Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

saya.kiraAvatar border
TS
saya.kira
4 Mobil Saksi Bisu Kesaktian Pancasila


Taukah Agan dan Sista kalau Tanggal 1 Oktober hari ini diperingati sebagai Hari Kesaktian Pancasila. Hari bersejarah ini tak lepas dari sejarah kelam Gerakan 30 September atau G30S/PKI.

Peristiwa yang dikenal sebagai G30S/PKI itu merupakan gerakan yang bertujuan untuk menggulingkan pemerintahan Presiden Sukarno dan mengubah Indonesia menjadi negara komunis. Gerakan ini mengincar perwira tinggi TNI AD. Enam perwira tinggi dan satu perwira menengah TNI Angkatan Darat menjadi korban dalam Gerakan 30 September.

Monumen Pancasila Sakti menjadi saksi kekejaman G30S/PKI. Di sana, terdapat sumur tua yang menjadi tempat untuk mengubur jenazah para jenderal dalam peristiwa tersebut. Kini, di Monumen Pancasila Sakti juga ditampilkan beberapa kendaraan yang juga menjadi saksi bisu G30S/PKI.

Tidak hanya mobil yang memiliki peranan penting pada peristiwa pemberontakan tersebut, beberapa dari mobil tersebut pernah digunakan oleh Letnan Jendral Anumerta Ahmad Yani dan mantan Presiden Soeharto ketika masih menjadi Mayor Jendral TNI.

Berikut adalah jajaran mobil yang menjadi saksi bisu gerakan G30S/PKI dan tersimpan di Monumen Pancasila Sakti, Lubang Buaya, Jakarta Timur.

Quote:

Quote:

Quote:

Quote:
Diubah oleh saya.kira 01-10-2020 03:08
indramamoth
kiboemas
tien212700
tien212700 dan 25 lainnya memberi reputasi
26
5.5K
47
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Otomotif
OtomotifKASKUS Official
27.7KThread15.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.