Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

uliyatisAvatar border
TS
uliyatis
[COC Reg. Tasikmalaya] Bordir Tasikmalaya Cantik Mempesona
[COC Reg. Tasikmalaya] Bordir Tasikmalaya yang Terkenal

[COC Reg. Tasikmalaya] Bordir Tasikmalaya Cantik Mempesona

pinterest

Tasikmalaya banyak dikenal dengan berbagai macam potensi alam dan sumber daya manusianya. Pariwisata alam yang cantik, dengan aneka ragam kuliner, turut membuat tasikmalaya dikenal banyak orang. Namun, ada, satu hal yang juga membuat tasikmalaya sangat dikenal terutama kaum hawa adalah kerajinan tasik berupa bordiran yang benar-benar ciamik.

Hampir di semua toko yang menjual pakaian dan mukena, banyak mengambil dari daerah tasikmalaya. Apa saja yang membuat kerajinan bordiran tasikmalaya ini begitu terkenalnya, mari simak di sini ya, sobat kaskus.

Assalammualaikum

Selamat datang di thread terbaru

Bordir tasik banyak ditemukan pada beberapa produk fashion, seperti tas, baju koko, kebaya ataupun mukena.

[COC Reg. Tasikmalaya] Bordir Tasikmalaya Cantik Mempesona

Penduduk tasikmalaya mengadaptasi kerajinan bordir ini dari kebudayaan cina. Pada awalnya dikembangkan pada tahun 1925 di desa Tanjung, oleh Ibu Umayah, dulu petnah bekerja di luar negeri, di mana pada awalnya mereka menggunakan pemidangan dan mesin jahit secara manual.



Sehingga sekarang tasikmalaya dikenal sebagai salah satu kota sentra produk bordir berkualitas. Produk hasil bordir kota tasikmalaya pun sudah dikenal di seluruh Indonesia. Bahkan ada yang sudah sampai mancanegara. Sungguh membanggakan bukan, sobat kaskus, gansist semua.

Hasil bordiran tasikmalaya secara manual memang harganya lebih mahal dari yang dikerjakan mesin. Karena secara manual bisa menghabiskan waktu kurang lebih sepuluh hari. Jadi, wajar saja, harganya bisa lebih mahal dari bordir bikinan mesin.

Sentra botdir tasikmalaya terletak di Kecamatan Kawalu, kelurahan Tanjung(Air Tanjung) di mana di sepanjang jalan Air Tanjung, terdapat banyak perajin bordir tasik. Salah satunya adalah Ibu Hayati yang masih merupakan keturunan dari perintis bordir tasik.

Butik yang didirikan pun sudah memiliki karyawan cukup banyak dan rata-rata hasil kerajinan milik butiknya pun sudah ada yang dikirim ke luar negeri seperti negara Malaysia dan Brunei Darussalam. Di samping baju, kopiah, kebaya, jilbab, mukena, ternyata bordir yang dibuat di bengkel butik juga meliputi bordir kelom dan payung. Keren ya gansist. Sungguh kreatif banget. Hasilnya benar-benar sangat indah. Lihat saja hasil bordirannya di kebaya atau mukena, benar-benar mempesona dan mengundang decak kagum.

[COC Reg. Tasikmalaya] Bordir Tasikmalaya Cantik Mempesona

Sungguh, aset daerah yang benar-benar patut diacungin jempol. Karena banyaknya perajin bordir yang berada di tasikmalaya, menjadikan masyarakatnya bisa hidup dan mencukupi kebutuhan mereka sehari-hari.

Keahlian mereka membordir banyak benda yang berhubungan dengan fashion ini, benar-benar sangat layak dibanggakan. Hasil bordirannya pun sangat bagus dan bervariasi. Seperti dalam bordiran yang terdapat dalam payung di bawah ini.

[COC Reg. Tasikmalaya] Bordir Tasikmalaya Cantik Mempesona

Sungguh cantik bukan, sobat kaskus?colorfull banget sih menurut saya. Lihat juga bordiran di mukena, halus dengan banyak motif bunga. Benar-benar sangat indah.

Hal yang sama bisa dilihat juga pada berbagai kebaya yang memakai bordir tasik. Ada yang bermotif bunga, dengan ukuran bunga besar atau kecil. Ada juga yang memiliki motif bordir selain bunga. Benar-benar mempesona. Warna yang digunakan bervariasi, semua bisa diramu dalam padanan yang begitu mempesona.

Semoga, bordir tasik semakin maju ke depannya dan tetap mampu bersaing di pasar domestik ataupun luar negeri.

Demikianlah thread kali ini

Jangan lupa tinggalkan jejak indah berupa cendol, rating dan komen yang baik

BELAJAR BERSAMA BISA dan TERIMA KASIH


Referensi dan foto

di sini
Diubah oleh uliyatis 13-09-2020 23:23
rainydwi
trifatoyah
firsaf05
firsaf05 dan 10 lainnya memberi reputasi
9
685
30
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Tasikmalaya
Tasikmalaya KASKUS Official
573Thread182Anggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.