• Beranda
  • ...
  • Android
  • Jangan Coba – coba Rooting Android Kalau Belum Paham Konsekuensinya!

KarjoKareAvatar border
TS
KarjoKare
Jangan Coba – coba Rooting Android Kalau Belum Paham Konsekuensinya!


Root Android merupakan proses untuk membuka semua akses sistem Android agar pengguna bisa mengelola perangkat dengan sepenuhnya. Beberapa merk smartphone memperbolehkan ini dilakukan oleh pengguna. Tapi meskipun diizinkan, tetap aja ada beberapa konsekuensi yang harus diterima pengguna ketika udah melakukan root Android. Bagi Agan dan Sista yang belum paham, berikut ini beberapa konsekuensi yang harus diterima ketika kalian memilih untuk root Android:

Garansi hangus

Kebanyakan pabrikan smartphone Android akan membatalkan garansi jika pengguna terlanjur me – rooting smartphone miliknya. Pembatalan garansi ini karena pengguna mengotak – atik sistem yang udah ada. Tapi, pabrikan yang mengizinkan penggunanya untuk rooting melalui bootloader yang harus diminta aksesnya secara resmi, akan tetap mendapatkan garansi terhadap smartphone – nya. O iya GanSis, dibeberapa negara tindakan root dinilai ilegal loh...jadi, saran Ane sebelum melakukan rooting mending pikir – pikir dulu , kalau mau rooting – nya setelah masa garansi habis.

Cara rooting ribet dan berbeda – beda

Ternyata melakukan proses rooting bukanlah hal yang gampang GanSis. Ada beberapa versi cara melakukan ini, dan aplikasi untuk melakukan ini juga banyak. Dan dari sekian banyak aplikasi, hanya sedikit yang benar – benar manjur. Pada saat melakukannya, kalian harus benar – benar mengikuti petunjuk yang ada. Karena rumit, jadi butuh kesabaran ekstra dalam melakukan proses rooting.

Ponsel alami bricking

Dampak ini menjadi yang paling dihindari ketika melakukan rooting. FYI, bricking merupakan sebutan untuk perangkat gadget yang rusak dan gak berguna. Seperti benda mati yang gak bisa di apa – apain lagi GanSis. Bricking biasanya terjadi karena terjebak di boot loop atau gagal booting. Kalau gak mau beli ponsel lagi karena yang lama bricking, mending gak usah root Android GanSis.

Keamanan ponsel jadi terancam

Resiko keamanan juga menjadi hal yang menakutkan dari rooting. Bukan Cuma aplikasi, program dan kode malware yang berbahaya pun bisa masuk ke ponsel kalian tanpa disengaja. Rooting HP Android juga bisa merusak Google SafetyNet, program pada HP Android yang tertanam dalam Play Service dari Google untuk memantau "kesehatan" HP. SafetyNet juga menciptakan lingkungan kondusif bagi Android untuk melangsungkan aktivitasnya. Jika di-root, maka runyam sudah SafetyNet dari Google.

Masalah peforma dan bug pad smartphone

Meskipun me-root HP-mu memberikan manfaat dengan meningkatkan kinerjanya melalui berbagai mod, rooting HP Android juga mendatangkan berbagai kutu (bug). Penting juga untuk diingat bahwa setelah HP Android-mu di-root, HP mungkin menjadi tidak stabil. Bug & masalah kinerja akan menjadi bagian dari penggunaan harian Anda. Jika HP Android-mu terkena bug, diperlukan waktu yang tidak sebentar untuk memperbaiki bug tersebut, mengingat mod yang datang bersama bug tersebut dikembangkan oleh pengembang independen.



indramamoth
botzilla
tien212700
tien212700 dan 4 lainnya memberi reputasi
5
3K
24
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Android
AndroidKASKUS Official
29.4KThread12.7KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.