Female
Batal
KATEGORI
link has been copied
26
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f581c08e83c723369138d0f/mencari-solusi-ketidakadilan-tidakmau-suport-dll-org-tua-terhadap-anak-laki2-satu2ny
Agan/sista mohon bisa sharing biar melegakan hati dan pikiran serta tentunya mendapat solusi dari suhu2 dsni. Saya anak laki2 dari keturunan chinese 1-1nya dan sisanya adalah perempuan. Saya mendapat perasaan perlakuan tidak adil dari org tua saya, dimana saya dari kecil hingga berkeluarga tidak diberlakukan setara apalagi adil. Melihat kk dan adik perempuan saya kalau mau brg bisa dipenuhi sement
Lapor Hansip
09-09-2020 07:04

Mencari Solusi Ketidakadilan, TidakMau Suport Dll Org Tua Terhadap Anak Laki2 Satu2ny

Agan/sista mohon bisa sharing biar melegakan hati dan pikiran serta tentunya mendapat solusi dari suhu2 dsni.

Saya anak laki2 dari keturunan chinese 1-1nya dan sisanya adalah perempuan.
Saya mendapat perasaan perlakuan tidak adil dari org tua saya, dimana saya dari kecil hingga berkeluarga tidak diberlakukan setara apalagi adil. Melihat kk dan adik perempuan saya kalau mau brg bisa dipenuhi sementara saya hrs diberikan yg bekas sampai berjuang sendiri. Contoh real dan nyata adalah kendaraan. Disaat itu ekonomi keluarga saya memang blm se mapan skrg namun saya yakin 1000% mereka mampu untuk membelikan saya motor yg layak bukan bekas sampai tidak ada fairing kanan kiri sehingga seperti motor ojek dan bukan motor bekas yg sering mogok.
Saya tidak minta diberlakukan sama ketika kondisi adik saya skrg yg lgsg dibelikan mobil baru.
Tidak sampai dsna bahkan sampai saat inipun saya blm pernah merasakan brg yg baru dari kedua org tua saya.
Nikah pun saya mau upgrade mobil suruh nambah uang sendiri, padahal saya diharuskan bekerja dan membangun bisnis keluarga sendirian.
Sampai2 istri saya pun selaku menantu yg lulusan s2 awal kerja gk boleh digaji sedangkan menantu laki2 nya cmn tamatan d3 itu di gaji. Akhirnya saya protes dan digaji kecil 2jt padahal umr saat itu 3jt dan sudah ditawarin d bumn sampai mungkin gaji 5jt tapi krna dia nurut sama saya dan saya kelabakan pekerjaan akhirnya kami menurut saja dan coba berpikir positive untuk berbakti.

Bahkan untuk sekolah pun saya pengen dluar negeri s1 dan mereka alasan tidak ada dana. Lalu mereka menjanjikan s2 diluar tapi yg ada bapak saya malah melarang s2 alasannya klasik saya mah pensiun padahal dri dulu kerjanya gk serius d handle paman saya yg sama2 pemilik perusahan ini dan ibu saya. Jadilah saya sosok yg hrs menggantikan dgn segala perlakuan yg tidak mengenakan ini.

Namun apa daya dan upaya kesabaran kami ada batasnya.
Beberapa kali ingin mandiri usaha bahkan sampai 3x hrs di tutup paksa. Akhirnya kami cari bisnis yg se lini dgn usaha keluarga, alih2 mendapat dukungan yg ada kita suka di takut2in bukan dinasehatin loh dan seperti dikerdilkan dan agak2 dihalangi.

Alasan nya klasik ini bisnis untuk kamu anak laki satu2nya, tapi dsni pun kami gk percaya krna berdasarkan tradisi dan emg janji anak perempuan itu gk dpt apa2 or max biasanya peralatan dapur,emas dll bahkan rumahpun pas saya pendidikan sma. Bapak saya berucap ke nenek ibu saya,tante dll bahwa anak perempuan suruh diambil suami ke rmh suami. Tapi yg terjadi malah diberikan rumah, karena blm ada yg bisa mandiri suaminya membiayai.

Jangan2 karena motif kasihan mereka jg akan tidak berlaku adil. Jadi saya pun skrg makin setengah hati dan malah tidak ada hasrat membesarkan usaha keluarga. Cmn saya mau mandiri jg dihalangi.
Jadi saya seperti terjebak dalam keluarga ini dgn ketidaknyamanan hati.
Saya minta dari skrg aja dibagikan harta org tua. Dalam artian bukan dibagikan dibalik nama semua, tapi ke notaris untuk disepakati bersama sehingga semua menjadi jelas dan jauh dari perpecahan berujung pertarungan ketika bapak kami meninggal yg mempunyai 2 istri msh hidup. Saya berpikir dari 1 istri adik/kk aja sedarah bisa berkelahi apalagi ada yg beda istri.
Cmn mereka tidak mau mengerti terutama bapak saya yg bilang gk akan ada yg melawan saya. Ya iyalah skrg msh ada kamu nanti apakah kamu mau bangkit dalam kubur pikir saya dalam hati?
Saya berpikiran tsb untuk menghindari konflik di kemudian hari, berlaku adil sehingga semua rukun dan menerimanya.
Lagian kalau kerja jg saya gk ada beban seperti skrg kerja hrs seperti 1x 24 jam bahkan setahun libur hanya idul adha,agustus dan 10 hari-14 hari lebaran.
Artian saya kerja full 350 hari di potong hari minggu tapi kalo ada apa2 hrs stand by jg tanpa kalender merah lain yg hrsnya libur.

Nah kira2 bagaimana menyikapi permasalahan ini supaya ada solusi. Karena jujur saya kecewa dan gk enak hati bekerja seperti ini.
Saya merasa gk dihargai, gk diperlakukan adil dll.
Mungkin d mulur saya bisa coba ikhlas tapi d bwh pikiran terutama alam bawah sadar saya merasa tersiksa dan keinget perlakuan org tua terutama bapak dari kecil ke saya seperti apa.

Mksh semuanya.
0
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Mencari Solusi Ketidakadilan, TidakMau Suport Dll Org Tua Terhadap Anak Laki2 Satu2ny
09-09-2020 08:42
Bukannya biasanya chinese itu malah anak cowo yg lebih disayang ya? Apalagi ini satu2nya?

Tp gue ngerti banget sih gimana rasanya terkekang di dalam keluarga besar. Mau pergi ga dilepasin, mau ngelawan juga ga berani (krn gimanapun keluarga, saat2 paling sulit kita juga pasti baliknya ke keluarga. Cuma keluarga yg mau bantu kita tanpa pamrih).

Tapi kalo elu udah kepepet banget nih mau keluar. Elu nekat aja. Lu mau bangun bisnis ya bangun aja, ga usah ngomong dulu sama keluarga, apalagi minta pendapat dll. Karena ujung2nya doktrin dari keluarga elu itu bakal masuk ke alam bawah sadar lu dan itu yg akhirnya jadi ketakutan terbesar lu. Begitu bisnis udah jalan baru lu ngomong ke mereka. Buat keluarga elu ga punya pilihan lain selain lepasin elu tanpa ngerusak hubungan keluarga.
profile-picture
wisudajuni memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Mencari Solusi Ketidakadilan, TidakMau Suport Dll Org Tua Terhadap Anak Laki2 Satu2ny
09-09-2020 12:33
Wajar aja kamu kan anak dari bini kedua alias pelakor.
Kamunya juga gak punya kemampuan, apa2 mesti andalin keluarga. Usaha sendiri gagal, tanda kamu gak punya otak bisnis. Gak usah pake alasan karena diremehkan, ditakut-takuti.

Kamu nya saja gak punya tekad, mental lemah. Apa2 disetir orang tua. Punya otak dipake buat mikir, jangan iya-iya aja kalo disuruh. Itu mental babu namanya.

Uda berapa tahun keluhan kamu tetap sama. Bini juga gak guna, punya gelar S2 bukannya kerja kek gaji 2 digit. Ato jalanin usaha sendiri kek. Ato ngambil hati papa kamu kek, biar papa kamu lebih favoritin kamu.

Ditunggu post yg sama, setahun dua tahun lagi.
profile-picture
cewieClown memberi reputasi
1 0
1
Mencari Solusi Ketidakadilan, TidakMau Suport Dll Org Tua Terhadap Anak Laki2 Satu2ny
09-09-2020 12:43
yaudah berjuang sendiri aja lah
0 0
0
Mencari Solusi Ketidakadilan, TidakMau Suport Dll Org Tua Terhadap Anak Laki2 Satu2ny
09-09-2020 12:50
Tinggal pergi aja sih bre. Ngapain nungguin warisan.
profile-picture
wisudajuni memberi reputasi
1 0
1
Mencari Solusi Ketidakadilan, TidakMau Suport Dll Org Tua Terhadap Anak Laki2 Satu2ny
09-09-2020 18:23
Iya...sepertinya kalian 'terlalu keras mencoba utk berbakti'...
Istri S2 tapi malah ga dibebasin pilih kerjaan yg promising...malah kerja sama keluarga.
Trus loenya ngungkit2 masalah warisan biar nama pewarisnya jelas....ane klo jadi ortumu mah ilfil kali...nih anak ngebet amat ngeklaim warisan...ortu sakit2an aja belom.
Terkesan...kamu terlalu mengharap dan mengandalkan warisan. Mending keluar ya keluar beneran....kerja sendiri. Ntar pasti ortu klo merasa kehilangan atau sudah waktunya ya pasti bahas warisan...utk saat ini mah kayanya bgi mrk zona nyaman, warisan dan masa depan bagi2 harta bukan hal penting utk dibahas.

Masalah diskriminasi...hm, kamu 'minta'? Atau nggak pernah minta?
Soalnya klo di keluarga ane, ortu memang ngebantu 'yang kelihatan' butuh. Kebetulan malah sodara laki ane tuh yg paling sering kecipratan...ane lumayan sih, kadang2, ga pernah minta tapi klo butuh bantuan dana ada hehehe. Yg ane lihat sodara ane yg termasuk gagal dan nyusahin doank..nah ntuh yg jarang dapet bantuan 😅

profile-picture
wisudajuni memberi reputasi
1 0
1
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Mencari Solusi Ketidakadilan, TidakMau Suport Dll Org Tua Terhadap Anak Laki2 Satu2ny
10-09-2020 10:47
sebenernya ini salah agan dari awal jika cerita agan tentang agan mengembangkan bisnis keluarga itu benar


dalam hal bisnis apalagi jika agan tau keluarga agan begitu

seharusnya agan saat itu harus bersikap tegas dan memisahkan mana yang bisnis mana yang keluarga sehingga jika kejadian seperti agan tidak boleh s2 dan bisnis tidak disupport agan punya basic


menurut agan apakah pemulung yang lahir di jalanan dengan dengan direktur yang dapet warisan perusahaan memiliki takdir dan daya pikir yang berbeda


dua orang itu memiliki daya pikir yang sama dan takdir yang sama

si pemulung itu bisa kaya

dan

si direktur itu bisa miskin


si pemulung bisa kaya jika dia mau berusaha

dan

si direktur bisa miskin jika dia santai santai dan tetap di zona nyaman


agan tidak perlu mengambil terlalu pusing masalah warisan

karena pada dasarnya kesuksesan orang itu dari kita sendiri bukan dari warisan dan belas kasihan orang lain


semoga membantu
0 0
0
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 5 balasan
Mencari Solusi Ketidakadilan, TidakMau Suport Dll Org Tua Terhadap Anak Laki2 Satu2ny
10-09-2020 17:15
Digaji 2jt doang? It batasnya gaji pembantu deh. Kalau ane jd agan, mending kerja sm org lain. Ngebuktiin ke ortu kl bs dpt gaji lbh gede. Tp sptny skg ud telat, krn lg covid dn minimny pengalaman. Terima nasib aj, gan.

0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Mencari Solusi Ketidakadilan, TidakMau Suport Dll Org Tua Terhadap Anak Laki2 Satu2ny
12-09-2020 16:41
Ga hrs selalu ngarep ortu,, mandiri donk.
Sy jg yakin ada story dan alasan yg cukup kuat juga dari ortu kamu ttg keluhan kamu ini.

Coba kamu tuliskan alasan2 ortumu dr sudut pandang ortumu. Km tulis sambil berpikir dr sudut pandang ortumu.
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Mencari Solusi Ketidakadilan, TidakMau Suport Dll Org Tua Terhadap Anak Laki2 Satu2ny
13-09-2020 01:00
Nah bgni cuy ini msh anget banget baru hari ini gw beresin.
Ane neh ada lahan yg ditawarin ke ortu ane.
Di saat itu bapak gw bilang dan ibu gw ngomong itu buat dia.
Ane santai2 aja kalo buat ibu ane karena kemungkinan jatuh ke gw dan adik tanpa recok kakak/adik yg beda ibu.
Nah waktu itu gw jg yg ngukur tuh tanah bantuin dan emang naksir jg untuk usaha kyknya bisa perluasan nya itu ckup lah sampe tua dan jadi gk kyk byk tempat kecil2 yg bkin capek,resiko dll jdi gede.

Okelah sambil berjalan waktu krna naksir gw coba nikung tuh tanah sampe 2x ketemu penjualnya biar gw beli aja.
Tadinya gw pikir supaya tenang lah kalo bukan duit ortu n nama ortu walaupun tdinya dinamain ibu gw.
Cmn tuh penjual emg rese dan gk tau kenapa dgn tawaran yg sama balik lagi ke bapak gw tuh nawarin walaupun emg udh gk jadi waktu itu.
Rese super masa 2x ngajak ketemu liat surat aja gk boleh dan ke bapak gw jg udh d ukur,deal harga dll eh dia batalin kan nambah gawe.

Emg rejekinya buat ortu gw akhirnya gw dikabarin jg.
Dasar baik kalo terlalu jadi goblok kadang2. Ibu gw malah lempar pembicaraan ni tanah buat siapa yah?
Padahal gw udh wanti2 n sampe ngomong ke ibu gw itu kalo aset2 nama atas nama bapak apalagi adik/ kk tiri bisa berabe.
Di kasih lah tanah itu sama atas nama bapak, adik tiri gw dan adik kandung gw.
Sementara gw jadi penonton doank yg bantu ngukur.
Well gpp gw gk sakit ati mungkin krna gw udh nikah nanti kalo cerai takut d gugat istri.
Cmn kenapa malah ibu gw yg kerja jadi gk dpt apa2?
Skrg kalo atas nama bapak gw nanti rawan gugat gono gini byk anak yg gk se ibu lagi.
Udh gitu ngapain ada adik tiri gw yg dari kakaknya sampe dia ogah bantu usaha keluarga apalagi ibu tiri gw puluhan taun cmn diem aja d rmh tanpa urus jg bapak gw karena emg gk mau jg dia pengen sama ibu gw.
Cmn gk cerai krna tanggung jawab bapak gw aja ama anaknya dan ketika mw dicerai ibu gw ogah dpt 3 anak hrs urus yg emg diurus aja pernah beberapa x gk hormatin dia malah musuhin tpi diem2 krna takut bapak gw tub adik/kakak tiri.
Maklum gengsi jg x yah maaf neh bukan ngerendahin tadinya cmn pembantu di keluarga bapak gw dan lulusan sd, sementara ibu gw dri keluarga terpandang d kampung gw skrg dan lulusan jg sarjana.

Nah gw kan krna naksir coba negosiasi.
Tanah itu bagi 3 aja gw beli, dan sisanya buat ibu sama adik kandung gw.

Tapi tau gk gw akhirnya makin kecewa dan ngerasa gk adil.
Gw yg ibaratnya beli aja dan udh terangin mau dibuat usaha biar bisa mandiri.
Bapak gw cmn ksh jawaban gw msh perlu byk tanah utk invest.
Alasan macam apa itu?
Kalo buat invest byk tempat, instrument lain kyk emas dll yg msh bisa dijalanin.
Trus sampe2 ribut tuh ibu gw katanya karena enggak ngasih buat ibarat dibeli bukan utk diminta loh.

Akhirnya setelah ribut dlu dikasih juga.
Cmn tetep ada nama bapak gw yg nge ganjel bkin ni bisa jadi duri dalam daging di kemudian hari.
Gk kalah akal donk wong gw yg jadi kuda tempur nya yg cmn ibarat dksh rumput kering aja.
Gw sogok lah makelar dan tkg ukur tanahnya.
Gw atur krna gw tau posisinya tuh tanah bapak gw biar gk bisa perluasan di halangin tanah gw.
Walaupun rasanya sakit ati bener org lain byk yg dimodalin , di bukain jalan sampe bangkrutpun di modalin, di bukain jalan dll
Sementara gw yg udah jalan aja dihalang2in.
Entah apa isi otaknya gw sebagai anak gk mampu baca isi pikirannya mungkin gk ke ilmuin sama org normal.

Nih gw double posting biar pada ngerti n klarifikasi.

Biar yg di suruh gw mandiri itu gw udh lakuin sampe mau beli lahan sendiri bukan usaha lagi punya sendiri yg udh 3x ditutup paksa.

Trus yg bilang tuh diatas ibu gw pelakor.
Sory bray ibu gw di bohongin kalo bapak gw lajang dan ketika 2 thn gw baru ketahuan krna ada yg dtg ke rmh.
Walaupun katanya saat itu ada info gk lajang menurut nenek gw, tapi entah krna cinta,terlalu percaya dll gw gk tau isi otak ibu gw mau2 aja di nikahin tanpa d check dlu.
Maklum dlu ibu gw agak nakal dan open2nan aja udh dibawa ke ranjang sblm nikah.
Tapi gw jelas lahir setelah dia menikah resmi ya bukan hamidun alias hamil dluan.
Trus sory dari derajat sosial,pendidikan dll ibu gw lebih unggul misal dri keluarga terpandang di desanya, lulusan kuliahan dll sedangkan bapak gw ijazah sd aja gk punya dan dlu ekonominya d bwh keluarga ibu gw.
Ini fakta krna dlu ibu nya bapak gw pinjem duit usaha aja ke ibu nya ibu gw alias nenek dri ibu.
Lagian tuh ibu tiri gw jelasin jg latar belakang nikah ama bapak gw.
Sampe skrg jg cmn dksh bulanan tanpa di nafkahin batin, tinggal serumah dll.
Gw terima aja kondisi ini sampe gw kalo kenalin ke org itu adik/kk gw tetep gw bilangnya adik/kk tanpa malu, nah sodara tiri gw kalo ditanya pasti bilangnya sodara tanpa mau jelasin karena malu.
Jelas dsni aja mereka gk mau ngakuin dan ada kemungkinan mereka merasa iri hati,benci dll.

0 0
0
Mencari Solusi Ketidakadilan, TidakMau Suport Dll Org Tua Terhadap Anak Laki2 Satu2ny
13-09-2020 01:14
Owh ya alasan2 nya sebenernya makin terbaca dan mungkin udh nyata.
Bapak gw pengen pensiun dari lama, krna udh malu jg kerjanya jg emg krg bener hoby nya main n hura2.
Dlu bergantung ama ibu gw skrg mau bkin gw jadi kuda tempurnya krna malu ama paman gw yg udh gigih usaha partner bisnis dia jg.
Jadi gw gk boleh punya bisnis dluar supaya gw kerja dan kerja sampe mati ama dia dgn digaji kecil bahkan istri dlu gk mau digaji karena malu pengeluaran dia besar dibanding paman gw yg cmn punya anak 1 , besarin usaha dengan iming2 ini usaha dan harta buat gw.
Tapi gk ada realisasi nyata misal surat wasiat aja enggak mau dibikin padahal gw udh bilang silahkan atur cmn biar gk konflik aja d kemudian hari dan keringet gw gk mau dimakan org serta biar jelas jg lah terbuka semuanya.
Trus makin keliatan dri yg sma gw aja dia ngomong anak cewek gk dpt apa2 sesuai tradisi, skrg krna menantunya gk pada mampu buat beli rmh aja akhirnya dksh rumah karena kasian emg wajar gw pun gpp kalo cmn dksh rumah.
Kasian jg adik/kk jadi gelandangan.
Cmn yg bkin ane makin kesel skrg makin terlihat ortu mau bagi2 yg lainnya karena kasian takut susah x liat anak2 yg lainnya sory bukan sombong cmn bgitu2 aja kelakuannya dan gk mau bantu usaha dari mulai ibu sampe anak2nya.
Mereka jg akuin koq gw itu lain drpd adik/kk gw dalam hal usaha, cara berpikir, pola hidup dll.
Skrg karena gw makin gk dihargain, dihalangin usaha dll nya.
Gw udh memutuskan tunggu suasana reda krna gw baru ribut besar sama bapak gw dan istri gw jg yg tdinya hormat, manut dll jg ada ribut ama bapak mertua.
Jadi bulan depan kyknya or telatnya november tunggu reda istri gw mau keluar kerja dan besarin usaha gw.
Gw pun udh punya pemikiran setelah istri gw keluar kalo usaha gw lancar n makin membesar, gw gk akan terima gaji dan bilang gw cmn bantu tenaga aja se ikhlasnya buat berbakti.
Biar gw ama istri gw gk akan di injek2,diatur dll seenak kepala bapak gw.
Mudah2an ini bisa terealisasi dan gk jadi drama ribut.
Gk tau deh kalo di otak bapak gw tuh gw kaya kerja rodi sampe kaya budak, sementara yg lain bisa enak2 termasuk istri gw juga.
Kita tunggu aja beberapa bulan ke depan reaksi action istri gw dluan.

Owh ya asumsi pemikiran bapak gw itu udah di aminin alias d approve sama ibu gw aja kyknya pola pikirnya begitu.
Termasuk sama keluarga bahkan pegawai gw bahwa bapak gw pgn pensiun dan usahanya dijalanin ama gw.
0 0
0
Mencari Solusi Ketidakadilan, TidakMau Suport Dll Org Tua Terhadap Anak Laki2 Satu2ny
17-09-2020 15:11
berjuang sendiri aja bray, pasti bisa rejeki gak kemana, gausah berharap materi dari mana mana.
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Mencari Solusi Ketidakadilan, TidakMau Suport Dll Org Tua Terhadap Anak Laki2 Satu2ny
18-09-2020 10:07
bagi tipsnya gan biar bisa kaya
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Mencari Solusi Ketidakadilan, TidakMau Suport Dll Org Tua Terhadap Anak Laki2 Satu2ny
25-09-2020 23:54
The end of story tentang gw dan bisnis keluarga nampaknya sudah berakhir.

Kurang lebih 5thn saya dan istri sudah coba menjalani dan mencari jalan yg terbaik bagi keluarga kecil kami dan keluarga besar supaya bisa beriringan.
Berharap saya msh d perusahaan dan istri menjalankan bisnis kami yg selini.
Sehingga saya bisa mandiri tanpa kehilangan posisi.
Apa daya kami tak kuat di injak2,di jadikan keset dll perlakuan bapak saya pribadi terhadap keluarga kami dan utamanya saya pribadi.

Terbaru masalah tanah yg sudah disepakati saya dikatakan pada awalnya bisa memilih, padahal itupun dibeli bukan minta apalagi nyolong.
Akhirnya saya disalahkan kembali karena memilih tanah di tengah2 dan lebih bgs.
Saya akhirnya tak tahan lagi sudah tidak ada jalan keluar.
Mau usaha sendiri dihalangi.
Mau berharap membesarkan usaha keluarga tidak ada kepastian untuk siapa dan ada aturan yg adil dan jelas secara profesional.

Jadi saya dan istri lgsg memutuskan untuk keluar dari bisnis keluarga ini.
Walaupun ini telat kami sdh mw kepala 3 tanpa pernah bekerja d org lain, tanpa strugle terlebih dahulu dll. Tapi lebih baik telat drpd tidak sama sekali.
Karena d umur kami ini saya pikir saya hrs ada bisnis yg sdh jalan dan syukur mapan.
Semoga langkah ini bisa menjadikan kami lebih mandiri dan sukses d kemudian hari.
Semoga jg kami tidak di ganģgu lagi oleh bapak dan urusan keluarga apalagi berkaitan dgn bisnis ini.
Semoga jg setelah keputusan ini keluarga kami lebih tenang dalam menjalankan hidup ini.

Mksh yg sebesar2nya kepada agan atau sista yg sudah memberi masukan dan tidak bosan2 mendengarkan cerita drama keluarga kami.
Diubah oleh buchen
0 0
0
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia