• Beranda
  • ...
  • Health
  • Work From Home Tren Bekerja Saat Pandemi Covid19, Akankah Seterusnya?

mamaproduktifAvatar border
TS
mamaproduktif
Work From Home Tren Bekerja Saat Pandemi Covid19, Akankah Seterusnya?


Pandemi Covid19 sudah berlangsung lama di negara kita Indonesia ini. Mulai dari pemerintah mengumumkan per awal bulan Maret 2020 kini sudah semakin banyak kasus warga terkena virus corona. 

Untuk menghindari dan meminimalisir penyebaran virus corona ini, maka pemerintah Indonesia telah memberlakukan social distancing dan physical distancing. Nyatanya, masih banyak saja masyarakat yang tetap ke luar rumah dikarenakan kondisi ekonomi. 

Bagaimana tidak? siapa yang akan memberikan makan keluarga di rumah oleh seorang pedagang keliling? namun pintu-pintu atau gerbang perumahan di tutup dan tidak diijinkan untuk masuk. Padahal langganannya berada di perumahan tersebut.


Oleh karena itu banyak sekali orang-orang yang terdampak pandemi secara langsung maupun tidak  langsung dengan beralih profesi.

Terkait hal itu banyak perusahaan yang akhirnya memutuskan untuk bekerja dari rumah seperti biasa agar pekerjaan kantor tidak terbengkalai. Suka tidak suka mau tidak mau perubahan drastis terjadi dan adapatasi pekerjaan harus dilakukan. 

Perbedaan  bekerja sebelum pandemi: 
1. Berangkat pagi pulang sore
Setiap orang bekerja ke luar rumah ada jam kantornya misalnya bekerja sehari 8 jam.  berangkat dari rumah pagi pulang saat sore hari. Pada umumnya sudah tidak pekerjaan lagi dirumah karena sudah diselesaikan semua di kantor.

2. Rapi
Pergi ke kantor harus rapi menggunakan seragam kantor. No asal-asalan karena biasanya selalu ada penilaian baik langsung atau tidak dari lingkungan tempat bekerja.

3. Bertemu dengan banyak orang
Bekerja di luar rumah pastinya akan bertemu dengan banyak orang, terkhusus teman-teman di kantor. Minimal jika ada kesulitan dalam jobdesk pekerjaan ada teman yang bisa diajak diskusi secra langsung.

Bekerja di rumah setelah pandemi: 
Work from home seakan menjadi familiar di masa pamdemi ini. Entah nanti di masa yang akan datang akan menjadi tren atau tidak karena ternyata banyak pekerjaaan yang masih bisa dilakukan di dalam rumah dan hanya hari-hari tertentu saja ke luar rumah. 




1. Santai 
Bekerja dari rumah bisa dikatakan santai loh. Kenapa disaat meeting hanya di depan laptop tanpa memperhatikan penampilan. Banyak kan kasusnya atasan nya kemeja rapi bawahannya celana pendek. 

Dimana disaat zoom meeting hanya memperlihatkan tu uh bagian atas, itu pun bisa juga dengan mematikan akmera pada laptop karena hanya orang-orang tertentu saja yang biasanya bicara di dalam forum meeting.

2. Standby terus
pengalaman dari suami yang bekerja work from home adalah harus stand by depan alptop dan gadget. Pasalnya, jika ada telepon atau pesan masuk yang tidak segera dibals bisa dikatakan mangkir terlebih apabila dihubungi saat jam kantor. so, masih seperti layaknya kerja di kantor, bahkan pernah seharian di dalam kamar keluar hanya untuk shalat dan ke toilet. 

3. Stress
Tidak bisa dipungkiri bekerja di rumah cepat atau lambat akan membuat stress para pekerja. Ruangan yang digunakan hanya sebatas kamar atau rumah yang hanya itu-itu saja. Secara tidak langsung akan membuat cepat jenuh, sedangkan pekerjaan dikerjar deadline harus dikerjakan saat itu juga. Tidak ada teman diskusi secara langsung menjadi salah satu faktornya. 


Before after bekerja karena pandemi memberikan dampak perubahan dan adaptasi yang sangat signifikan. Pasalnya jika hal pandemi virus ini terjadi saat zaman internet susah diakses, mana mungkin akan ada work from home. Dengan adanya teknologi canggih seperti sekarang ini apa-apa bisa terhubung secara cepat lewat online baik itu keputusan, diskusi atau membicarakan pekerjaan lainnya hanya lewat video conference, mudah bukan? 

Bisa jadi work from akan menjadi pilhan efektif bahkan utama yang bisa dilakukan setelah pandemi bahkan bisa saja menjadi tren loh gansis. Kenapa? bayangkan saja gansis tidak perlu repot-repot datang setiap hari untuk ke kantor,  hanya disaat ada hal-hal penting saja yang harus diselesaikan juga bisa menghemat ongkos transportasi, lebih hemat bukan?

Terkadang masih banyak perusahaan-perusahaan yang menyewa gedung untuk menjadi kantornya. Bisa saja dengan pilihan work from home menyewa gedung tidak akan lagi terjadi karena bisa dilakukan di tempat yang lebih kecil atau di rumah saja, Hal itu akan menjadi hemat secara finasial untuk sebuah perusahaan bukan?

Faktanya work from home memudahkan para karyawan, tetap bisa berkumpul dengan keluarga di rumah, meminimalisisr terhindar dari virus corona, yang pasti bekerja berjalan efektif seperti biasanya.

Oleh karena bekerja pindah ke rumah menjadi gaya hidup baru dengan adaptasi pandemi seperti ini:

1. Jaga silaturahim
Tidak bertemu teman-teman secara fisik bukan berarti tidak bertemu secara online bukan? selalu terhubung dengan teman-teman di kantor bisa dengan sambungan telepon, video call agar tidak makin stress dan bisa bertukar pikiran masalah pekerjaan.

2. Makan sehat
Makan sehat dan bergizi merupakan hal penting. Walaupun agan sista tetap di rumah namun jika kurang asupan makanan bergizi akan membuat kondisi kurang sehat.

sumber
Cukupilah kebutuhan tubuh dengan banyak makan sayuran dan buah-buahan. Kalau perlu minum herbal seperti saffron kashmir bisa jadi salah satu pilihan atau minum vitamin lainnya.

3. Olahraga teratur
Sempatkan diri untuk berolahraga agar bekerja di rumah tetap dalam kondisi bugar.

4. Berjemur
Selain olahraga berjemur dibawah sinar matahari pagi selama 10-15 menit menjadi kebiasaan baru setelah ada pandemi ini.
Quote:

5. Istirahat yang cukup
Terkadang bekerja dari rumah menjadikan kerja sampai larut malam dikarenakan aktivitas video conference berkali-kali dalam sehari, deadline yang haris dikumpulkan besok mengharuskan lembur.

Namun bukan berarti kaskuser tidak bisa istirahat cukup dengan menggerakkan tubuh sebelum tidur dan minum air putih bisa membuat tidur menjadi deep sleep.

Dengan adanya pandemi kesadaran akan mengkonsumsi makanan sehat dan bergizi, olahraga secara teratur, silaturahim dengan teman-teman via online, istirahat yang cukup dan berjemur dibawah sinar matahari pagi merupakan salah satu perubahan gaya hidup yang wajib dilanjutkan.

Selain itu menggunakan masker jika bepergian, membawa hand sanitizer atau cuci tangan dengan sabun, membawa alat makan dan minum sendiri di rumah juga hal-hal baik yang harus dilakukan tidak hanya saat pandemi saja, semoga menjadi kebiasaan semua orang. Karena kebiasaan baik tidak boleh berhenti sampai berakhirnya pandemi.

Bagaimana gansis apakah lebih senang bekerja di kantor ataukah memindahkan kantor ke rumah? Yuk diskusi di kolom komentar dengan santuy. Kaskuser bijak selalu ninggalin jejak.  

Sekian thread kali ini, semoga bisa mewakilkan para pekerja yang bekerja di rumah. semoga bermanfaat. Sampai bertemu di thread ane selanjutnya. Belajar bersama bisa dan terimakasih.


Penulis: @mamaproduktif
Referensi: 1, 2, 3, 4,5, 6, 7, 8
Diubah oleh mamaproduktif 08-09-2020 13:07
indramamoth
embunsuci
tien212700
tien212700 dan 20 lainnya memberi reputasi
19
4K
111
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Health
HealthKASKUS Official
24.6KThread10KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.