nevertalkAvatar border
TS
nevertalk
Apa Itu Kue Khontol Sapi? Jajanan Bernama Unik dari Banten


Khontol sapi merupakan sebutan kue khas Banten yang bentuknya oval memanjang. Nama kudapan ini terbilang unik dan nyeleneh. 

Khontol sapi merupakan jajanan pasar khas Banten khususnya wilayah Serang dan Cilegon. Hal ini disampaikan oleh Imam Munandar, penggiat kuliner sekaligus pengelola akun Instagram @Explore_Serang. 

“Di daerah Serang sendiri ada juga menyebut Khontol sapi ini dengan sebutan jeledres. Kudapan baik sapi ini memang namanya cukup unik dan ekstrem karena penggunaan nama dari kelamin,” papar Imam Munandar kepada Kompas.com, Kamis (1/10/2020). 

Asal mula nama Khontol sapi “Kue ini unik dari segi nama karena bentuknya memang sekilas mirip "anunya sapi" oval lebih panjang,” kata Imam yang menjelaskan kenapa hidangan ini disebut Khontol sapi. Kue Khontol sapi terbuat dari tepung beras ketan, kemudian dilumuri gula cair. Jajanan pasar ini mempunyai rasa manis gurih. 

Gula yang digunakan biasanya gula aren atau gula Jawa, serta ada juga yang pakai gula pasir. 

Tekstur kudapan ini kenyal dan padat. Sekarang kue Khontol sapi lumayan susah ditemukan. Hanya tersisa beberapa penjual Khontol sapi, itu pun sangat jarang. “Tetapi jika di perkampungan di Kota Serang dan sekitarnya masih sering dijumpai pedagang kudapan ini,” jelas Imam. Imam menuturkan bahwa orang Serang biasa menyantap Khontol sapi bersama dengan minum kopi, teh, atau minuman lain sesuai selera. 

Sajian ini bisa disantap saat sarapan maupun sore hari sambil menunggu adzan Maghrib. Selain Khontol sapi, Imam menyampaikan bahwa Banten mempunyai sejumlah kuliner khas dengan nama nyeleneh. Beberapa di antaranya adalah awug-awug, sayur belohok, kue gengsot, dan bontot.

https://www.kompas.com/food/read/202...ik-dari-banten

NAMANYA TIDAK ISLAMI

HALAL ATAU HARAM?

KALO ABG MAU BELI, CUMA NYEBUT NAMA DEPAN KE TUKANG JUALAN BEDA MAKNA DAH emoticon-Leh Uga



Diubah oleh nevertalk 02-10-2020 00:11
cheria021
eyefirst2
serapionIeo
serapionIeo dan 5 lainnya memberi reputasi
6
4.9K
57
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
670KThread40.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.