Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

rajin.meremasAvatar border
TS
rajin.meremas
Bukan Menakuti, Resesi 'Naik Level' ke Depresi Kian Nyata
akarta, CNBC Indonesia - Prospek pemulihan ekonomi dunia semakin samar-samar. Penjualan mobil yang sempat membaik kembali terpuruk pada Agustus 2020. Tanda-tanda ini menjadi sinyal kuat kondisi resesi ke arah yang lebih parah yaitu depresi.

Mengutip data Marklines, penjualan mobil di delapan negara menunjukkan pemburukan. Hanya dua negara yang mampu mencatatkan perbaikan penjualan pada Agustus dibandingkan bulan sebelumnya yaitu Argentina dan Meksiko, sisanya anjlok.

Paling parah terjadi di Prancis. Pada Juli, penjualan mobil di Negeri Anggur naik 3,9% dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya (year-on-year/YoY). Namun pada bulan berikutnya, penjualan mengalami kontraksi (pertumbuhan negatif) 1,98% YoY.


Lembaga pemeringkat Moody's memperkirakan penjualan mobil di seluruh dunia tahun ini turun 2,5% dibandingkan 2019. Lebih buruk dibandingkan proyeksi sebelumnya yaitu turun 0,9%. Secara nominal, penjualan mobil pada 2020 diperkirakan 88 juta unit sedangkan tahun lalu ada di 90,3 juta unit.

"Konsumen rumah tangga masih ragu untuk keluar rumah, apalagi ke tempat yang berpotensi ada kerumunan manusia. Sementara permintaan kendaraan oleh perusahaan juga lemah, karena ketidakpastian ekonomi membuat korporasi mengurangi belanja modal," sebut riset Moody's.

Penjualan mobil mencerminkan kekuatan daya beli masyarakat. Saat masyarakat berkenan membeli mobil, yang merupakan kebutuhan sekunder bahkan tersier, artinya daya beli rakyat kuat. Sudah selesai dengan urusan sandang, pangan, papan.
Oleh karena itu, penjualan mobil akan mencerminkan pertumbuhan ekonomi. Di Indonesia, formula itu terbukti di mana penjualan mobil bergerak searah dengan pertumbuhan Produk Domestik Bruto (PDB).

ya udah hadapi, sikon pandemic gini, pinter2 atur keuangan. jangan kayak menterinya curhat mulu dan makin menggila cari pajak

nomorelies
scorpiolama
wbremanto
wbremanto dan 3 lainnya memberi reputasi
2
1.5K
25
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
672.1KThread41.8KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.