• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Beberapa Penjara Ini Membuktikan Ternyata Hotel Prodeo Tak Sekedar Kata-kata Belaka!

embunsuciAvatar border
TS
embunsuci
Beberapa Penjara Ini Membuktikan Ternyata Hotel Prodeo Tak Sekedar Kata-kata Belaka!
Hai, Sahabat Kaskus yang ane sayangi, semoga selalu sehat dan sukses, ya. Aamiin. Kali ini ane ingin berbagi informasi tentang hotel prodeo bukan sekedar kata-kata.



Apa yang GanSis pikirkan dengan kata penjara? Pastinya beberapa kata yang kurang baik akan muncul, nggak enak, nggak nyaman, takut, seram, mengerikan atau Na'uzubillAh.


Penjara yang kita bayangkan pastinya ruangan lembab, pengap, kotor, sempit, tidak ada pencahayaan matahari, makanan seperti hidangan hewan, tempat tidur dengan alas yang tipis bahkan tidur di lantai yang dingin dan pastinya bagai di neraka. Tapi tetap saja ya, masih saja ada orang yang berbuat jahat dan berani bertindak kriminal.


Dan kebanyakan penjara pastinya ada berupa siksaan, entah itu dari sesama tahanan atau berupa hukuman dari petugas lapas. Sering kita temui penyiksaan luar biasa dan selalu berujung dengan pengulangan tindakan kriminal lagi oleh narapidana saat bebas dari penjara akibat rasa dendam "awas saja kalau saya sudah bebas nanti". Hukuman bisa seperti hukuman mati, hukuman seumur hidup dan lainnya sesuai ganjaran perbuatan.


Bahkan adapula gambaran penjara seperti tempat tidur dan wc bersebelahan tanpa sekat.


Tapi tidak semua gambaran itu benar adanya di masa sekarang. Malah mungkin tahanan diajarkan untuk menyibukkan diri dan menjadi seseorang yang produktif. Seperti membuat kerajinan tangan, mengasah bakat dan kemampuan untuk lebih terampil. Alhasil, mereka dapat menjual hasil olah tangan mereka dan menghasilkan uang di dalam sel.


Tapi tahukah GanSis di dunia ini ternyata ada beberapa hotel, yang fasilitasnya bagaikan di hotel mewah.

emoticon-Leh Uga

Mau tau nih penjara apa saja yang memiliki fasilitas terbaik sampai dikatakan Penjara Paling Indah di Dunia. Berikut daftarnya, yuk simak, GanSis ....


1. HMP Addiewell, Skotlandia





2. Otago Corrections Facility, Selandia Baru





Di penjara ini, narapidana diajarkan dalam bercocok tanam yang benar, ilmu tentang elektro, dan kegiatan masak-memasak. Wuiih keren, ya, GanSis. Bebas dari penjara ini sudah bisa menjadi koki atau petani yang handal.

emoticon-Leh Uga


3. A. Prison, Spanyol





Ini adalah penjara yang dikhususkan untuk anak-anak. Sewaktu membaca artikel ini dari sumber, ane sempat lama berpikir, kenapa disediakan penjara untuk anak-anak, bahkan masih balita. Ternyata diberlakukan hukuman semua usia ya, GanSis di beberapa negara di luar Indonesia sana.


Akan tetapi penjara ini memiliki aturan selama setahun, keluarga atau orangtua boleh menemani sang anak. Ruangan juga dibuat senyaman mungkin, berupa dekorasi aksesoris seperti Disney dan juga Arena bermain anak. Syukur deh, kalau tidak bisa berpengaruh berat ke psikologi anak pastinya.


4. Champ-Dollon, Swiss





Penjara ini mirip seperti asrama dan satu kamar dihuni oleh tiga orang narapidana.


5. JVA Fuhlsbuettel, Jerman





6. Sollentuna Prison, Swedia




7. Halden, Norwegia





Penjara yang dikenal paling manusiawi, selain nyaman dan membuat tahanan merasa aman, penjara ini tersedia studio rekaman musiknya lho, GanSis. Nah, bagi narapidana yang hobi menyanyi dan karaoke. Bisa deh rekaman di penjara ini. Hehe.

emoticon-Leh Uga


8. Justice Center Leoben, Austria





Austria dengan penjara elite-nya memiliki dapur tiap kamar masing-masing narapidana. Sehingga mereka dapat memasak makanan kesukaan dan pilihan mereka. Tersedia juga fasilitas olahraga seperti lapangan basket.


9. Bastoy, Norwegia





Penjera yang paling nyaman dan terbaik di dunia ini, memiliki aturan tidak diberlakukannya hukuman mati atau hukuman seumur hidup. Di sana mereka dilatih untuk berkebun, merawat kuda, memperbaiki sepeda, menggergaji kayu, dan mendapatkan pendidikan.





Fasilitas berjemur yang mewah dan elite juga tersedia di penjara ini. Narapidana di sini tetap dibolehkan untuk beribadah, sekolah, membaca di perpus, memancing ikan, berolahraga sama seperti kehidupan masyarakat di luar penjara.





Kamar yang cukup pencahayaan, kasur empuk dan ruangan yang nyaman dan bersih. Hal ini diharapkan bisa membuat mereka berubah menjadi lebih baik lagi. Penjara yang sebisa mungkin menghindari penderitaan narapidana. Selepas bebas dari penjara, mereka juga terus dipantau secara fokus dan intens, demi melihat resiko yang ditimbulkan di masyarakat. Ternyata sistem penjara ini mampu mengurangi pelanggaran yang terulang kembali.


Emm ane jadi ingat drama Asimilasi di sebuah negara deh jadinya emoticon-Leh Uga
Dibebaskan gegara Covid19, malah semakin brutal dan tak terkendali. Entah siapa yang salah, kebijakannya yang melepaskan tahanan tanpa pertimbangan penuh. Atau memang mantan napinya yang nganu. Yang jelas peristiwa tersebut benar-benar musibah yang lumayan merugikan masyarakat dan merenggut nyawa manusia akibat ulah para narapidana. Eh, malah ngelantur dah, kembali ke laptop, GanSis. emoticon-Jempol


Dan perlu digarisbawahi, GanSis ... Penjara yang tadinya berfungsi untuk rehabilitasi anak-anak remaja yang brutal dan nakal, sudah beralih fungsi menjadi penjara untuk kasus pembunuhan dan pemerkosaan. Jadi, penjara ini fasilitasnya didesain sedemikian rupa adalah setelah beralih fungsi sebagai penjara pelaku kriminal yang bukan main-main. Waah ....


10. Pondok Bambu, Indonesia





Nah, yang terakhir berada di Indonesia. Penjara yang merupakan penjara wanita ini dan sempat heboh menjadi perbincangan kalangan masyarakat. Juga termasuk penjara dengan fasilitas layaknya di rumah sendiri. Terdiri dari tempat tidur yang empuk, tivi juga ruangan keluarga khusus tamu yang berkunjung.


Bagaimana, Sahabat Kaskus ... Kalau seperti ituh sih fasilitasnya, bakalan betah dah. Dan bikin orang-orang kepengin masuk penjara kan, ya. Keluar dan bebas dari sana bisa mahir menjadi petani, koki, teknisi dan keahlian lainnya. Daripada hidup jadi gelandangan misalnya, emoticon-Leh Uga
Bagaimana nih pendapat GanSis, silahkan berdiskusi dengan santun dan santuy, ya. Terima kasih :terimakasih


Sumber :
Di sini
Di sini
Diubah oleh embunsuci 18-09-2020 22:43
kafir.resistant
delia.adel
raliakbarrr
raliakbarrr dan 12 lainnya memberi reputasi
13
2.5K
55
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.6KThread81.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.