Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

baguse22Avatar border
TS
baguse22
Semua Warga Terkejut! Ada Maqam Sebesar Dan Seluas Kabupaten
Syekh Makdum Wali, utusan demak makamnya terletak di Karanglewas (Kabupaten Banyumas), sekitar 300 meter sebelah utara Museum Panglima Besar (Pangsar) Jenderal Soedirman.
Sebagaimana penuturan salah satu pengurus makam M Ahsan Amin, Syekh Makdum adalah juru dakwah utusan dari Kerajaan Demak. Beliau datang ke Kadipaten Pasirluhur atas titah Raden Patah untuk melakukan syiar Islam di wilayah Pasirluhur (Banyumas).



Semua Warga Terkejut! Ada Maqam Sebesar Dan Seluas Kabupaten

Di komplek makam Syekh Makdum terdapat tiga makam. Di sisi utara adalah makam Senopati Mangkubumi I. Adapun makam Syekh Makdum Wali berdampingan dengan Senopati Mangkubumi II.
Setiap malam Jumat Kliwon di komplek makam ini ada kegiatan mujahadah. Perayaan tahunan Haul Syekh Makdum Wali dan Senopati



Syekh Makdum datang ke Pasirluhur sekira abad ke-15 Masehi, atas titah raja Raden Patah untuk dakwah Islam di tlatah Pasirluhur dengan cara damai --bukan dengan kekerasan.
Kala itu Kadipaten Pasirluhur di bawah kekuasaan Raden Banyak Blanak, dibantu Patih Wirakecana alias Raden Banyak Geleh (keduanya kakak beradik). Kehadiran Syekh Makdum disambut gembira oleh Raden Banyak Blanak maupun Patih Wirakencana. Bahkan, keduanya mendukung upaya Syekh Makdum dalam mengemban misi syiar Islam.
Atas jasa dalam membantu syiar Islam di Pasirluhur, Raden Banyak Blanak dan Patih Wirakencana diminta untuk hadir dalam pisowanan agung di Kerajaan Demak. Bahkan, keduanya dianugerahi gelar kehormatan oleh Raden Patah. Raden Banyak Blanak menyandang gelar Senopati Mangkubumi I, sementara Raden Banyak Geleh bergelar Senopati Mangkubumi II.

Semua Warga Terkejut! Ada Maqam Sebesar Dan Seluas Kabupaten

Persoalan muncul justru dari putra Raden Banyak Blanak sendiri yang bernama Raden Banyak Tole.
Bersama sejumlah prajurit, Raden Banyal Tole merasa tidak suka dengan kehadiran Syekh Makdum di Pasirluhur. Lebih dari itu, Banyak Tole bertekad melawan Kerajaan Demak. Meski sang ayah telah mencegah, Raden Banyak Tole bersama sejumlah prajurit bersikeras untuk menyerang Demak.
Singkat kisah, serangan Raden Banyak Tole dapat dengan mudah ditumpas oleh prajurit Demak. Akibat tragedi ini, Raden Banyak Blanak sangat berduka hingga akhirnya sakit dan meninggal dunia.
Sepeninggal Raden Banyak Blanak. perjuangan Syekh Makdum dalam melakukan syiar Islam di Pasirluhur dibantu oleh Patih Wirakencana alias Raden Banyak Geleh


JANGAN TELAN MENTAH-MENTAH INFORMASI DARI KAMI! CROSS CHECK DULU. Jika tidak suka channel ini silahkan abaikan saja, jangan menjadi hakim dengan jarimu

Barangkali bermanfaat. mati kita simpan baik-baik sejarah yang ada jangan sampai dilupakan karena perkembangan zaman. ingat ya!
Datangi Makam Kuda Syekh Maulana Maghribi Di Candi Pancurawis Langkap Krajan Bumiayu


Belum Terungkap ! Sejarah Tentang Makam Kuda Candi Pancurawis, Langkap Krajan Bumiayu Brebes Jateng


Datangi Makam Raja Galuh Dengan Panjang 7 Meter, Dusun Makam Dawa Kec. Tonjong Kab.Brebes


Ziarah Kubur Mbah Noer Durya Walangsanga, Moga, Pemalang Jawa Tengah (Mbah Nur)


Datangi Makam Dayang Raja Galuh Di Candi Gagang Golok


Perjalanan Menuju Makam Mbah Noer Durya (Walangsanga) Moga - Pemalang
Diubah oleh baguse22 04-05-2021 21:32
yandicool
Siege
sutarjo65
sutarjo65 dan 3 lainnya memberi reputasi
-4
3.6K
13
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Sejarah & Xenology
Sejarah & XenologyKASKUS Official
6.5KThread10.6KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.