• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Cara Denger Suara Kalian Seperti Orang Lain Mendengar, Nah loh Gimana?

mobakokbatman7mAvatar border
TS
mobakokbatman7m
Cara Denger Suara Kalian Seperti Orang Lain Mendengar, Nah loh Gimana?


sumber gambar dari buzzfeed
emoticon-Sundul Gan (S)emoticon-Sundul Gan (S)emoticon-Sundul Gan (S)emoticon-Sundul Gan (S)emoticon-Sundul Gan (S)emoticon-Sundul Gan (S)emoticon-Sundul Gan (S)emoticon-Sundul Gan (S)


emoticon-Haiemoticon-Motretemoticon-Hai

SELAMAT MEMBACA
| | |


Pernah kah kalian merasakan risih ketika denger suara sendiri? Ketika dengerin hasil rekaman atau lagi kirim-kiriman pesan suara sama doi? Entah itu menurut penilaian kalian kurang enak aja didenger atau emang masalah di luar itu. Ternyata kondisi ini emang banyak loh yang ngalamin. Ada banyak orang yang gak suka ketika denger suaranya sendiri lewat hasil rekaman. Berasa terdengar aneh dan gak familiar. Kondisi ini bisa disebut "Suara konfrontasi". Kata pakarnya kondisi ini kejadian adanya perbedaan frekuensi antara suara kalian di rekaman dengan suara yang didengar langsung oleh diri sendiri.



Sederhananya gini, ketika kalian dengerin suara diri sendiri secara langsung itu frekuensinya rendah. Jadi suara kalian terkesan ngebass. Nah kita ini terbiasa sama suara diri sendiri yang didenger langsung. Jadi ketika dengerin suara hasil rekaman itu bakalan beda. Bisa juga karena dipengaruhi ekspetasi kalo suara diri kita cukup merdu, padahal biasa aja pas didengar orang lain. Suara yang kita denger dan orang lain denger dari suara kita, frekuensinya lebih tinggi. Dengan begitu, bisa dibilang hasilnya agak sedikit lebih cempreng dibandingkan sama suara yang didenger secara langsung oleh diri sendiri.

Ya begitulah hukum fisika dan kehidupan ini. Cukup unik fenomenanya dan butuh pengetahuan juga biar bisa menerima kenyataan. Suara yang asli adalah suara kalian yang didengar oleh orang lain. Jadi baiknya ketika mau mengatur vokal, ajak lah relawan yang rela mendengarkan suara kalian untuk dinilai. Mungkin buat beberapa orang agak malu untuk melakukan proses itu, karena bakal dinilai oleh orang lain. Sebenernya ada cara lain loh buat mendengar suara diri sendiri tanpa bantuan orang lain atau hasil rekaman. Bukan suara hati yang memenuhi pikiran kalian, tapi ini beneran suara yang dikeluarkan lewat alat ucap mulut.


sumber gambar dari buzzfeed

Buat mendengarkan suara kalian yang asli, seorang voice actor udah ngasih tau gimana caranya. Lewat salah satu platform Tik Tok, Bob Feeser menunjukkan cara buat mendengarkan suara kalian yang asli. Sebenernya ini cuma mendengarkan suara dari beda perspektif aja, dengan cara ini kalian bisa mendengarkan layaknya orang lain mendengar kalian. Di dalam videonya dijelasin komplit juga beserta alasan secara ilmiahnya. Cara ini emang udah banyak sih yang tau, tapi setelah Bob bikin konten beginian ternyata masih banyak juga yang belom tau. Jujur ane taunya juga dari konten si Bob ini kok.

Spoiler for videonya:


Caranya gampang, kalian cuma perlu taruh kedua telapak kanan di masing-masing telinga. Posisinya mirip daun telinga tapi berlawanan arahnya. Jadi seolah-olah nangkep suara dari belakang, bukan dari depan. Kalo udah, coba deh lakuin dan ngomong atau nyanyi juga boleh. Kalo bisa juga nyanyinya lagu "Kartoyono", biar makin asik nanti sambil goyang.

"Kartoyono ning Ngawi medot janjimu"
"Ambruk cagakku nuruti angan-anganmu"
"Sak kabehane wes tak turuti"
"Tapi malah mblenjani"


Bedakan sama suara kalian yang biasa didenger dengan suara saat melakukan cara tersebut. Perbedaan itulah yang udah dibahas dari tadi, suara yang terkesan baru ini adalah suara yang orang lain dengar. Kalian bisa bebas berlatih nih, mengatur vokal yang baik saat berbicara di depan gebetan. Bisa juga buat melatih suara nyanyi, biar kalian dapat mengira-ngira penilaian orang dengan yakin. Saat melakukan ini jangan di tempat umum ya, karena nanti dikira jelmaan ikan cupang yang lagi marah.



TERIMA KASIH!
Komen aja dulu, baru baca.



Diubah oleh mobakokbatman7m 29-08-2020 03:47
orangemonkey
azhuramasda
nirankara
nirankara dan 41 lainnya memberi reputasi
40
9.4K
106
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.8KThread82.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.