• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Jangan Sampai Salah, Inilah Perbedaan Mendasar Antara Pesawat Boeing dan Air Bus

hvzalfAvatar border
TS
hvzalf 
Jangan Sampai Salah, Inilah Perbedaan Mendasar Antara Pesawat Boeing dan Air Bus


gambar

Dewasa ini, pesawat menjadi salah satu moda transportasi pilihan bagi sebagian masyarakat. Di samping lebih menghemat waktu, dan tidak harus merasakan panas dan sumpeknya macet jalanan, pesawat juga sering kali dijadikan untuk ajang pamer sosial. Di luar itu semua, tentu kehadiran pesawat sangat membantu dalam pelayanan masyarakat di bidang transportasi.

Dalam industrinya, sering kali kita mendengar dua jenis pesawat yang terus bersaing. Yakni pesawat jenis Boeing dan Airbus. Nah, ketika kita menumpangi pesawat maka akan timbul pertanyaan, kita naik jenis pesawat apa ya? Bahkan pro-kontra soal jenis pesawat kerap kali muncul di masyarakat yang pernah merasakan servis dari kedua industri tersebut terutama soal kenyamanan. Ada yang mengatakan bahwa menumpangi Boeing lebih nyaman ketimbang Airbus. Karena hal itu bukan menjadi acuan utama tentang perbedaan keduanya. Lalu, apakah yang menjadi pembeda antara Boeing dan Airbus?

1. Produksi



gambar

Pesawat jenis Boeing berasal dari pabrikan Amerika Serikat. Didirikan dengan nama perusahaan Pacific Aero Products yang dimiliki oleh William Edward Boeing dan perwira Angkatan Laut AS Conrad Westervelt.

Sedangkan Airbus merupakan jenis pesawat hasil dari pabrikan Prancis.

2. Bentuk Moncong Pesawat



gambar

Jika, ingin melihat perbedaan dari keduanya secara kasat mata. Maka cukup perhatikan saja bagian depan alias moncong masing-masing pesawat.

Pada pesawat Boeing memiliki moncong yang lebih tajam atau runcing. Sehingga kesan yang ditimbulkan lebih terlihat agresif.

Sementara moncong pada pesawat Airbus lebih bulat.

3. Bentuk Badan Pesawat



gambar

Untuk soal body, Boeing lebih terlihat ramping. Sedangkan Airbus nampak lebih besar atau gemuk.

4. Ujung Sayap



gambar ujung sayap Boeing

Kedua jenis pesawat ini memiliki perbedaan juga dalam urusan ujung sayap. Maskapai Boeing, nampak lebih melengkung ke atas ujung sayapnya. Sedangkan Airbus, terlihat runcing.



gambar ujung sayap Airbus

5. Bahan Bakar



gambar

Untuk masalah bahan bakar, Airbus lebih ramah karena bisa lebih irit daripada pesaingnya Boeing yang memang lebih boros soal bahan bakar.

6. Kokpit



gambar

Selain moncong yang bisa dilihat langsung, perbedaan yang mencolok lainnya adalah terletak pada kopkit.

Pesawat Boeing memilih alat kemudi yoke yang bentuknya seperti stir dan terletak di depan pilot. Karena sifatnya manual, maka terasa lebih berat.

Sedangkan Airbus, memakai alat kemudi bernama sidestick. Bentuknya seperti joystick dan berada di sisi kiri dan kanan pilot. Bebannya pun lebih ringan.

7. Lebar dan Panjang Pesawat



[URL=https://www.google.com/amp/s/manajemenpembebas.wordpress.com/2019/03/22/clash-of-the-titans-airbus-versus-the-boeingS E N S O Rpany-di-industri-penerbangan/amp/]gambar [/URL]

Panjang pesawat pada Boeing yaitu 39,5 M dan lebar 3,76 M. Sedangkan Airbus memiliki panjang dan lebar masing-masing 37,57 M dan 3,95 M.

8. Mesin Pesawat



gambar

Soal masalah penempatan mesinnya pun berbeda. Jika mesin Boeing berada di bagian sayap dan menonjol ke depan, maka Airbus lebih meletakkan mesinnya dari arah sebaliknya.

9. Lampu Strobo



gambar

Saat pesawat akan runaway, maka lampu strobo akan menyala. Pada pesawat jenis Boeing, lampu strobo berkedip satu kali dalam satu detik. Sedangkan Airbus berkedip dua kali dalam satu detik.

Nah itulah beberapa perbedaan tentang dua maskapai dunia. Masing-masing pasti ada kelebihan dan kekurangannya ya. Di Indonesia sendiri, perusahaan penerbangan yang menggunakan Boeing 737 adalah Garuda Indonesia, Lion Air dan Sriwijaya Air. Sementara yang memakai Airbus ialah Lion Air, Citilink dan Batik Air.

Sumber :

1

2
Diubah oleh hvzalf 17-09-2020 22:05
eriksa
agusrezapratam4
ysury
ysury dan 36 lainnya memberi reputasi
35
16.8K
245
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.7KThread82.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.