Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

ikardusAvatar border
TS
ikardus
Apa yang Perlu Kamu ketahui Soal Kondisi Indonesia ? Sini Sri Mulyani Kasih Tahu

JAKARTA - Apa yang perlu diketahui mengenai kondisi Indonesia hari ini?, Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani memaparkan bagaimana situasinya. Mantan direktur Bank Dunia itu menjelaskan bahwa kontraksi ekonomi Indonesia sebesar -5,3% di kwartal II tahun 2020 merupakan kontraksi terdalam selama 10 tahun terakhir (rata-rata 5%).

"Namun jika dibandingkan dengan negara lain yang kontraksinya mencapai 2 digit, maka daya tahan ekonomi Indonesia jauh lebih baik," ujar Sri Mulyani seperti dikutip dari media sosial miliknya, Minggu (30/8/2020).

Di seluruh dunia, kata Sri Mulyani, Covid-19 telah menyebar di 215 negara dan menjangkiti sedikitnya 24 juta orang. Lebih dari 827 ribu orang meninggal. "Dari segi ekonomi kita lihat 215 negara memasuki pertumbuhan yang negatif," ujar dia.

Diterangkan lebih rinci, PDB negara-negara ASEAN-5 pun tak luput dari pertumbuhan negatif hingga 2 digit, yaitu Singapura tumbuh -12,6%, Thailand -12,2%, Malaysia -17,1%, dan Filipina -16,5%, hanya Indonesia yang masih mampu menahan penurunan PDB nya di angka 1 digit yaitu 5,3%.

Baca Juga:

Indonesia Tidak Akan Selamat, Waktu 1,5 Bulan Tidak Cukup Hindari ResesiMenkeu Sebut Orang Kaya Sudah Jarang Pergi ke Bioskop dan Warung

Sementara itu, Amerika Serikat tumbuh -9,5%, Eropa turun -15%, Prancis -19,0%, dan Mexico -18,9%. Inggris mencatat kontraksi yang lebih dalam, yaitu minus 21,7 persen. Selain itu, risiko second wave Covid-19 juga meningkat seiring kebijakan relaksasi pembatasan sosial, meskipun terdapat berita positif mengenai uji klinis vaksin di beberapa negara.

Menutur dia, negara bisa disebut masuk ke zona resesi apabila dalam dua kuartal pertumbuhannya semakin turun. "Tetapi kalau ada perbaikan dari minus 5 misalnya, ke angka yang lebih rendah maka itu technically bukan resesi."

Sambung Sri Mulyani mengungkapkan, pemerintah menggunakan semua instrumen fiskal yang tersedia, seperti bantuan subsidi bunga, penundaan cicilan, dan bantuan kredit modal kerja. ⁣"Kebijakan bantuan pemulihan ekonomi melalui bantuan sosial, terutama bagi kalangan menengah ke bawah terbukti efektif dalam mencegah perekonomian Indonesia merosot lebih dalam lagi," lanjutnya.

(Baca Juga: Sri Mulyani: Niat Baik Saja Tidak Cukup Jika Tak Miliki Kepastian Hukum)

Diungkapkan juga olehnya, pemerintah juga fleksibel memperbaiki program bantuan yang disesuaikan dengan dinamika di lapangan, seperti yang baru diluncurkan bantuan Presiden kepada 9 juta UMKM,  bantuan melalui skema BPJS ketenagakerjaan bagi pekerja yang pendapatannya di bawah Rp 5 juta.⁣

"Kuartal 3 ini merupakan masa titik balik yang menentukan bagi perekonomian Indonesia. Ayo tingkatkan aktivitas perekonomian dan bisnis dengan tetap mengutamakan aspek kesehatan publik," paparnya.

Karena itu, Sri Mulyani berujar Presiden Joko Widodo telah meminta jajarannya agar melakukan koordinasi gas dan rem dilakukan di masa pagebluk ini. Gas dilakukan pada pemulihan sisi ekonomi dan sosial masyarakat. Sementara, rem yang dimaksud berkaitan dengan mengendalikan kesehatan masyarakat. "Ditambahkan safety belt di sektor keuangan."

Guna mencapai pemulihan sektor kesehatan, sosial, dan ekonomi tersebut, Sri Mulyani mengatakan pemerintah telah mencanangkan kegiatan Indonesia Sehat, Indonesia Kerja dan Indonesia Tumbuh. Dalam rangka tersebut, pada hari ini pun pemerintah menggelar kampanye agar masyarakat menggunakan masker.

"Tentu tadi disampaikan, kampanye yang kita lakukan arahan Bapak Presiden secara bertahap dan dalam waktu masing-masing satu bulan, yaitu gerakan 3M, memakai masker akan dilanjutkan mencuci tangan dan menjaga jarak," tuturnya.
(akr)

Sumur
https://ekbis.sindonews.com/read/148...ahu-1598756924

Jalanin saja, vaksin sinovac akan ready akhir tahun ini. Kadroon loe milih vaksin cina atau mau mamfus aja? emoticon-Ngakak

Kadrun govlog bawa golok biar bs solat hari raya dipinggir jalan raya, si jembyut yemen dki senyum2 ngangguk kepala, sinting!!

Untung jokowi kalem dan jago ambil kebijakan biar kadroon seuprit kaga demo2.. negara luar mah ancur2an droon

Diubah oleh KS06 31-08-2020 02:28
riansantoso4776
riansantoso4776 memberi reputasi
1
1.2K
12
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671.1KThread40.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.