Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

  • Beranda
  • ...
  • Tegal
  • [COC Reg.Tegal] Melancong Ke Tegal, Yuk Nikmati Kesegaran Es Sagwan Dan Es Lontrong

zatilmutieAvatar border
TS
zatilmutie
[COC Reg.Tegal] Melancong Ke Tegal, Yuk Nikmati Kesegaran Es Sagwan Dan Es Lontrong
Minuman khas Tegal

[COC Reg.Tegal] Melancong Ke Tegal, Yuk Nikmati Kesegaran Es Sagwan Dan Es Lontrong

Setiap daerah di Indonesia memang kaya akan kekayaan budaya. Terutama dalam bidang kuliner. Begitupun Tegal, kota yang terkenal dengan logat bahasanya yang unik ini memiliki daya tarik kuliner yang luar biasa. Sudah tak asing lagi di telinga jika nama warung tegal yang merajai warung nasi di tiap daerah tanah air adalah salah satu ikon Tegal yang dikenal masyarakat.

Beberapa makanan kecil yang saat ini sudah agak langka adalah Glothak (semacam bubur terbuat dari gembus/oncom dengan kuah kaldu dan cabai hijau). Makanan semacam ini biasanya banyak dijual saat bulan Ramadhan Ada juga kupat bongko, rujak kangkung dan rujak uleg. Belum lagi kini olos yang juga merupakan jajanan tradisional Tegal sedang menjadi tenar di kalangan anak muda. Olos merupakan paduan tepung aci dan terigu yang dibuat bulatan kecil dan digoreng kering, di dalamnya berisi sayuran (biasanya kubis) atau bisa juga dengan isi lain. Namun di setiap olos terdapat potongan cabe rawit yang akan memberikan sensasi pedas dan membuat orang terasa ketipu saat memakannya bagi yang baru mencicipi.

Selain warung tegal dan nasi lengko, kuliner unggulan lainnya dari kota bahari ini adalah minuman segar yang dijamin membuat Agan Sista penasaran.

Ada dua minuman segar yang menjadi ikon kota tegal. Yaitu: Es Lontrong dan Es Sagwan. Bagi yang baru mendengar mungkin sedikit asing ya. Nah, daripada penasaran, yuk kita ulas di thread kali ini.



1. Es Lontrong

[COC Reg.Tegal] Melancong Ke Tegal, Yuk Nikmati Kesegaran Es Sagwan Dan Es Lontrong

Es yang satu ini sebenarnya terdiri dari bahan sederhana, yaitu kacang hijau rebus dan cincau. Dipadukan dengan legitnya sirup gula jawa dan diberikan toping es serut atau es batu. Hemmm sudah terbayang dong kesegarannya saat mendarat di lidah.

Rasa haus akan sirna seketika dalam sekali seruput. Perpaduan cincau yang lembut dan kacang hijau menyatu dengan lumeran gula jawa dan dinginnya es.

Untuk harga. Jangan ditanya gansis, super murah! Yups, cukup menyediakan uang 4.000 rupiah. Dijamin kenyang dan seger. Jika Gansis penasaran untuk mencicipi kuliner yang satu ini bisa datang ke Lokasinya ada di Jalan Meyjend Sutoyo, Slawi.

2. Es Sagwan

[COC Reg.Tegal] Melancong Ke Tegal, Yuk Nikmati Kesegaran Es Sagwan Dan Es Lontrong

Belum kenyang dengan sajian satu es lontrong yang menggiurkan. Jangan takut, kota Tegal masih punya minuman segar dan mengeyangkan lainnya.

Kali ini varian es yang mirip dengan dawet. Jika kita familiar dengan es dawet atau cendol yang biasanya berwarna hijau. Nah es Sagwan khas Tegal ini justru berwarna putih dan teksturnya lebih kenyal.

Lalu apa saja isi dari es yang berwarna cantik ini?

Es sagwan terdiri dari perpaduan es dengan santan berpadu cairan kental dari gula jawa dan sirup berwarna merah beserta butiran dawet panjang berwarna putih. Dalam seruputan pertama Gansis bisa langsung terlena dalam kenikmatan tiada tara. Segar, manis alami berpadu dengan dawet, maknyuss!

Usut punya usut nama Sagwan ini berasal dari nama seorang pembuatnya yang bernama Sagwan yang berjualan sejak tahun 1960. Tetapi ada juga yang berpendapat Sagwan merupakan akronim dari Seger Adem Glenggem Wangi Ancleng Niaket, dimana artinya sendiri yaitu segar, dingin, ringan diteguk, wangi, manis, dan kental kenyal.

Nah, jika Agan Sista sedang melancong ke kota Tegal jangan lupa mampir di kedai es Sagwan ini di daerah Dukuhturi tepatnya desa Pandean.

Cukup menyediakan uang sebesar 5.000 rupiah saja untuk menikmati satu gelas penuh es yang menyegarkan dan bikin ngiler ini, gansis.

Nah, itulah ulasan ane tentang keunikan kuliner segar dari kota Tegal, semoga bermanfaat.

emoticon-Cendol Gan

Referensi

gambar
Diubah oleh zatilmutie 22-09-2020 04:09
666fapfap
gustiarny
ismilaila
ismilaila dan 12 lainnya memberi reputasi
11
1.5K
17
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Tegal
TegalKASKUS Official
242Thread283Anggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.