zatilmutie
TS
zatilmutie
Aneka Olahan Sukun Menyehatkan, Dijamin Bikin Ngiler Dan Gak Nguras Dompet
Aneka olahan sukun



Sumber daya alam Indonesia memang melimpah ruah. Setiap daerah memiliki ciri khas kuliner dari beragam hasil alamnya. Seperti pohon kaya manfaat ini. Ya, pohon sukun yang sudah dikenal sebagai alternatif pengobatan penyakit secara tradisional.

Pohon sukun yang buahnya mirip dengan kluwih ini ternyata memiliki harum yang khas. Buah berwarna hijau dengan daging berwarna putih. Buah yang kaya akan pati/tepung ini sering diolah dalam berbagai sajian. Dari mulai yang cita rasa manis, hingga asin gurih.

Buah ini termasuk murah meriah sehingga tak membuat dompet kering. Apa saja sajian kuliner dari sukun? Yuk kita simak di trit ane kali ini.

1. Sukun goreng




Sukun goreng dibuat dari sukun yang masih mengkal alias baru diambil dari pohon dan tekstur dagingnya masih keras. Cukup dibersihkan kulitnya, potong segitiga lalu taburi garam plus penyedap. Goreng dan angkat jika sudah berwarna kecoklatan. Sajikan bersama teh manis di sore atau pagi hari.

2. Sukun goreng tepung toping gula merah



Kali ini sukun yang digunakan adalah sukun yang sudah matang alias dagingnya lembek dan menguarkan harum. Bersihkan kulit sukun dan potong sukun sesuai selera. Jangan terlalu tebal.

Sediakan tepung terigu, yang sudah dicampur air dan sejumput garam. Aduk hingga tidak terlalu cair. Masukan potongan sukun, lalu goreng satu di wajan hingga kecoklatan.

Angkat dan sajikan dengan taburan parutan gula merah di atasnya. Wanginya harum dengan tekstur lembut dan manis alami.

3. Bolu Sukun Sakura Gula Merah



Bolu sakura ini pada dasarnya memakai gula karamel dan tanpa telur. Ane ganti gula putih dengan gula jawa. Jadi sangat bagus untuk yang alergi telur. Dan memiliki riwayat diabetes.

Kali ini kreasi ane bolu sakura ditambahkan sukun. Penasaran resepnya?

Quote:

emoticon-Big Kiss

4. Kolak Sukun



Kreasi lain dari buah sukun adalah kolak sukun. Kuliner bercita rasa manis ini terbuat dari buah sukun matang atau sukun yang masih mengkal. Tergantung selera.

Caranya: bersihkan sukun dari kulitnya. Potong dadu. Siapkan air dan gula merah yang sudah direbus hingga mendidih. Masukan sukun dan tambahkan santan kental plus dua lembar daun pandan. Biarkan hingga sukun matang. Jika ditusuk sudah lembut.

Angkat dan sajikan selagi hangat. Sangat cocok dimakan di saat cuaca dingin. Atau jika saat cuaca panas. Kolak bisa disajikan setelah dimasukan kulkas. Rasanya segar, manis nan legit.

Nah, bagaimana, Gansis tertarik mencoba kuliner dari buah sukun ini? Dijamin ketagihan, deh.

Sekian trit ane kali ini, sampai jumpa di trit lainnya. Untuk trit kuliner lainnya bisa liat di trit ane lainnya @zatilmutie.

Terima kasih, Belajar Bersama Bisa

Referensi gambar: Dokumen pribadi
Sumber: Opri
ujellyjellokudanil.lamamaproduktif
mamaproduktif dan 55 lainnya memberi reputasi
56
6K
150
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Cooking & Resto Guide
Cooking & Resto Guide
icon
8.8KThread11.8KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.