tafakoerAvatar border
TS
tafakoer
Suka Atau Tidak, Inilah Potret Berita Masa Kini
Membandingkan berita masa kini dengan berita puluhan tahun yang lalu tentu berbeda, perubahan teknologi masa kini dengan hadirnya media sosial memang telah menimbulkan perubahan secara drastis. Jika dahulu media cetak begitu populer maka di masa kini media online yang merajai sumber berita informasi masa kini dari menit ke menitnya selalu ada kabar baru ditunjang dengan media sosial masa kini membuat penyebaran media informasi begitu cepat.

Credit : kompasiana.com

Ada yang hilang dari sebuah pemberitaan masa kini, ciri khas berita masa kini yang terlihat lebay membuat banyak orang merindukan berita-berita di masa lalu yang lebih formal dibandingkan berita masa kini yang terkadang tak jelas isinya. Dikit-dikit viral, itulah fenomena di masa sekarang sampai sesuatu yang tak layak viral pun menjadi viral begitu saja. Setiap berselancar di dunia maya kini kita disuguhkan dengan berbagai berita mulai dari yang berkualitas hingga yang tak berkualitas. Jika kita bandingkan keduanya berita masa kini jelas banyakan tak berkualitas menurut ane sendiri.

Banyak hal yang tak disukai oleh ane terkait pemberitaan masa kini mulai dari judul berita yang lebay, penggunaan klik bait, judul yang tidak to the point membuat para pembaca seolah mencoba ditarik untuk membaca setiap tulisan tersebut. Judul berita yang terlihat formal seperti di media cetak dahulu seakan terpinggirkan begitu saja oleh judul-judul tulisan atau berita yang mengundang rasa penasaran banyak orang. Belum lagi dengan banyaknya iklan yang memenuhi halaman berita hingga dipaksa membaca berita page demi page membuat orang yang membaca berita menjadi tak nyaman.

Suka atau tidak, itulah potret berita masa kini. Di kaskus juga contohnya saat ini banyak perubahannya dibandingkan dengan kaskus masa-masa dulu seperti saat tahun 2009 kala ane masih sebagai silent reader tentunya banyak sekali tulisan yang berbobot dan membuat ane betah baca-baca berita di kaskus hingga ane membuat ID di kaskus. Zaman telah berubah dan selera pasar juga berubah-ubah, tak hanya di kaskus saja namun juga di portal berita online lainnya banyak sekali berita-berita yang terkadang tak berfaedah dan kurang berbobot yang mirisnya lagi memang berita-berita atau artikel-artikel tersebut disukai dan dibaca banyak orang.

Credit : siswapedia.com

Hal yang wajar bila banyak sekali berita atau artikel yang tak berbobot karena banyak pembaca yang lebih menyukai berita atau artikel yang tak berbobot. Ini bukan tentang hal iri bilang bos, namun untuk bisa mengubah hal ini tentunya bukan perkara yang mudah. Selama masih ada para pembaca lebih menyukai berita yang kurang berfaedah, maka tulisan-tulisan seperti artikel dan berita yang dianggap sampah oleh sebagian orang akan selalu ada menghiasi kabar di dunia maya. Jika melihat kenyataan masa kini rasanya sulit untuk bisa menghilangkan hal tersebut kecuali jika selera dari para pembaca itu sendiri banyak menyukai tulisan yang berbobot dibanding tulisan atau berita yang kurang berfaedah. Jika terus menerus begini mau tak mau harus lebih selektif mencari berita ditengah gempuran tulisan dan berita yang kurang berbobot memenuhi dunia maya. Bagaimana pendapat agan dan sista? silahkan sampaikan di kolom komentar dan sampai jumpa di tulisan selanjutnya. emoticon-Big Grin

Sumber : Opini Pribadi dan Inspirasi Kehidupan
Sumber gambar via google images
embunsuci
raliakbarrr
konterqwebid
konterqwebid dan 36 lainnya memberi reputasi
35
10.8K
141
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.7KThread82.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.