Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

jaka.sembvngAvatar border
TS
jaka.sembvng
Bertemu Paslon Pilwako Batam, Pendeta Ungkap Sulitnya Urus Surat Domisili Gereja

Bertemu Paslon Pilwako Batam, Pendeta Ungkap Sulitnya Urus Surat Domisili Gereja
Puluhan pendeta pengurus Lembaga Aras Kristen se-Kepri dan BKAG Kota Batam menggelar coffe morning dengan Pasangan Calon (Paslon) Pilwako Batam 

TRIBUNBATAM.id, BATAM- Puluhan pendeta pengurus Lembaga Aras Kristen se-Kepri dan BKAG Kota Batam menggelar coffe morning dengan HM Rudi, Pasangan Calon (Paslon) Pilwako Batam, Selasa (29/9/2020) di Batam Center.


Dalam dialog yang berjalan serius namun santai itu para pendeta mengemukakan masalah-masalah yang dialami gereja dan pendeta dalam waktu belakangan ini.
Berbagai pertanyaan pun dilemparkan para pendeta kepada HM Rudi, termasuk masalah serius di kalangan umat Kristiani.


Serta berbagai harapan dari kelompok pendeta dan lembaga aras Kristen bagi para Pasangan Calon (Paslon) yang mengikuti Pilwako Batam.

Satu di antaranya adalah keresahaan mengenai kepengurusan dokumen Izin Mendirikan Bangunan (IMB), dan surat Domisili yang diperlukan dalam pembangunan rumah ibadah, dalam hal ini gereja.


"Sebenarnya harapan ini sebelumnya juga telah lama disampaikan, dan ini kami sampaikan kembali kepada paslon yang akan bertarung nanti," ujar satu di antara aktifis Gereja Batam, Wirya Silalahi yang juga merupakan Majelis di dalam Persekutuan Gereja-gereja Indonesia Wilayah (PGIW) Kepri.

Menurutnya, adanya proses pengurusan dokumen yang terkesan lama ini, juga menjadi sebuah cerita yang hingga saat ini masih belum mendapat jalan keluar.
Wirya menggambarkan, satu di antaranya terjadi dalam pengurusan surat domisili di tingkat Kecamatan.


"Gereja-gereja itu kalau minta bantuan ke Pemko, contoh hibah selalu ada syarat standar yang harus dipenuhi yaitu surat domisili yang diurus di kecamatan. Tapi gereja sering dipersulit untuk mendapatkan itu," ujarnya.


Ia menggambarkan surat domisili tersebut bisa keluar dalam dua hari, namun bisa pula hingga berbulan-bulan.


"Jadi ada standar ganda, tergantung siapa yang ngurus. Kalau anggota dewan bisa keluar dua hari, kalau tidak ada orang dalam ya bisa dua bulan atau lebih," katanya.
Termasuk juga persoalan yang dialami oleh guru-guru Kristen.


"Sebenarnya banyak permasalahan yang ingin disampaikan, tapi kami batasi lebih ke masalah keagamaan. Karena sebenarnya sebagian pendeta ini jugakan ada yang berlatar belakang pengusaha," ucapnya.


Wirya menyatakan tidak hanya paslon HM Rudi, pihak Lembaga Aras Kristen juga membuka peluang komunikasi dengan calon Wali Kota Batam lainnya.


"Untuk tahap awal kami juga telah bertemu dengan pak Rudi sebagai satu calon. Beliau juga kan masih wali kota kita, ada harapan kami beliau bisa duduk kembali sehingga komunikasi dengan lembaga aras Kristen bisa berlanjut. Tapi kami juga akan berikan kesempatan bagi calon lain, apabila memang bisa mengakomodir aspirasi ini," ungkapnya.


Mengenai pertemuan dengan salah satu paslon tersebut, Wirya menuturkan bahwa calon pentahana tersebut juga mengaku terkejut dengan penyampaian masalah Domisili dan IMB bagi pembangunan rumah ibadah.


Menurut HM Rudi, permasalahan itu tidak pernah sampai kepadanya.
"Maka itu disaat ada waktu bisa bertemu dengan para calon begini, kami ingin mengingatkan kembali, apa yang dihadapi oleh masyarakat di tingkat bawah," katanya.


Ikut hadir dalam kegiatan tersebut Ketua Persekutuan Gereja Pantekosta Indonesia ( PGPI) Kepri, Pdt. Timbul Silalahi dan beberapa pendeta pengurus PGPI.


Ketua Persekutuan Gereja- gereja Lembaga Injili Indonesia (PGLII) Kepri dan jajarannya.


Sekretaris Persekutuan Gereja-gereja di Indonesia Wilayah (PGIW) Kepri dan jajarannya.


Ketua BKAG Kota Batam, Pdt. dr. Surya, dan juga beberapa pendeta pengurusnya, dan beberapa pendeta dari HKBP, GBKP, GKPS dan lain-lain.(*/ane)


sumber: https://batam.tribunnews.com/2020/09/29/bertemu-paslon-pilwako-batampendeta-ungkap-kesulitan-pengurusan-surat-domisili-gereja-di-kecamatan?page=all.

awas kena PHP emoticon-Traveller

qavir
nomorelies
scorpiolama
scorpiolama dan 3 lainnya memberi reputasi
4
523
13
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
672KThread41.8KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.