saya.kira
TS
saya.kira
Jokowi: 75 Tahun PBB, Dunia yang Kita Impikan Belum Tercapai


Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyinggung soal perdamaian dunia dalam pidatonya di Sidang Majelis Umum (SMU) ke-75 Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). Jokowi menilai perdamaian dunia yang selama ini diimpikan belum tercapai.

Jokowi mengatakan dibentuknya PBB 75 tahun yang lalu untuk mencegah agar Perang Dunia II tidak terulang. PBB, kata Jokowi, dibentuk agar dunia bisa lebih damai dan sejahtera.

"75 tahun yang lalu PBB dibnetuk agar dunia bisa lebih damai, stabil, dan sejahtera, Karana perang tidak akan menguntungkan siapapun, tidak ada artinya sebuah kemenangan dirayakan di tengah kehancuran. Tidak ada artinya menjadi kekuatan ekonomi terbesar di tengah dunia yang tenggelam,"kata Jokowi saat berpidato di Sidang Umum PBB yang juga disiarkan langsung YouTube Sekretariat Presiden, Rabu (23/9/2020).

Jokowi berpidato dalam Bahasa Indonesia. Namun, Jokowi beberapa kali menggunakan bahasa Inggris di sela-sela pidatonya

Jokowi lalu menyatakan jika perdamaian dunia saat ini belum tercapai. Menurutnya, masih banyak konflik yang terjadi di berbagai belahan dunia.
"Di usia PBB yang ke-75 ini, kita patut bertanya, apakah dunia yang kita impikan tersebut sudah tercapai? Saya kira jawaban kita sama, belum. Konflik masih terjadi di berbagai belahan dunia,"
ujar Jokowi.

"Kemiskinan dan bahkan kelaparan masih terus dirasakan. Prinsip-prinsip Piagam PBB dan hukum internasional kerap tidak diindahkan, termasuk penghormatan terhadap kedaulatan dan integritas wilayah. Kita semua prihatin melihat situasi ini," imbuhnya.

Jokowi juga menyinggung soal pandemi virus Corona (COVID-19). Jokowi menekankan pentingnya kerja sama antarnegara dalam menghadapi pandemi yang terjadi di seluruh dunia.

"Keprihatinan kita menjadi semakin besar di saat pandemi COVID-19 ini. Di saat seharusnya kita semua bersatu padu, bekerja sama melawan pandemic, yang justru kita lihat adalah masih terjadinya perpecahan dan rivalitas yang semakin mengancam. Padalah kita seharusnya bersatu padu, selalu menggunakan pendekatan win-win kepada hubungan antarnegara 

Sumber Berita

Benar-benar 75 tahun penuh kesia-siaan..

Mengatasi permasalahan di Indonesia akan lebih mudah jika Pak Jokowi menjadi Sekjen PBB
gh20emineminnaviniest
viniest dan 37 lainnya memberi reputasi
34
5.4K
134
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan Politik
icon
669.2KThread39.7KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.