Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

  • Beranda
  • ...
  • Tanaman
  • Menanam dan Merawat Rhaphidophora Tetrasperma Ternyata Mudah Lho, Begini Caranya!

dalledalmintoAvatar border
TS
dalledalminto
Menanam dan Merawat Rhaphidophora Tetrasperma Ternyata Mudah Lho, Begini Caranya!


Rhaphidophora Tetrasperma

Menanam dan Merawat Rhaphidophora Tetrasperma Ternyata Mudah Lho, Begini Caranya!

Assalamualaikum wr wb.
Mumpung di rumah, kegiatan apa yang gansis lakukan? Apa ada yang suka bercocok tanam, menanam tanaman hias seperti TS?

Bercocok tanam, merupakan salah satu hobi yang sangat membahagiakan. Bisa merefresh otak. Juga bisa menyegarkan dan menyejukkan pandangan.

Rumah yang asri dengan banyak tanaman hiasnya membuat betah di rumah. Udara tidak berasa gerah. Apalagi pas berbunga, semakin menarik hati.

Menanam tanaman hias tidak lah harus yang mahal. Percuma saja menanam tanaman yang mahal kalau nggak terurus, nggak terawat. Hanya buang-buang duit saja.

Tanaman hias yang murah meriah pun kalau dirawat dengan baik dan benar akan menjadi indah dan sedap dipandang. Plus perawatannya pun tidak ribet.

Seringnya, tanaman hias selalu mengikuti trend. Dulu sempat booming tanaman hias gelombang cinta. Tak main-main harganya ada yang puluhan juta, bahkan sampai ratusan juta. Kemboja Jepang pun juga sempat hit.

Baiklah, di sini TS ingin memberikan rekomendasi tentang tanaman hias yang lagi hit. Menanam tanaman hias tidak terlalu ribet dalam perawatannya, asalkan gansis tahu betul karakteristik dari tanaman hias tersebut.

Tanaman hias yang ingin TS bahas adalah Rhaphidophora Tetrasperma. Sulit, ya, penyebutannya. Tenang gansis, meskipun namanya belibet tetapi nggak seribet namanya kok dalam perawatannya.

Menanam dan Merawat Rhaphidophora Tetrasperma Ternyata Mudah Lho, Begini Caranya!

Tau nggak gansis, tanaman Rhaphidophora Tetrasperma ini berasal dari negara tetangga kita lho. Tanaman hias ini ditemukan berasal dari Malaysia dan Thailand Selatan.

Keindahan tanaman terletak pada daunnya yang terbelah seperti jari-jari. Tumbuhnya pun merambat. Jadi, jika menanam Rhaphidophora Tetrasperma ini harus ada tiang perambatannya.

Gansis ada yang ingin menanam tanaman ini? Berikut tips dan trik yang gansis perlu ketahui dalam menanam Rhaphidophora Tetrasperma.

1. Pencahayaan.
Tanaman ini tidak suka terpapar sinar matahari secara langsung. Jika gansis pingin menanam di luar rumah/ruangan sebaiknya dikasih pelindung sinar matahari misalnya, jaring peneduh di atasnya.

Memang Rhaphidophora Tetrasperma ini cocok dijadikan hiasan di dalam ruangan. Namun, ia tetap butuh sinar matahari untuk bisa tumbuh dengan baik. Gansis bisa meletakan tanaman ini di dekat jendela.

Menanam dan Merawat Rhaphidophora Tetrasperma Ternyata Mudah Lho, Begini Caranya!

2. Media tanam.
Jika gansis ingin menanam media tanam pun sangat mudah. Hanya tanah biasa yang campur dengan arang/sekam dan batu kecil, serabut kayu anggrek.

Rhaphidophora Tetrasperma, suka tempat hidup yang tidak terlalu basah, dan tidak terlalu kering. Cocok pada media tanam yang lembab(tidak basah dan tidak kering)

Penyiraman pun jangan terlalu sering, asal lembab saja. Jika terlalu basah, akar bisa mengalami pembusukan.

3. Tahan hama
Sebenarnya tanaman ini cukup kuat dan tahan terhadap hama penyakit. Biasanya yang suka mengganggu adalah laba-laba kecil yang membuat sarang di balik daun. Untuk itu gansis, harus rutin mengeceknya, bisa seminggu sekali.

4. Pemupukan.
Sebaiknya menggunakan pupuk yang seimbang dan berkualitas tinggi. Kenapa? Karena Rhaphidophora Tetrasperma, akarnya sangat sensitif dan rentan dengan pupuk. Jika pemberian pupuk yang sembarangan akarnya bisa 'lanas' atau terbakar dan tanaman bisa layu, lama-kelamaan bisa mati.

5. Melakukan perbanyakan.
Jika gansis ingin memperbanyak tanaman ini pun cukup mudah. Gansis, tinggal memotong sekitar dua ruas daun, lalu ditanam di dalam polibag atau pot. Atau bisa menggunakan media air, stek-an tadi dimasukan ke dalam gelas. Tunggu 2-3 minggu sampai akarnya keluar, lalu pindah ke pot atau polibag. Mudah, kan!

Menanam dan Merawat Rhaphidophora Tetrasperma Ternyata Mudah Lho, Begini Caranya!

Gimana, gansis. Mungkin ada yang tertarik untuk menanam Rhaphidophora Tetrasperma untuk penghias ruangan rumah kalian. Menurut TS sih cukup gampang dalam perawatannya.

Merawat tanaman hias dengan hati, pasti hasilnya juga mampu menyenangkan dan memuaskan hati.

Demikian thread dari TS, tentang tanaman hias yang bernama Rhaphidophora Tetrasperma. Semoga bermanfaat dan menginspirasi. Wassalamu'alaikum wr wb.

Penulis: @dalledalminto
Sumber: opini pribadi
Referensi tulisan dan gambar: klik1 klik2

Diubah oleh dalledalminto 11-09-2020 11:38
betiatina
NilamSudiati
tien212700
tien212700 dan 41 lainnya memberi reputasi
42
8.4K
115
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Tanaman
TanamanKASKUS Official
3.9KThread2.4KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.