News
Batal
KATEGORI
link has been copied
81
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f5182f9c342bb214c542f2e/bersediakah-puan-minta-maaf-ke-rakyat-sumbar
Bersediakah Puan Minta Maaf ke Rakyat Sumbar? Jakarta -  Sejumlah legislator asal Sumatera Barat meminta Ketua DPP PDIP, Puan Maharani meminta maaf soal pernyataan semoga Sumbar memang mendukung negara Pancasila. Bersediakah Ketua DPR RI itu memenuhi permintaan tersebut? Permintaan itu datang dari anggota DPR RI Dapil Sumatera Barat, Darul Siska. Darul awalnya menyesalkan pernyataan Puan sa
Lapor Hansip
04-09-2020 06:57

Bersediakah Puan Minta Maaf ke Rakyat Sumbar?

Quote:Bersediakah Puan Minta Maaf ke Rakyat Sumbar?


Bersediakah Puan Minta Maaf ke Rakyat Sumbar?


Jakarta - 
Sejumlah legislator asal Sumatera Barat meminta Ketua DPP PDIP, Puan Maharani meminta maaf soal pernyataan semoga Sumbar memang mendukung negara Pancasila. Bersediakah Ketua DPR RI itu memenuhi permintaan tersebut?
Permintaan itu datang dari anggota DPR RI Dapil Sumatera Barat, Darul Siska. Darul awalnya menyesalkan pernyataan Puan saat mengumumkan nama calon Gubernur dan Wakil Gubernur yang diusung PDIP di Sumbar.
"Saya menyesalkan dan menyayangkan ucapan seperti itu disampaikan oleh seorang pimpinan partai yang juga pimpinan lembaga negara. Pernyataan tersebut seolah-olah mau mengatakan bahwa Sumbar tidak mendukung negara Pancasila," kata Darul kepada wartawan, Kamis (3/9/2020).

Bersediakah Puan Minta Maaf ke Rakyat Sumbar?


Darul menyebut perkataan Puan itu menyinggung perasaan orang Sumbar. Darul menegaskan masyarakat Minang secara konsisten mendukung Pancasila.
"Pernyataan tersebut menyinggung perasaan orang Sumbar, dan jangan lupa, ada orang Sumbar yang sejak awal ikut menggali dan merumuskan Pancasila, dan masyarakat Sumbar secara konsisten mendukung negara Pancasila," tegasnya.
Menurut hemat Darul, penilaian terhadap loyalitas suatu daerah terhadap Ideologi tidak bisa dilihat dari hasil pemilihan umum. Dia mengingatkan bahwa pernyataan putri Megawati Soekarnoputri itu bisa mengusik rasa nasionalisme suatu daerah.
"Penilaian terhadap loyalitas suatu daerah terhadap ideologi negara bukan milik orang per orang atau kelompok tertentu atau didasarkan pada perolehan hasil pilkada atau hasil pemilu. Saya ingatkan, pernyataan seperti itu bisa mengusik rasa nasionalisme suatu daerah dan mengganggu upaya kita yang sedang giat-giatnya melakukan sosialisasi 4 pilar kebangsaan," ungkapnya.

Bersediakah Puan Minta Maaf ke Rakyat Sumbar?




Darul berharap Puan mencabut ucapannya itu. Lalu kemudian meminta maaf kepada warga Sumbar.

"Adalah sangat bijak jika Ibu Puan minta maaf dan mencabut ucapannya seandainya pernyataan tersebut adalah kekeliruan yang tidak disengaja (slip of the tongue)," tutur Darul.



Pemintaan agar Puan meminta maaf juga diharapkan oleh Anggota DPR RI Komisi II dari daerah pemilihan (dapil) Sumatera Barat (Sumbar) II, Guspardi Gaus. Guspardi mengaku kecewa dengan ucapan Puan itu.

"Jadi saya merasa prihatin kecewa terhadap statement yang dikeluarkan oleh Ibu Puan Maharani yang notebenenya beliau adalah pejabat negara. Tidak hanya pejabat negara, tapi juga Ketua DPR RI dan petinggi partai," kata Guspardi di kompleks parlemen pada Kamis (3/9/2020).

Bersediakah Puan Minta Maaf ke Rakyat Sumbar?

Guspardi mengatakan saat ini ada hujatan dari masyarakat atas ucapan itu. Dia juga mengaku sedih pimpinannya di DPR RI itu mendapatkan hujatan.
"Sekarang ini memang terjadi polemik, terjadi hujatan, terjadi bully yang dilakukan oleh masyarakat terhadap Ibu Puan. Kan saya kasihan juga sebagai anggota Dewan, terhadap pimpinan saya itu di-bully oleh masyarakat akibat dari pada komentar beliau," kata politikus PAN ini.
Lebih jauh, dia meminta agar Puan hati-hati dalam berpendapat. Sehingga tidak menimbulkan polemik kemudian.
"Nah harusnya hati-hatilah dalam berkomentar dan berpendapat. Upayakan pendapat dan statement yang dikeluarkan itu yang tidak menimbulkan kegaduhan, yang menimbulkan polemik dan lain sebagainya," tuturnya.

Bersediakah Puan Minta Maaf ke Rakyat Sumbar?


Oleh sebab itu, Guspardi berharap Puan menyampaikan permohonan maafnya. Dia menilai menyampaikan permohonan maaf adalah hal yang wajar.
"Saya sarankan sebagai Ketua DPR, beliau ini ketua saya, beliau ini pejabat negara kalau memang salah menyampaikan sesuatu sampaikan saja permohonan maaf bahwa 'saya minta maaf kepada masyarakat Sumbar yang sudah tersinggung yang sudah menyakiti hati terhadap pernyataan yang sudah saya sampaikan ini, bahwa saya maksud bukanlah seperti itu," ucapnya.
Pernyataan Puan yang menimbulkan kontroversi itu terjadi pada saat pengumuman rekomendasi PDIP pada Pilkada 2020, Rabu (2/9) kemarin. Di sela pengumuman, terselip harapan Puan untuk Sumbar.
"Rekomendasi diberikan kepada Insinyur Mulyadi dan Drs H Ali Mukhni. Merdeka!" kata Puan, Rabu (2/9).
"Semoga Sumatera Barat menjadi provinsi yang memang mendukung negara Pancasila," imbuhnya

Bersediakah Puan Minta Maaf ke Rakyat Sumbar?


Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto memberikan penjelasan terkait pernyataan Ketua DPR RI itu. Hasto menyebut harapan Puan agar Sumbar mendukung negara Pancasila dalam aspek kebudayaan dan nasionalisme.
"Yang dimaksudkan Mbak Puan dan sebagaimana seluruh kader partai mengingatkan bagaimana Pancasila dibumikan tidak hanya di Sumatera Barat, tetapi di Jawa Timur, di seluruh wilayah Republik Indonesia, Pancasila harus dibumikan," kata Hasto saat konferensi pers secara virtual, Rabu (2/9/2020).
"Jadi yang dimaksudkan pembumian Pancasila di Sumatera Barat itu lebih pada aspek kebudayaan, nasionalisme, dan menyentuh seluruh hal-hal di dalam kehidupan bermasyarakat berbangsa dan bernegara," katanya.

https://news.detik.com/berita/d-5159...akyat-sumbar/2



Pertanyaan serius :
Ada yg bisa kasi tau ke gw, APA MANFAAT IBU DAN ANAK GEMBROT banteng busuk bagi indonesia?????


Bersediakah Puan Minta Maaf ke Rakyat Sumbar?
Diubah oleh GayusTambunan.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bajier dan 11 lainnya memberi reputasi
0
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 2 dari 3
Bersediakah Puan Minta Maaf ke Rakyat Sumbar?
04-09-2020 08:49
kadrun ngamuk dikulitin emoticon-Wakaka emoticon-Wakaka emoticon-Wakaka
profile-picture
sukakuda memberi reputasi
1 0
1
Bersediakah Puan Minta Maaf ke Rakyat Sumbar?
04-09-2020 08:58
ada orang ngucapin ke anak-anak yang lagi ultah "semoga makin pinter ya dek".

terus apakah ortunya marah-marah ngomong "heh, lu kira anak gue goblok?"
Diubah oleh kampret.strez
profile-picture
profile-picture
profile-picture
sukakuda dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Bersediakah Puan Minta Maaf ke Rakyat Sumbar?
04-09-2020 09:39
Quote:Original Posted By 121131


Quote:Original Posted By qavir
Masih ngeles aja nih kadrun...... emoticon-Cape d...

Memang nyata2 para kadrun ingin mendirikan negara islam dan kilafakh koq.


Bersediakah Puan Minta Maaf ke Rakyat Sumbar?



Bersediakah Puan Minta Maaf ke Rakyat Sumbar?



Bersediakah Puan Minta Maaf ke Rakyat Sumbar?



Bersediakah Puan Minta Maaf ke Rakyat Sumbar?

emoticon-Ngakak emoticon-Leh Uga



Di/tii itu aslinya pki yg nyamar, wkwk
profile-picture
profile-picture
sukakuda dan qavir memberi reputasi
2 0
2
Bersediakah Puan Minta Maaf ke Rakyat Sumbar?
04-09-2020 09:48
Mereka pikir Puan dkk tidak paham mupret ? emoticon-Bingung
Seekor mupret buka toko emas pakek linggis, ketangkep kamera cctv, pabrik cctv nya besok bangkrud. emoticon-Argentina mantap gilak
profile-picture
sukakuda memberi reputasi
1 0
1
Bersediakah Puan Minta Maaf ke Rakyat Sumbar?
04-09-2020 09:49
gak ada yg salah sama puan, berharap utk hal yg lebih baik itu wajar
kenapa harus baper?
profile-picture
sukakuda memberi reputasi
1 0
1
Bersediakah Puan Minta Maaf ke Rakyat Sumbar?
04-09-2020 09:53
Palingan gak bakalan mau gans, biasa, masalah gengsi ini kadangkala memang membuat orang merasa lebih baik dibandingkan dengan yang lainnya. Dan yang suka gengsi gini banyak
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Bersediakah Puan Minta Maaf ke Rakyat Sumbar?
04-09-2020 09:58
Ntr klo minta maaf dianggepnya ngaku salah
profile-picture
profile-picture
profile-picture
hhendryz dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Bersediakah Puan Minta Maaf ke Rakyat Sumbar?
04-09-2020 10:00
kalau memang mendukung Pancasila, maka tidak perlu merasa tersinggung
0 0
0
Bersediakah Puan Minta Maaf ke Rakyat Sumbar?
04-09-2020 10:08
Langsung sangat tersakiti ya hati orang minang? Terus mau ngapain nang?
profile-picture
sukakuda memberi reputasi
1 0
1
Bersediakah Puan Minta Maaf ke Rakyat Sumbar?
04-09-2020 10:13
Kesalahan si puan adalah ngomong terlalu jujur di propinsi sarang kadrun

Propinsi yg gub nya adalah PKS = kadrun ?jelas tidak....tp 99,9% gen nya mendekati kadrun....wkwkwkw
profile-picture
profile-picture
smogal dan sukakuda memberi reputasi
2 0
2
Bersediakah Puan Minta Maaf ke Rakyat Sumbar?
04-09-2020 10:14
mo baca berita mulustrasi bikin ga konsen
profile-picture
Sinkhole memberi reputasi
1 0
1
Bersediakah Puan Minta Maaf ke Rakyat Sumbar?
04-09-2020 10:14
Thread maho...
0 0
0
Bersediakah Puan Minta Maaf ke Rakyat Sumbar?
04-09-2020 10:16

pancasilais. kemarin aja mau dikurangin jumlahnya
0 0
0
Bersediakah Puan Minta Maaf ke Rakyat Sumbar?
04-09-2020 10:17
Bersediakah Puan Minta Maaf ke Rakyat Sumbar?
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Bersediakah Puan Minta Maaf ke Rakyat Sumbar?
04-09-2020 10:18
Wkwkwkw rame BuzerRp doang trit lo bos ...
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Bersediakah Puan Minta Maaf ke Rakyat Sumbar?
04-09-2020 10:24
emoticon-Wakaka

Itu bikini model apaan begitu
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Bersediakah Puan Minta Maaf ke Rakyat Sumbar?
04-09-2020 10:28
Bersediakah Puan Minta Maaf ke Rakyat Sumbar?

Bini lu yg mana deh??? @soljin7

emoticon-Wakaka
Diubah oleh .noiss.
0 0
0
Bersediakah Puan Minta Maaf ke Rakyat Sumbar?
04-09-2020 10:34
Quote:Original Posted By jedotinpala
Bersediakah Puan Minta Maaf ke Rakyat Sumbar?


Quote:Original Posted By bodico
nonton kadal kelojotan disebut kadal.emoticon-Ngakak


Quote:Original Posted By Abc..Z
gak usah minta maaf ke kumpulan orang orang harga diri tinggi emoticon-Big Grin

biar mereka tau gimana rasanya dinyinyirin ama dicap suku eksklusif emoticon-Big Grin










sorry to say, gw udah sering ngeladenin orang minang dan rata rata udah harga dirinya tinggi, eksklusifitas pula, didaerah gw banyak orang sumbar soalnya (udah pernah gw ngomong deh)


Quote:Original Posted By GondalGandul11
Kenapa Puan harus minta maaf, apa kesalahanya ? mengharapkan orang sumbar lebih Pancasilais lagi itu bukan kesalahan.


Quote:Original Posted By qavir
Masih ngeles aja nih kadrun...... emoticon-Cape d...

Memang nyata2 para kadrun ingin mendirikan negara islam dan kilafakh koq.


Bersediakah Puan Minta Maaf ke Rakyat Sumbar?



Bersediakah Puan Minta Maaf ke Rakyat Sumbar?



Bersediakah Puan Minta Maaf ke Rakyat Sumbar?



Bersediakah Puan Minta Maaf ke Rakyat Sumbar?

emoticon-Ngakak emoticon-Leh Uga


Quote:Original Posted By megalomman79
Kesalahan si puan adalah ngomong terlalu jujur di propinsi sarang kadrun

Propinsi yg gub nya adalah PKS = kadrun ?jelas tidak....tp 99,9% gen nya mendekati kadrun....wkwkwkw


sebegitu bencinya jawa dan tionghoa sama orang minang emoticon-Smilie

mending sumbar dan provinsi kadrun yang lain merdeka emoticon-Smilie

biarkan indonesia tinggal jawa doang emoticon-Smilie



dendam banget ternyata eduard rotty sama sumbar emoticon-Leh Uga
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Bersediakah Puan Minta Maaf ke Rakyat Sumbar?
04-09-2020 10:36
Njae.. raja maho is back emoticon-Mewek
profile-picture
Sinkhole memberi reputasi
1 0
1
Bersediakah Puan Minta Maaf ke Rakyat Sumbar?
04-09-2020 10:39
Bangke bener ini trit banyak bener jebakan mulestrasinya emoticon-Busa
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Halaman 2 dari 3
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia