Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

aldysadiAvatar border
TS
aldysadi 
Mitos 'Rambut Pusing', Berbahayakah Bagi Kesehatan?


Quote:


Quote:


Mitos 'Rambut Pusing', Berbahayakah Bagi Kesehatan?





Dari zaman dulu, sejak TS masih kecil, TS sering melihat orang-orang yang TS kenal punya kebiasaan mencabuti rambut di kepalanya.

Tak hanya uban, tetapi juga rambut yang hitam. Namun, bukan sembarang rambut hitam, melainkan rambut hitam yang helaiannya lebih tebal dibandingkan helaian rambut lainnya. Biasanya, bentuknya agak keriting. Rambut ini disebut rambut pusing.

Jadi, GanSis jangan heran jika di sore hari GanSis melihat anak-anak duduk di teras sambil mencari sesuatu di kepala ibunya. Jangan salah mengira bahwa mereka sedang mencari kutu atau uban karena bisa saja mereka sedang mencari 'rambut pusing'.

Spoiler for Hanya Ilustrasi:


Ada mitos yang beredar di lingkungan kami bahwa rambut pusing adalah penyebab dari pusing dan sakit kepala sehingga kepala terasa berat serta dapat menyebabkan rasa gatal di kulit kepala.

Oleh karena itu, para ibu akan meminta anak-anak mereka untuk mencarikan rambut dengan ciri-ciri diatas. Biasanya, hal ini dilakukan pada sore hari yang santai.

Ada rasa lega dan enteng di kepala yang dirasakan oleh para ibu setelah rambut pusingnya dicabut.

Spoiler for Hanya Ilustrasi:


Tak hanya para ibu, para ayah pun demikian. Setiap merasa kepalanya berat maka ayah akan meminta ibu untuk mencarikan rambut tebal di kepalanya.

Para orang tua akan merasa sangat rileks dan tertidur nyenyak setelah rambut tebalnya dicabut.

Uniknya, bukan hanya orang tua, teman-teman sebaya TS pun mempercayai hal tersebut.

Jika mereka mendapati 'rambut pusing' baik di rambutnya sendiri maupun di rambut temannya maka mereka akan mencabutnya dan berujar, "Pantas saja kepalaku agak berat dari kemarin. Ternyata, gara-gara rambut ini."

Ya, meskipun kami hidup tak jauh dari pusat kota dengan segala kemodernannya. Nyatanya, hal tersebut tak membuat kepercayaan yang telah ditanamkan sejak turun-temurun luntur dari benak teman-teman TS.

Spoiler for Hanya Ilustrasi:


Lalu, apakah di dalam dunia medis dikenal istilah 'rambut pusing'?

Merasa penasaran, TS pun menjelajahi si google tampan. Dari sana lah, TS menemukan situs kesehatan yang sudah cukup dikenal di Indonesia dalam memberikan berbagai informasi tentang penyakit, yaitu Alodokter.

Berikut informasi yang berhasil TS kumpulkan....

Penyebab Rambut Tumbuh Tidak Normal

Penyebab rambut tumbuh tidak normal, misalnya tumbuhnya rambut keriting diantara rambut yang lurus atau terdapat helaian rambut yang lebih tebal dibanding rambut lainnya tidak diketahui secara medis.

Akan tetapi, beberapa faktor diduga dapat mempengaruhi perubahan jenis rambut, seperti genetik, usia, hormonal, penggunaan bahan kimia dan obat-obatan, paparan sinar matahari berlebih, dan perlakuan tertentu terhadap rambut GanSis, seperti sering dikuncir, dicatok, atau penggunaan hair dryer.


Rambut Pusing dalam Dunia Medis

Yup, dalam dunia medis 'tidak'dikenal istilah 'rambut pusing'.


Apakah Pertumbuhan Rambut Tersebut Berbahaya?

Tidak!. Jadi, jika GanSis memiliki ciri rambut diatas, GanSis tidak perlu khawatir karena pada dasarnya, pertumbuhan rambut yang tidak normal tidak berbahaya dan bukan merupakan suatu pertanda adanya masalah serius di dalam tubuh GanSis.


Lalu, kenapa beberapa orang merasa pusing, sakit kepala, dan gatal di kulit kepala?

Hal tersebut mungkin bisa terjadi karena mereka tersugesti karena hal itu lah yang mereka dengar sejak kecil atau bisa saja perasaan-perasaan tersebut muncul karena kondisi sesungguhnya dari kesehatan mereka.

Mengenai efek rileks setelah rambut pusing dicabut hal ini mungkin berkaitan dengan rasa santai dan nyaman ketika rambut mendapat sentuhan yang 'ringan'. Ya, TS pribadi pun merasa rileks jika si Doi membelai lembut rambut TS, eh emoticon-Embarrassmentemoticon-Shutup.


Quote:



Quote:
Diubah oleh aldysadi 13-02-2018 06:05
swiitdebby
swiitdebby memberi reputasi
1
37.8K
151
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.3KThread83.9KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.