• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Gurun Antartika Luasnya Lebih 13 Juta km² Loh, Gurun Sahara Tidak Ada Apa-Apanya!

batzforumAvatar border
TS
batzforum
Gurun Antartika Luasnya Lebih 13 Juta km² Loh, Gurun Sahara Tidak Ada Apa-Apanya!
emoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Gan

Welcome to my Thread!!!




Apa yang ada dipikiran kalian jika disuruh menyebutkan gurun paling luas di dunia? Pasti rata-rata dari kalian akan menyebutkan Gurun Sahara. Memang luas sih, tapi Gurun Sahara bukanlah yang paling luas di dunia ini. Kenapa? Simak jawabannya di bawah ini.


Sebelum membahas tentang gurun paling luas di dunia, ane akan memberikan beberapa pemahaman tentang apa yang dimaksud dengan gurhn terlebih dahulu. Di dalam KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) gurun didefinisikan sebagai padang luas yang tandus. Dalam hal ini gurun memiliki arti sebagai daerah yang curah hujannya sangat sedikit, sehingga wajar saja kalau tandus.




Dari pengertian tersebut, dapat disimpulkan bahwa Gurun Sahara bukanlah gurun paling luas di dunia ini. Jadi gurun apa yang paling luas? Tentu saja Gurun Antartika. Aneh kan? Kok bisa benua es disebut gurun? Tentu jawabannya kembali lagi kepada apa itu definisi dari gurun dan tergantung dari apa pertanyaannya. Jadi yang harus kita pahami disini adalah gurun itu tidaj selalu kering dan panas seperti yang selama ini kita bayangkan.


Jika dilihat secara ukuran luas, Gurun Sahara memiliki luas sekitaran 9 juta km persegi, sedangkan Gurun Antartika memiliki luas mencapai 13 juta km persegi. Dengan luas tersebut, tentu sudah terlihat jelas bahwa Gurun antartikalah yang paling luas.




Gurun Antartika termasuk kedalam klasifikasi gurun dikarenakan gurun memiliki beberapa jenis berdasarkan lintas lokasi. Ada gurun kutub seperti Gurun Antartika ini, lalu ada gurun subtropis, gurun musim dingin, gurun pasir dan lainnya. Maka dari itu jika ada pertanyaan gurun apa yang paling luas di dunia, maka jelas jawabannya adalah Gurun Antartika. Sebaliknya jika ada pertanyaan gurun pasir mana yang paling luas di dunia, tentu jawabannya Gurun Sahara.


Jadi ini seperti kembali kepada kefokusan diri kita saat ditanya sih. Apa yang ditanya, itulah yang harus dicerna dan dijawab dengan baik dan benar. Bagaimana menurut agan sista?
Semoga thread ini dapat bermanfaat bagi kita semua dan dapat menjadi acuan diskusi kita semua.




Sumber referensi : Tulisan pribadi, dari sinidan dari sini
Sumber gambar : Google images

emoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Gan
rizkifadhilah09
b4breakk
rony25
rony25 dan 30 lainnya memberi reputasi
25
6.4K
94
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.7KThread82.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.