubah oleh iskrim 03-10-2020 23:56
meooong
doobey
indramamoth
indramamoth dan 17 lainnya memberi reputasi
18
5.1K
77
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.8KThread82.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.