Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

  • Beranda
  • ...
  • Tanaman
  • Jarang Diketahui, Begini Cara Menanam Benih Dengan Proses Stratifikasi Dingin

sllzAvatar border
TS
sllz
Jarang Diketahui, Begini Cara Menanam Benih Dengan Proses Stratifikasi Dingin


Di thread ini ane akan berbagi pengalaman pribadi + pertama kalinya menanam benih/biji tanaman dengan metode stratifikasi dingin.

Spoiler for Apa itu stratifikasi dingin?:


Spoiler for Apa itu dormansi?:



Contoh tanaman yang melalui fase dormansi

Spesies tanaman yang tumbuh di iklim subtropis umumnya harus melalui fase ini, misalnya Maple, Sakura, Ume, Ginkgo, dan lain sebagainya.


Bagaimana proses stratifikasi dingin?

Dalam proses stratifikasi dingin, pembudidaya tanaman komersil umumnyanya membangun ruangan khusus untuk menciptakan suhu/temperatur yang serupa dengan alam liar benih itu berasal (setiap benih memiliki suhu alam yang berbeda-beda). Sedangkan untuk individu/perorangan bisa menggunakan lemari es/kulkas untuk mensimulasikan suhu dingin.

Tentu saja, pembudidaya tanaman komersil akan menggunakan beragam alat bantu untuk menekan pertumbuhan benihnya, misalnya alat pengukur temperatur dan alat pengecek kadar tanah/media tanam yang pada akhirnya keberhasilan perkecambahannya pun bisa dipastikan lebih tinggi dibandingkan individu yang mengandalkan perkiraan.

Proses stratifikasi dingin ini akan memakan waktu yang cukup lama, mulai dari 2 minggu hingga 6 bulan (tergantung spesies benih), dan dengan temperatur ideal antara 0 °C hingga 5 °C (tergantung dari spesies benih).


Bagaimana cara melakukan stratifikasi dingin dirumah?

Untuk pembudidaya tanaman komersil, stratifikasi dingin mungkin bukan lagi hal yang sulit, namun untuk individu tentu perlu banyak persiapan sebelum melakukannya. Persiapan yang ane maksud adalah memiliki informasi secara mendetail tentang habitat asli benih itu berasal dan mengeksplorasinya lagi untuk mencari tahu angka dari suhu musim dingin disana dan periodenya. Informasi mengenai tanaman kini mudah ditemukan di internet, misalnya dari Wikipedia atau situs-situs Plant Database.Hmm... agak merepotkan ya emoticon-Big Grin

Dilain sisi, hal ini mungkin akan menjadi tantangan atau keseruan tersendiri bagi penggemar tanaman untuk mencobanya. emoticon-2 Jempol

Ane anggap gan/sis sudah paham ya apa yang dimaksud stratifikasi dingin ini, jadi kita akan lanjut ke sesi praktik stratifikasi dingin dirumah.


1. Persiapan

a.) Benih/Biji tanaman subtropis
b.) Tissue
c.) Wadah kedap udara
d.) Lemari Es/Kulkas
e.) Spray + Air


Benih Cypress | Foto Dok. Pribadi


INFO:Benih tanaman subtropis bisa didapatkan dengan membelinya di olshop/marketplace dalam maupun luar negeri.

Tapi, jika gan/sis tidak mau repot-repot membeli benihnya bisa menggunakan benih dari buah Pir (Pyrus communis), Kesemek (Diospyros kaki), atau Apel Manalagi (Malus sylvestris). Ketiga buah tersebut memiliki benih yang harus melalui fase dormasi sebelum berkecambah. Artinya, kita bisa lakukan stratifikasi dingin kepada benih buah tersebut.


2. Seleksi Benih

Penyeleksian benih sama seperti yang umum kita lakukan, yaitu dengan merendamnya di dalam air selama 6-24 jam kemudian mengambil benih yang tenggelam (yang mengapung = rusak/tidak akan berkecambah).


Penyeleksian Benih | Foto Dok. Pribadi


Setelah benih terpilih sudah diangkat dari air, cuci lagi hingga bersih dengan air kemudian tiriskan dan susun diatas tisu lembap setebal 3-4 lembar.


Menyusun Benih Di Tisu | Foto Dok. Pribadi


Untuk melembapkan tisu bisa disemprot pakai spray ringan atau mencipratkan air secupnya, dan jangan sampai air menggenang di tisu. Selain tisu, bisa juga memakai vermiculite yang dicampur dengan moss.

Selanjutnya lipat/gulung tisu dan masukkan ke dalam wadah kedap udara.


Menggulung Benih Dengan Tisu | Foto Dok. Pribadi


Dalam praktik ini ane memakai benih Cypress/Sanobar (Cupressus sempervirens), masih kerabat dekat Cemara-Cemaraan (Juniperus sp.).


3. Simpan Di Lemari Es

Penyimpanan benih di dalam lemari es tergantung spesies benih yang gan/sis punya. Seperti yang ane bilang sebelumnya, untuk melakukan penyimpanan ini gan/sis perlu mengetahui secara detail informasi tentang habitat spesies benihnya agar dapat mengetahui berapa angka temperatur yang diperlukan dan berapa lama periodenya.


Menyimpan Benih Di Lemari Es | Foto Dok. Pribadi


Ane menghabiskan waktu 2 minggu/14 hari saat menyimpan benih cypress di kulkas (seharusnya 3 minggu menurut panduan di sfgate). Waktu yang terbilang singkat, karena ane juga baru pertama kalinya dan rasa tak sabar mempengaruhi. Alhasil, beberapa benih tidak berkecambah karena kurang lama di dalam kulkas. emoticon-Frown


4. Menanam Benih

Langkah terakhir adalah menanam benih di tanah, baiknya menanam benih dengan tanah yang sesuai/mendekati karakteristik tanah seperti di habitat benih itu berasal. Tidak semua spesies benih menyukai tanah yang gembur dan kaya nutrisi, beberapa spesies tanaman justru perlu tanah pegunungan/vulkanik, tanah berkapur, tanah netral, dan varian jenis tanah lainnya untuk bisa berkecambah.

Karena ane menggunakan benih cypress, jadi ane pakai tanah kebun biasa yang berat/lengket dan pasir sebagai lapisan atas sesuai dengan tempat mereka berasal.


Menanam Benih | Foto Dok. Pribadi


Tanah berat berfungsi menyimpan air dalam waktu yang lama dan pasir memberikan kehangatan ketika tersorot sinar matahari.


5. Tunggu Benih Berkecambah

Umumnya, benih yang sudah melalui proses stratifikasi dingin akan berkecambah dalam waktu 2-8 minggu.


Kecambah Cypress Usia 2 Bulan | Foto Dok. Pribadi


Foto diatas adalah kecambah cypress berumur sekitar 2 bulan dari penanaman benih. Cypress sebagai jenis pohon konifer memang tergolong tanaman yang punya pertumbuhan lambat, namun usia pohonnya sangat panjang/ribuan tahun.

Tak terasa 6 bulan berlalu, kecambah sudah mulai menjadi bibit pohon dan menunjukkan daun jarumnya yang berwarna hijau-kebiruan.


Bibit Cypress Usia 6 Bulan | Foto Dok. Pribadi


Diatas adalah penjabaran dari pengalaman pribadi dan pertama ane menanam benih tanaman dengan stratifikasi dingin. Bilamana ada kesalahan atau langkah yang terlewat, dipersilahkan untuk gan/sis yang lebih berpengalaman memberikan koreksinya. emoticon-Smilie


Sumber : Pengalaman Pribadi
Diubah oleh sllz 21-10-2023 05:18
betiatina
cheria021
tien212700
tien212700 dan 5 lainnya memberi reputasi
6
3.3K
18
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Tanaman
TanamanKASKUS Official
3.9KThread2.4KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.