onee643Avatar border
TS
onee643
14 Wawasan Wajib Tentang Survei Online Yang Kamu Perlu Tahu!
Hai kawan-kawan semua! Agan, sista, bro, bray, om, tante, kakek, kesemua pembaca beragam umur dan jenis kelamin.

Kali ini sama seperti beberapa thread yang lain, saya cuman ingin berbagi informasi. Pada kesempatan ini terkait beberapa kawan yang suka menambah uang jajan melalui beberapa aplikasi atau website survey, lokal maupun luar negeri.


Gambar nyolong dari sini.

Banyak banget kalau kita tahu, yang namanya startup survei, bisa berbentuk aplikasi maupun website, baik luar maupun dalam negeri yang menjanjikan kita reward tertentu (biasanya berupa rupiah).

Namun ada beberapa poin yang mungkin beberapa kawan masih penasaran. Utamanya yang masih awal-awal mencoba.

Pastinya ada dong kepo tertentu mengenai startup survei seperti ini? Nah siapa tahu berapa poin tersebut bakal kejawab setelah membaca ulasan saya ini.

Met menyimak ya guys!

-----------


Survei di dunia maya banyak ragam, ikuti sebanyak mungkin sebisanya
Tidak hanya lokal tapi survei luar negeri. Di play store banyak tersedia. Apalagi di website bebas. Kita bisa memilihnya. Mana yang ingin diikutin, mana yang ogah.

Kalau memilih survei yang di play store, bisa muncul ketika kita menuliskan keyword tertentu seperti "survey online" atau dengan kata lain senada seperti "survey dibayar".



Seperti screenshot di atas. Cukup dengan keyword survei aja sudah keluar banyak.

Tapi jangan lupa, pelajari dulu. Kalau playstore biasanya ada review dari para pengguna yang sudah mencoba. Coba simak satu persatu ulasan mereka. Adapun ulasan yang baik, bisa dicermati. Kalau ada ulasan yang jelek, silakan dicoba, dipertimbangkan ulang, atau pun beralih ke website umum untuk mencoba ulasan dari para pengguna yang lain.



Seperti screenshot di atas. Bisa saja anda melakukan kroscek aplikasi survey tertentu tapi mau minta bantuan Google untuk search.

Kalau boleh saran hal ini tolong dilakukan dengan baik. Takutnya kita sudah bergabung dengan aplikasi atau website software tertentu tetapi ternyata enggak menjanjikan. Entah dalam segi performa, ataupun nantinya akan bermasalah bisa disurvey maupun saat rendeem koin (tumpukan reward sementara yang dikumpulkan setelah mengerjakan survei) menjadi hadiah.

Quote:


Survei yang muncul nggak setiap hari datang
Perlu diketahui bahwa start up survei baik aplikasi maupun website mempunyai customer baik itu lembaga profit (seperti perusahaan komersial) ataupun lembaga non profit (seperti lembaga yang handle kegiatan sosial, maupun lembaga pemerintahan dan swasta lain yang non profit).

Ketika dua macam lembaga tersebut mau memakai jasa lembaga survey terkait, dan dananya udah masuk (namanya juga pemilik survei adalah lembaga profit yang menjual jasa survey untuk kepentingan lembaga profit maupun non profit terhadap topik tertentu, misalkan bagaimana mindset orang-orang mengenai produk yang dijual perusahaan) barulah lembaga survei melakukan kerjanya,dan mereka menelurkan survei kepada kita sebagai koresponden alias anggota survei terkait.

Kalau ada yang memakai jasa mereka, barulah survei muncul. Kalau belum ada ya belum ada survei yang bakal appears. Itulah mengapa banyak keluhan pengguna survei mengapa survei nggak keluar setelah ditunggu-tunggu lama. Makanya saya sarankan mengikuti nggak hanya satu atau dua macam survei saja di aplikasi ataupun website. Banyakin aja ikut berbagai survei.

Wajib buka aplikasi atau website survey, sesering mungkin minimal 1 hari sekali
Kalau tidak ingin melewatkan kesempatan yang ditawarkan oleh startup survei terkait.

Perlu diketahui, biasanya ketika ada survei baru, maka notification alias pengingat akan masuk ke email kita (pemberitahuan ke inbox kalau ada survei baru masuk). Kemudian cara mereka kedua, selain email masuk, notification bahwa ada survei baru akan muncul di aplikasi.

(berupa tanda tertentu seperti titik merah atau memang muncul di beranda layar handphone, layaknya game jika ada update, seperti email bila ada yang masuk, atau sosial media yang ada pesan maupun komentar orang lain semua akan memunculkan notifikasi di layar handphone)


Nggak semua notifikasi bakal masukin email seperti notifikasi yang ada di email saya ini. Kadang muncul di layar HP. Sering-sering nya malah gak muncul sama sekali.

Tapi saran saya kita tidak bisa memegang reminder seperti ini. Karena menurut pengalaman saya, memang beberapa survei kalau muncul bakal ada notification di inbox email. Beberapa juga bakal muncul sebagai notifikasi reminder di layar HP. Tapi banyak juga survei yang tidak muncul di keduanya. makanya itu kita harus sering-sering membuka aplikasi atau website survey minimal sehari sekali.

Siapa tahu ada survei tapi kita kelewatan.

Biasanya disuruh mengisi profil awal saat kita pertama kali bergabung di aplikasi atau platform survei: wajib dilengkapi
Karena tiap survei membutuhkan koresponden dengan karakter sesuai dengan topik yang diulas dalam survei.

Misalnya survei yang membutuhkan mengisi survei hanya jenis kelamin wanita (karena surveinya hanya tentang alat-alat make up), survei yang kriteria nya hanya bisa diisi oleh orang yang domisili di daerah tertentu (selain daerah yang dimaksud gak bisa, nggak memenuhi kriteria), maupun orang yang mempunyai hobi tertentu saja enggak semua orang bisa mengisi.

Biasanya survei terkait akan melakukan kroscek identitas berdasarkan profil seorang pengguna. Jika dirasa pengguna tersebut cocok, apakah survei akan masuk ke aplikasi dan menawarkan pengisian ke kita. Makanya profil harus diisi dengan baik. Dilengkapi.


Gambar nyolong dari tirto.id

Kalau tidak, kita akan kalah bersaing dengan koresponden lain yang mengisi profil mereka dengan lengkap. Bila seseorang merasa survei lama banget gak masuk, dan mereka gak nawarin kita, coba ingat-ingat jangan-jangan profil yang diminta diisikan oleh startup survei terkait belum kita isi dengan lengkap.

Quote:


Kalau survei nggak mau dibuka, mungkin saja karena kita bukan koresponden berkarakteristik tertentu yang mereka inginkan
Sesuai dengan poin sebelumnya, survei membutuhkan koresponden dengan karakter tertentu. Bisa jadi kita tidak memenuhi kriteria mereka.



Sama halnya ketika kita sudah melakukan klik ke salah satu survei, sempat loading lama, lalu nggak bisa dibuka. Beberapa survei komunikasi minta maaf. Kata-katanya seperti minta maaf anda tidak memenuhi kriteria yang kami inginkan.



Malah kadang beberapa survei tidak mengatakan apa-apa langsung aja out. Jangan kaget. Mungkin kriteria kita bukan yang seperti mereka inginkan.

Pada beberapa kondisi, kita masih bisa masuk dan mengerjakan survei. Namun setelah pertanyaan ke sekian sekian kali, tiba-tiba kita out. Artinya ada kemungkinan memang kita tidak sesuai kriteria yang mereka butuhkan. Dan parameter tidak kecocokan ini setelah pernyataan ke sekian sekian tersebut. Clickbait. Enggak cocok out.

Intinya tetap fokus dan konsisten dalam menjawab
Kejadian tiba-tiba out dengan sendirinya seperti pada poin sebelumnya, Ada juga kemungkinan. Ternyata pertanyaan yang sedang kita jawab tersebut adalah pertanyaan mengulang. Misalnya kita menjawab pertanyaan ke-15. Lalu kita tiba-tiba out sendirinya.

Bisa jadi pertanyaan yang kita jawab tersebut sama seperti pertanyaan yang awal-awal ke-3 atau ke-5, namun pertanyaan sebelumnya kita jawab A dan kali ini kita jawab B. Karena tidak match kita dianggap tidak lolos uji kelayakan survei. Makanya kita harus konsisten. Paling tidak harus jujur.

Terkadang pada saat kita bergabung dengan startup survei awal, banyak banget pertanyaan sebagai bentuk pengenalan mereka terhadap identitas diri kita ditemani beberapa pertanyaan kunci. Mohon konsisten dalam menjawab.

Biasanya survei tertentu bisa mengakses data identitas kita tersebut. Seperti pertanyaan simpel berapakah umur anda. Kita jawab seenaknya. Padahal tidak bisa akses ke database awal kita. Karena tidak match bisa aja tiba-tiba kita dianggap tidak layak untuk mengikuti survei tersebut.

Reward survey beragam melihat aplikasi atau website surveinya
Untuk aplikasi startup dari barat maupun websitenya biasanya menggunakan transfer saldo ke akun PayPal. Paling tidak kita harus mempunyai akun PayPal terlebih dahulu. Meskipun beberapa startup menyanggupi untuk transfer ke rekening bank yang kita miliki.

Kebanyakan lokal biasanya berupa voucher. Entah itu ke beberapa brand seperti Zalora, voucher pulsa, ataupun ke beberapa akun ewallet yang kita miliki.





Tergantung kepada jenis aplikasi atau startup website yang kita miliki. Beragam jenis.

Besaran reward yang diberikan oleh pihak survei ketika kita sudah menyelesaikan sebuah survei beragam
Tidak bisa kita semangat mengerjakan survei berharap hadiah yang besar. Kawan-kawan kita yang sering mengerjakan survei online pasti sudah hafal. Besaran ribet tergantung keribetan yang dirasakan saat mengerjakan survei.

Ada survei yang berdurasi cuma sebentar antara 1 sampai 5 menit. Ada pula survei yang durasinya 20 hingga 30 menit. Meskipun pada kenyataannya saat kita mengerjakannya, waktu yang dibutuhkan sangat lelah berlebih dari pada waktu prediksi.

Intinya semakin banyak pertanyaan dan semakin keras kita memeras otak maka reward survei makin besar.

Jangan remehkan survei, terkadang kita membutuhkan sedikit kuota berlebih, bahkan beberapa survei mensyaratkan untuk mengerjakannya di PC atau komputer
Kenapa kuota berlebih, karena yang pertama saking banyaknya pertanyaan. Artinya kita harus membuka banyak page/halaman dalam menjalankannya. Pastinya butuh kuota. Paling banter cuman beberapa Mega. Nggak usah kuatir nggak sampai giga atau ratusan mega.

Ada survei tersendiri yang meminta kita untuk melihat video klip. Entah iklan sebuah produk maupun klip lainnya. Kadang kala tidak hanya satu atau dua klip. Rentetan.

Seperti judul point ini, ada pula survei nggak mau dibuka kalau di mobile phone maunya hanya di PC. Jika menemukan survei seperti ini harap bersabar. Mohon ingat-ingat aja email kita dan password untuk mengakses website tersebut. Siapa tahu anda ingin membukanya di komputer.

Sabar dalam mengerjakan survey
Karena beberapa survei membutuhkan durasi lama untuk melengkapinya. Katanya prediksi waktu 5 menit. Padahal pertanyaannya banyak dan bisa habis hampir 10 menit. Seperti juga survey lainnya yang memprediksikan bisa dilakukan antara 20 sampai 30 menit. Pada kenyataannya lebih lama.


Seperti contoh screenshot salah satu aplikasi survei yang saya ikuti selama ini.

Pertanyaan kadang banyak banget. Tabel, kolom, memperbandingkan produk ini dan itu dalam banyak segi. Ruwet. Kompleks. Belum lagi kalau disuruh melihat clip iklan misalnya. Tidak hanya satu atau dua tapi beberapa klip sekaligus. Pasca per satu klip ada ulasan dan beberapa pertanyaan yang harus kita jawab. Dan di situ kita tidak boleh menjawab yang keluar konteks. Durasi yang diperlukan antara 30 sampai 40 menit. Sabar. Koinnya banyak. Bertahanlah!

Hati-hati ada aplikasi atau website survei yang rewel
Artinya kita harus standby layar kita membuka survey yang kita kerjakan. Kalau kita keluar dari layar pengerjaan survei, misalkan untuk mengecek Instagram, atau sekedar pesan WhatsApp yang masuk, jika agak lamaan dikit maka survei akan logout dengan sendirinya kita dianggap gagal mengisi.

Tentu tidak semua survei demikian. Ada yang rewel ada juga yang nggak. Tapi untuk kehati-hatian, silakan standby menyelesaikan survei dahulu. Adapun keperluan yang mendesak bisa dilakukan sesingkat mungkin.

Saya rasa setiap halaman survei mempunyai limit time tersendiri. Ada yang sebentar ada yang lama. Jika anda terlalu lama meninggalkan page/halaman survei, bukan tidak mungkin dia akan logout dengan sendirinya dan kita kehilangan kesempatan untuk mengisi dan mendapatkan reward.

Merasa bayaran survei sedikit?
Misalkan setiap survei hanya mendapat 5 atau 10 poin. Survei agak panjang bisa mendapat 15/20 poin. Padahal penukaran paling sedikit harus 500 poin itu pun mendapat pulsa hanya 10k.

Atau mengerjakan survei hanya mendapat 100 koin. Terkadang cuman 40 koin. Padahal untuk mendapatkan pulsa saja 10k harus menukarkan sejumlah koin sebesar 12000 koin.

Merasa reward nggak sebanding dengan jerih payah yang sudah kita keluarkan?

Saya hanya ingin ucapkan selamat datang di dunia maya. Perlu kita ketahui konsep pendapatan di dunia maya dari aplikasi atau website seperti ini tergantung pada kebijakan masing-masing start up atau aplikasi ataupun sebuah website.

Ada kode etik yang kebanyakan orang sudah tahu, terutama orang-orang yang sudah berselancar di dunia maya sekian lama. Yaitu konsep pendapatan alias income di mana sedikit-sedikit lama-lama menjadi bukit. Sabar aja. Tekuni, konsisten, serta fokus dalam setiap pekerjaan. Ingat ingat bahwa di dunia ini tidak ada yang gratis. Kita harus berpeluh payah dulu baru mendapat sebuah hasil dari berangkat dari pengorbanan yang kita lakukan.



Surveinya jarang jarang muncul penawaran. Kadang muncul kita pun seringkali tertolak karena tidak cocok secara karakter dengan koresponden yang mereka inginkan. Mendapat kesempatan untuk mengisi survei pun poinnya nggak begitu banyak. Belum lagi sudah banyak pertanyaan yang sudah dijawab, ternyata di tengah-tengah survei mereka meminta maaf karena kuota sudah penuh.



Ya begitulah mencari rezeki di dunia maya. Sedikit-sedikit lama-lama menjadi bukit. koin meskipun hanya beberapa tapi kalau kita kumpulkan pasti banyak juga. Meskipun nunggu beberapa hari atau beberapa minggu maupun bulanan. Kerja keras Bray.

Ini dunia maya. Intensitas sangat mempengaruhi. Minim intensitas minim pendapatan. Dan sebaliknya. Intensitas makin tinggi maka pendapatan bisa mengikuti.

Quote:


Survey online: siapa cepat dia dapat
Kalau ini mah udah rahasia umum. Setiap survei ada yang membutuhkan banyak koresponden. Sebaliknya ada pula survei (rata-rata survei yang beredar di pasaran) hanya membutuhkan koresponden yang limit. Misalkan kuota untuk 100 orang, 50 orang saja, atau lebih kecil. Atau bahkan lebih besar. Makanya siapa cepat dia dapat.

Jadi jangan heran kalau pada ulasan sebelumnya Saya menyarankan untuk membuka aplikasi atau website sehari sekali. Siapa tahu keduluan orang lain. Padahal surveinya waktu itu simple banget dan kita bisa menjadi koresponden. Sayang kan?


Mindset dalam ketergabungan terhadap platform survei tertentu dan stereotip dalam pengerjaannya
Saya hanya sebatas memberi saran. Tidak berusaha untuk menggurui. Tapi antara bad and good, saya hanya bisa menawarkan untuk merubah pemikiran kita saat bergabung dengan website atau aplikasi survei dan pikiran yang muncul di benak selama mengerjakannya.

Alangkah baiknya tidak hanya koin yang kita kejar. Sadari saja bahwa kita telah berkontribusi.

Misalnya lembaga profit seperti perusahaan tertentu yang memakai jasa startup terkait untuk riset pasar.

Artinya kita telah berkontribusi terhadap perusahaan tersebut mengenai produk yang mereka pasarkan. Kita bantu mereka berkembang. Bagaimana pangsa pasar, riset produk yang diminati pasar, dan segala hal tentang bisnis. Ada jasa yang telah kita torehkan untuk kemajuan mereka.Meskipun dengan cara tidak langsung. Harusnya kita ada kebanggaan kecil di dalam hati. Sumvach.

Apalagi lembaga non profit seperti lembaga sosial tertentu yang bergerak di bidang kemanusiaan misalnya. Beri contoh saja seperti penanganan limbah plastik, atau sebentuk support terhadap penghijauan hutan.

Meskipun hanya dalam bentuk survei, kita tidak bertatap muka langsung, maupun melihat bagaimana jibaku mereka dalam melakukan kegiatan sosial, artinya kita telah membantu mereka sedikit atau banyak dalam dunia kemanusiaan maupun social aspect yang senada. Sesuai dengan topik survei yang mereka ajukan.

Namun di satu sisi sebagai manusia biasa pula saya tidak menampik, memang ada sekelumit keinginan untuk mendapatkan reward tertentu berupa pulsa atau voucher maupun hadiah dalam bentuk lainnya sebagai penghargaan atas jerih payah kita.



Tapi seenggaknya mindset seperti yang saya sarankan diatas bertengger di dalam benak saat mengerjakannya. Kita udah bantu sesama. Dengan cara-cara yang mereka harapkan. Meskipun tidak langsung. Dan mereka menghargai jerih payah pikir kita dalam bentuk reward meskipun kecil.

------------


Nah itulah beberapa alasan serta satu atau dua screenshot yang saya lakukan kan di beberapa history (tidak semua nanti abis abisin tempat, beberapa aja) akun survei online saya.

Semoga bisa diambil manfaat.

Selalu semangat. Ingat-ingat peribahasa dikit-dikit lama-lama jadi bukit. Kalau ingin yang agak banyak income, ya kejar dunia nyata, atau kejar bisnis online lainnya seperti jualan online, blogger, youtuber, banyak nulis kesana kemari dunia maya maupun nyata, dan masih banyak pilihan lainnya.

Akhir kata selamat beraktifitas, semoga dijaga Tuhan selalu dimanapun kapanpun baik selama di dunia maupun afterlife.






Furqon643



Sumber: pengalaman pribadi.
eriksa
hoorray
m4ntanqv
m4ntanqv dan 16 lainnya memberi reputasi
15
3.6K
85
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923KThread83KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.