Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

god.romushaAvatar border
TS
god.romusha
Cari Pendukung Lawan China, AS Bikin Huru-Hara di Wilayah Asia Tenggara
Amerika Serikat (AS) disebut tengah membuat huru-hara di wilayah Asia Tenggara. Selain mendorong negara ASEAN untuk memihaknya, AS berupaya mengganggu perusahaan China untuk berinvestasi.

Pengamat politik Asia-Pasifik Zhao Gancheng menyebutkan AS terus berusaha mengadu domba hubungan antara China dan negara-negara di Asia Tenggara.

Dilansir The Global Times Jumat 4 September 2020, pakar dari Shanghai Institute for Internasional Studies ini pun mengungkapkan AS berupaya mengganggu proyek-proyek investasi antara China dan ASEAN.

Baca Juga: Hari Ini Ketua KPK Firli Bahuri Jalani Sidang

Di antaranya memasukan ke daftar hitam perusahaan China yang ingin melaksanakan proyek di Filipina. Perusahaan itu masuk daftar hitam karena dituduh terlibat dalam proyek pulau buatan di Laut China Selatan.

Selain itu, Zhao Gancheng menyatakan AS ingin mengubah diplomasi ASEAN yang independen menjadi anti-China. Meski demikian, China percaya diri memiliki hubungan ekonomi yang kuat dengan ASEAN.

"Usaha-usaha AS untuk mengajak atau mengancam negara-negara ASEAN untuk memihak tidak akan berhasil sebagaimana China dan negara-negara tersebut memiliki koneksi dalam ekonomi, budaya, dan pertukaran personel berdasarkan keuntungan bersama," ujar Zhao Gancheng yang merupakan direktur dari Center for Asia-Pacific Studies di Shanghai Institute for International Studies.

Baca Juga: Prabowo Subianto Batal Borong Jet Tempur

"Negara-negara Asia Tenggara lebih memilih mengambil posisi diplomatik yang relatif independen ketimbang memihak," lanjut Zhao.
0
252
1
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita Luar Negeri
Berita Luar NegeriKASKUS Official
79.3KThread11.2KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.