Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

  • Beranda
  • ...
  • Semarang
  • [Coc Reg. Semarang]Kota Penuh Kenangan dari Kuliner Hingga Destinasi Wisata Versi Ane

mamaproduktifAvatar border
TS
mamaproduktif
[Coc Reg. Semarang]Kota Penuh Kenangan dari Kuliner Hingga Destinasi Wisata Versi Ane
Semarang selalu dalam kenangan. Mungkin itu kalimat yang tepat ane ungkapkan.
Selain pernah kuliah di salah satu universitas negeri di Semarang juga pernah dapat jodoh dari satu perguruan tinggi yang sama.

Kesan ane saat tinggal disana kurang lebih 4 tahun, Semarang merupakan kota yang panas karena terdapat laut disana juga kota yang penduduknya mulai padat.

Banyak banget makanan kuliner yang menjadi tempat favorit untuk nongkrong disana salah satunya adalah tugu pemuda, lawang sewu beserta cerita mistisnya, dan kota lama yang biasa dijadikan foto-foto ala mahasiswa murah meriah.

Sebagai ukuran mahasiswa kala itu, makanan disana masih murah meriah untuk sekali makan mulai dari 6ribu rupiah sudah bikin perut kenyang. Gansis sudah dapat nasi rames atau penyet tempe tahu atau penyet telur.

Begitupun kost-kostan sekitar 200-300ribuan sudah dapat kamar yang komplit seperti kasur, bantal, lemari, dan meja belajar.


Makanan khas Semarang

Makanan khas Semarang itu ada banyak tapi yang patut gansis coba adalah, sebagai berikut:

1. Tahu Gimbal

Awalnya ane kira tahu gimbal itu seperti tahu isi pada umumnya ternyata bukan. Tahu gimbal itu berisi tahu putih yang sudah digoreng, dikasih sayuran seperti kol, tauge, lontong, daun bawang iris tipis, juga dikasih peyek (gimbal) udang. Udangnya ini ada yang dijadikan peyek atau langsung udang utuh. Lalu disiram diatasnya dengan sambal kacang.

Tahu gimbal yang terkenal di Semarang adalah milik Pak Man yang terletak di Jalan Plampitan No.54 Semarang yang buka setiap jam 10.00-16.00 wib.

Per porsinya seharga 25 ribu rupiah. Jika agan sista bingung untuk cari alamatnya, banyak juga pedagang gerobak tahu gimbal di area pinggiran simpang lima mulai harga 10 ribu rupiah per porsinya.

2. Lunpia Semarang

Biasanya lumpia itu berisi wortel, kentang, sosis dan lain-lain. Kalau lumpia Semarang itu beda banget loh isinya itu rebung atau bambu muda yang sudah diberi rempah-rempah. Loenpia Semarang yang terkenal di daerah
Jalan Mataram 481, Semarang. dikelola oleh gererasi ke-3 dinasti Loenpia Semarang.

Gansis bisa memilih loenpia yang sudah digoreng (kering) atau yang belum digoreng (basah). Bisa tahan 2-3 hari untuk yang basah.


3. Tahu bakso Ungaran Bu Pudji

Kalau teman-teman berkunjung ke Semarang jangan lupa beli oleh-oleh tahu bakso khususnya di daerah Ungaran. Disana banyak banget yang jual tahu bakso enak.

Namun yang lebih terkenal adalah Tahu Baxo Bu Pudji yang memiliki beberapa gerai antara lain di Jalan Diponegoro Mijen Ungaran Timur, JalanRaya Semarang – Bawen Km.24 Babadan Ungaran dan Jalan Pamularsih No. 15 Semarang Barat.

Isi satu box tahu bakso ada 10 buah yaitu tahu bakso yang direbus atau tahu bakso yang sudah digoreng dengan harga sekitar 35 ribuan.


4. Bandeng presto

Oleh-oleh khas kota Semarang ini juga gak kalah diburu para pelancong dengan harga antara 40 ribu per satu kotak bisa yang tinggal siap makan atau masih mentah.

Bandeng ini banyak di jual di daerah Pandanaran yang merupakan tempat pusatnya oleh-oleh.
Dari simpang lima masih lurus terus ke sebelah barat.


5. Moaci gimani

Moaci gemini berbeda dengan mochi daerah pada umumnya mochi ini bertabur dengan wijen isinya pun tidak hanya kacang ada isi red bean, durian strawberry, coklat dan green tea yang biasanya mochi di daerah lain hanya berbalut dengan tepung.

Harganya pun bervariasi ada yang Rp. 25.000 sampai Rp. 50.000 per kotak nya.
Penghasil mochi gemini ini ada di daerah Kentangan Barat No. 11, Semarang.


6. Wingko Babat


Makanan khas Semarang lainnya yang patut dijadikan oleh-oleh untuk dibawa pulang adalah wingko babat. 

Wingko ini merupakan kue berbentuk bundar yang terbuat dari kelapa muda, tepung beras ketan dan gula.

Panganan ini bisa gansis temukan di daerah Pandanaran maupun di stasiun kereta api Poncol atau Tawang yang khusus menjual oleh-oleh.


7. Kopi Banaran

Sebagai pecinta kopi, wajib datang ke kampung banaran yang terletak di daerah Bawen, Jalan Raya Semarang- Solo. Disana ada jual kopi robusta yang sudah diekspor ke luar negeri seperti Italia, Jepang, Amerika, dan China.

Kopi banaran selain terdapat cafe juga ada kereta dimana agan dan sista bisa keliling perkebunan. Harga kopi banaran 15ribu per 100 gram.


Pasar Murah


Jika agan dan sista ingin makan-makanan yang ramah di kantong tinggal jajan di sekitaran simpang lima saja seperti di pinggir-pinggir jalan banyak terdapat warung tenda. Dahulu setiap sabtu malam dan hari minggu bundaran simpang lima dijadikan sebagai pasar kaget.


Dimana lapangan simpang lima deretan pedagang kaki lima mulai dari pedagang makanan, pedagang minuman juga pedagang pakaian bekas ada disana. Ramai deh. Namun, sekarang lapangan simpang lima sudah tidak dijadikan tempat berjualan oleh pedagang dikarenakan program pemda terkait agar rapi bebas dari pedagang kaki lima dan parkir liar.


Nah, kalau pengen lebih komplit bisa juga cari souvenir khas Semarang ke pasar johar gansis, disana harganya bisa lebih murah asal gansis bisa tawar menawar dengan pedagang. 

Pasar Johar kini lebih rapi semenjak telah dibangun oleh pemerintah saat tahun 2018.


sumber
Jika gansis bermaksud berwisata ke Semarang bisa menginap di sekitar daerah stasiun Poncol ataupun sekitar stasiun Tawang banyak hotel yang menawarkan harga murah disana, atau di daerah Pleburan dekat dengan kampus Undip bawah disitu juga terdapat hotel murah atau agar sekalian menikmati view pegunungan seperti villa bisa ke daerah Bandungan. 

Pesona Kota Semarang

Ngomong-ngomong soal tempat wisata di Semarang, ane punya banyak tempat wisata yang bisa direkomendasikan:
Kota Semarang:
1. Lawang Sewu 

Nama tempatnya memang lawang sewu, tetapi jika agan dan sista main kesana mencoba menghitung jumlah pintunya tidak sampai berjumlah 1000 pintu.

Namun memiliki banyak pintu di setiap ruangannya.
Lawang sewu merupakan museum. Untuk ikuti tantangan menjelajahi bangunan Lawang Sewu sampai di bangunan bawah tanah biasa dibuka tiap malam Jum'at.

Kalau ane sih belum pernah ikut petualangannya gan, cuma di bangunan atas saja. Maklum belum berani uji nyali hehehehe....


2. Tugu Muda

Jalan-jalan yang murah meriah adalah datang ke taman tugu muda. Taman di tengah kota ini cocok untuk swafoto bersama orang-orang tersayang saat akan matahari terbenam atau saat malam hari.

Kenapa?

Karena background fotonya bisa terlihat lawang sewu loh.

3. Klenteng Sampokong

Klenteng sampokong adalah destinasi wisata yang kudu gansis kunjungi. Klenteng ini bergaya Tionghoa dan memperkenalkan sejarah laksamana CengHo.

Patung laksamana nya pun berdiri kokoh setinggi 10 meter yanh didatangkan langsung dari China.
Tiket masuk kesana juga murah hanya 5 ribu rupiah saja.


4. Masjid Agung Jawa Tengah

Masjid agung jawa tengah merupakan tempat kenangan yang gak bakalan lupa karena saat wisuda fakultas tahun 2010 bertempat di aula masjid jawa tengah.

Masjid yang bisa menampung 16.000 jamaah ini terhampar dengan luas 10 hektar. Cocok untuk gansis berwisata religi bisa dengan melihat keindahan kota Semarang lewat menara masjid yang tingginya sampai 99 meter.

Gaya arsitektur bangunannya merupakan kombinasi jawa, eropa dan romawi. Atap luar masjidnya bisa dibuka digadang-gadang merupakan masjid terluas seasia tenggara.


5. Kota Lama

Saat mulai turun stasiun hawa kota lama mulai terasa, lihat saja bangunan stasiun masih seperti zaman Belanda, lalu keluar ada kantor pos, merba, gereja blenduk dengan fisik bangunan tua.

Kota lama Semarang biasanya selalu ramai, selain menjadi tempat nongkrong juga sebagai foto-foto muda mudi ala Eropa. Bahkan sering dijadikan lokasi foto prewedding loh saking uniknya bangunan tersebut. 


Pesona Kabupaten Semarang

Beralih ke Kabupaten Semarang banyak juga tempat wisata yang patut gansis kunjungi salah satu ikon nya adalah:
1. Candi Gedong Songo
Destinasi wisata ini merupakan cagar budaya Kabupaten Semarang. Ada 9 candi namun candi yang masih kokoh berdiri hanya ada 5 bangunan candi.


Sumber: dok.pri

Jika agan dan sista pegal-pegal atau tidak kuat untuk naik sampai puncaknya bisa dengan menaiki kuda yang bisa disewa di bawah. Dulu harganya masih 10-15 ribu mungkin sekarang sudah naik harganya.


Tapi kalau tidak dan puas menikmati indahnya pemandangan dengan menyusuri jalan sampai tiba dipuncak.

Diantara candi gedong 3 dan candi gedong 4 terdapat kolam pemandian air panas. Tetapi pada saat pandemi Covid19 ini, kolam tersebut ditutup untuk sementara.


2. Saloka theme park

Kalau di Jakarta punya dufan. Di Semarang memiliki saloka theme park. Harga tiket masuknya adalah 120 ribu.
Tempat wisata ini terbilang baru loh gansis namun sudah ramai pengunjung.

Pada saat pandemi ini ada 4 wahana yang tidak dibuka yaitu semprat-semprot, paku bumi, polah bocah dan bengak bengok.

Tempat ini terdapat di daerah Jalan Fatmawati No. 154 Lopait, Tuntang, Semarang.

3. Umbul Sidomukti

Kalau gansis suka dengan wisata yang memacu adrenalin, bisa datang ke umbul Sidomukti.
Disana terdapat permainan flying fox untuk dewasa.

Selain itu ada pondok wisata, pondok kopi, wisata paralayang dan kolam renangnya juga loh. Komplit deh kalau datang wisata kesana.


4. Pasar Sawahan

Merupakan salah satu inovasi Permerintah Daerah Kabupaten Semarang yang terletak di Desa Kalongan untuk meningkatkan perekonomian masyarakat yaitu dengan berjualan makanan tradisional seperti sego jagung, sego tiwul, sentiling dan lain-lain. 

Uniknya di pasar ini menerapkan pasar seperti zaman majapahit, dilihat dari lapak dagangan dan juga pakaian yang dikenakan oleh para pedagang. Selain itu, alat tukar yang digunakan bukan dengan uang seperti biasanya melainkan dengan batang padi atau uli.

Pecahannya ada 2,5 uli, 5 uli dan 10 uli.  Jika uang tersebut tidak habis dibelanjakan maka agan sista bisa menukarkan kembali dengan uang rupiah. ohya 1 uli sama dengan seribu rupiah.  

Bertransaksi di Pasar Sawahan, Desa Kalongan, Kecamatan Ungaran Timur ini tidak dilakukan setiap hari hanya dilakukan di hari-hari tertentu saja seperti setiap minggu legi dan minggu pahing saja. Dimana buka dari jam 06.00 pagi sampai barang dagangan habis terjual. 

Masih banyak yang ingin ane ceritakan tentang Semarang Kota Kenangan, karena jika bahas Semarang seperti napak tilas perjalanan yang tidak mungkin terlupakan. Sekian dulu thread ane kali ini. Semoga bermanfaat bagi kasskuser semua. Ayo dolan nang Semarang. 


Penulis: @mamaproduktif
Opini pribadi dan berbagai referensi 1, 2, 3,4, 5,
Diubah oleh mamaproduktif 01-10-2020 02:50
detyry
dalledalminto
gustiarny
gustiarny dan 13 lainnya memberi reputasi
14
1.7K
63
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Semarang
SemarangKASKUS Official
2.5KThread1.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.