Female
Batal
KATEGORI
link has been copied
300
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f4ceeeab840885c6711d771/menikah-di-masa-pandemi-untung-atau-rugi
Memang, banyak alasan sejoli melakukan pernikahan. Namun, dikarenakan adanya pandemi, ada juga yang menunda untuk melaksanakan pernikahan. Banyak pertimbangan yang dipilih. Orang mau ibadah aja dibuat susah. Harus gini, harus gitu, harus ikuti protokol kesehatan lah. Ribet amat, ya! Lalu, menikah di masa pandemi, untung atau rugi, sih? Yuks, kita kupas bersama.
Lapor Hansip
31-08-2020 19:36

Menikah di Masa Pandemi, Untung Atau Rugi?

Past Hot Thread
icon-verified-thread

Menikah di masa pandemi

Menikah di Masa Pandemi, Untung Atau Rugi?
sumber

Assalamualaikum wr wb.

Menikah. Kalau boleh tahu, apa pertimbangan gansis ingin segera menikah? Bosen sekolah? Sudah berumur? Sudah mapan? Atau karena digerebek warga?

Memang, banyak alasan sejoli melakukan pernikahan. Diantaranya, alasan menikah karena cinta. Karena beribadah. Menjauhkan dari dosa zina. Yups, TS setuju, semua.

Namun, dikarenakan adanya pandemi, ada juga yang menunda untuk melaksanakan pernikahan. Banyak pertimbangan yang dipilih.

Pandemi memang biadab. Orang mau ibadah aja dibuat susah. Harus gini, harus gitu, harus ikuti protokol kesehatan lah. Ribet amat, ya!

Lalu, menikah di masa pandemi, untung atau rugi, sih? Yuks, kita kupas bersama.

Berikut penuturan TS perihal keuntungan menikah di masa pandemi:

1. Pernikahan lebih khidmat dan sakral.

Dengan hanya dihadiri keluarga dekat, moment menikah lebih intim dan lebih privat. Hanya kerabat dan sahabat dekat yang diundang dan menghadiri acara pernikahan. Karena adanya pembatasan sosial berskala besar. Tidak banyak melakukan salim-salim tidak pegel.

2. Prosesi pernikahan lebih singkat dan padat.

Mengingat masa pandemi urut-urutan acara menjadi lebih ringkas dan tidak bertele-tele. Hanya ijab kabul, tidak ada acara dangdutan atau organ tunggal. Sehingga pengatin tidak terlalu capek dalam menjalani prosesi pernikahan.

3. Tidak ada biaya bulan madu.

Tidak ada bulan madu. Hotel-hotel belum boleh beroperasi Hanya di rumah, sesuai anjuran pemerintah yakni di rumah saja untuk memutus rantai penyebaran virus wabah.

4. Biaya pernikahan lebih hemat.

Tamu yang hanya sedikit, jumlah penyediaan konsumsi pun dapat dipangkas, karena tidak banyak menyebar undangan. Kalau suasana normal tidak ada pandemi, undangan satu yang hadir minimal 2 orang/sepasang atau malah sekeluarga.

5. Tidak ada 'punjungan' atau ater-ater nasi ke tetangga.

Kalau nikah di kampung yang punya gawe akan memberi nasi beserta lauk pauk ke tetangga sekitar istilahnya 'bandeman'. Terus tetangga sekitar akan datang 'nyumbang'.

Begitulah keuntungan menggelar acara perk4winan di masa pandemi sesuai sudut pandang TS. Ada keuntungan pastinya ada kerugian.

Menikah di Masa Pandemi, Untung Atau Rugi?
sumber

Dan, inilah kerugian menikah di masa pendemi versi TS:

1. Acara pernikahan kurang meriah.

Karena yang datang hanya keluarga dan sahabat dekat. Hanya tetangga kanan dan kiri oke. Acara pernikahan seakan kurang greget.

2. Doa restu, kado, dan amplop sedikit.

Tidak menyebar kartu undangan, otomatis tamu yang hadir pun sedikit dan itu berpengaruh pada isi gentong yang ada di depan tarub, kuantitas pendapatan amplop dan kado cukup menurun drastis.

3. Berasa kurang bebas dalam pestanya.

Pelaksanaan upacara pernikahan berasa kurang bebas, karena ada pantauan dari pemerintah desa setempat. Takut kalau-kalau acara pesta dibubarkan karena menyalahi protokol kesehatan yang dianjurkan.

Well, begitulah kiranya pendapat TS tentang baik-buruk, untung-rugi menggelar pernikahan di masa pandemi. Bagi gansis, yang punya calon, dan mantab hati, nggak usah menunda kalau udah kebelet pingin nikah. Sebab sesuatu yang ditahan-tahan rasanya tidak enak. Nahan pipis aja, rasanya bikin belingsatan, kan?

Apalagi menikah itu, yang jelas-jelas sebagai ibadah dan melengkapkan hidup berkehidupan. Semoga gansis yang sudah siap, diyakinkan untuk menyegerakan pernikahan. Semangat menikah!

Jadi, menikah di masa pandemi adalah baik, asal sesuai protokol kesehatan yang dianjurkan. Hal yang baik-baik harus secepat mungkin untuk disegerakan.

Sekian dari TS, semoga ocehan TS bermanfaat. Wassalamu alaikum wr wb.

Penulis: @dalledalminto
Sumber: opini pribadi


profile-picture
profile-picture
profile-picture
tien212700 dan 42 lainnya memberi reputasi
43
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 4 dari 6
Menikah di Masa Pandemi, Untung Atau Rugi?
03-09-2020 12:27
ya untung
amplop sama biaya bayar katering makan itu ga imbang

enakan nikah private g perlu undang orang
profile-picture
citrachoirunisa memberi reputasi
1 0
1
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Menikah di Masa Pandemi, Untung Atau Rugi?
03-09-2020 12:31
Kalau nikah di masa pandemi harus sesuai protokol kesehatan, jelas ini sangat merugikan kedua mempelai. Bayangin aja Gan, mereka yang harusnya nempel kayak prangko harus jaga jarak. Kalau pas saat resepsi sih kagak terlalu masalah. Tapi gimana coba kalau pas dalam kamar...emoticon-Ngakakemoticon-Entahlah
profile-picture
citrachoirunisa memberi reputasi
1 0
1
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Menikah di Masa Pandemi, Untung Atau Rugi?
03-09-2020 12:41
Untung rugi itu tergantung tujuan menikah klo cuma mau balik modal atau bahkan nyari untung yaa bkal rugi tp klo nikah cuma mau pernikahan yg khidmat sih ya untung tp kurang seru sih klo nikah pada saat ini soalnya ga ada resepsi emoticon-Ngakak
profile-picture
alanaf98 memberi reputasi
1 0
1
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 4 balasan
Menikah di Masa Pandemi, Untung Atau Rugi?
03-09-2020 12:43
ko menikah ada untung dan rugi... emoticon-Ngakak yang penting itu setelah menikahnya itu.
0 0
0
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Menikah di Masa Pandemi, Untung Atau Rugi?
03-09-2020 13:02
Yaa pastinyaa lebih murah gannn biayanyaa
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Menikah di Masa Pandemi, Untung Atau Rugi?
03-09-2020 13:02
Lebih hematt jugaa dan lebih ber martabat lagii
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Menikah di Masa Pandemi, Untung Atau Rugi?
03-09-2020 13:02
Kerenn abiss sih gann ini nihhh ahahahaa
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Menikah di Masa Pandemi, Untung Atau Rugi?
03-09-2020 13:14
Salah satu kerugiannya kalau di foto wajah pengantinnya jadi ketutupan sama masker
0 0
0
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Menikah di Masa Pandemi, Untung Atau Rugi?
03-09-2020 13:49
angka perceraian di masa pandemi menunjukkan tren kenaikan
profile-picture
alanaf98 memberi reputasi
1 0
1
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Menikah di Masa Pandemi, Untung Atau Rugi?
03-09-2020 13:49
Yaa saya mah nikah ga mikir untung rugi sih.. yg penting siap materi dan mental...

Desember insyaAllah nikah..
Tetep ngundang soalnya udh longgar psbb gak kyk awal2 pandemi
profile-picture
irene.holmes memberi reputasi
1 0
1
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Menikah di Masa Pandemi, Untung Atau Rugi?
03-09-2020 13:53
Lebih hemat pastinya nggak banyak pengeluaran emoticon-Ngakak
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Menikah di Masa Pandemi, Untung Atau Rugi?
03-09-2020 14:07
Yang penting sah
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Menikah di Masa Pandemi, Untung Atau Rugi?
03-09-2020 14:16
menurut ane banyak untungnya dan acara lebih intim juga.
Jadi pengen nikah, tapi belom siap. gimana dong ? emoticon-Sorry
profile-picture
irene.holmes memberi reputasi
1 0
1
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Menikah di Masa Pandemi, Untung Atau Rugi?
03-09-2020 14:17
Yuk, Nikah!

Eh, kalo bisan nikah gimana, Bang @dalledalminto
0 0
0
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Menikah di Masa Pandemi, Untung Atau Rugi?
03-09-2020 14:18
Jadi pengen kimpoi emoticon-Malu

Itung itung bisa hemat pengeluaran emoticon-Ngakak
0 0
0
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Menikah di Masa Pandemi, Untung Atau Rugi?
03-09-2020 14:28
udah sih nggak usah nikah. Indonesia udah kebanyakan populasi orang tolol. Jangan diperparah dengan menambah jumlah kelahiran orang tolol lagi. Lo bayangin aja 2 orang tolol menikah, punya keturunan 10 anak tolol. Mau jadi apa lama2 indonesia.
Saran gue sebaiknya sebelum menikah di tes IQ dulu lah. IQ dibawah 130 jangan nikah. Biar mati aja gen goblok di Indonesia. Jadi beban negara aja.
emoticon-Blue Guy Bata (L)
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Menikah di Masa Pandemi, Untung Atau Rugi?
03-09-2020 15:12
Ya....smua ada untungny ada ruginy. Ada baikny ada burukny jg gan....
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Menikah di Masa Pandemi, Untung Atau Rugi?
03-09-2020 15:26
alhamdulilah ane baru aja menikah. yang penting itu niat ibadah dan teralksana, ane gak muluk2 harus untung. namnya nikah niatnya buat ibadah bukan niat nyari untung.
klo untuk biaya semampunya aja, lebih baik semua biaya ditanggung bareng2 jgn cm di satu pihak aja.
profile-picture
irene.holmes memberi reputasi
1 0
1
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 5 balasan
Menikah di Masa Pandemi, Untung Atau Rugi?
03-09-2020 15:37
Iya gan, pasti tetep ada plus minus nya ketika memilih untuk menggelar pernikahan dalam masa pandemi. Tapi kalau memang waktunya, yaaa gas saja.
profile-picture
dalledalminto memberi reputasi
1 0
1
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Menikah di Masa Pandemi, Untung Atau Rugi?
03-09-2020 16:20
Jadi hemat sih tapi kalo liat sepi gt emang ada yg kurang
0 0
0
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Halaman 4 dari 6
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia