Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

PortalJabar.netAvatar border
TS
PortalJabar.net
Anak Kecanduan Gawai Lantaran Pola Asuh Yang Salah


BANDUNG,- Jumlah anak yang kecanduan gawai setiap tahun semakin memprihatinkan. Data Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Provinsi Jawa Barat menunjukkan sejak tahun 2016 hingga saat ini sudah menangani sedikitnya 209 pasen yang kecanduan game online melalui handphone.

Menyikapi kasus tersebut, Kepala Bidang (Kabid) Perlindungan Anak (PA) Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP2KBP3A) Kabupaten Bandung Haslili Lindayani Lubis menyebutkan, kecanduan gawai pada anak dipicu oleh pola asuh yang salah.

"Masih banyak orangtua yang memberikan gawai kepada anaknya dengan alasan agar si anak bisa anteng bermain. Jika anak sudah kecanduan gawai, pasti ada yang salah pada pola asuh orangtuanya," ungkap Linda, sapaan akrabnya.

Selain merubah pola asuh, Linda juga meminta agar orangtua selalu mendampingi serta mengajak anak untuk berkomitmen dalam menggunakan gawai.

“Mengenalkan anak dengan gawai sejak dini bukan hal yang salah, namun harus ada komitmen antara orangtua dan anak. Misalnya si anak hanya boleh menggunakan gawai ketika libur sekolah, dan hanya satu jam. Jika si anak melanggar, orangtua bisa mengambil gawai tersebut,” imbuhnya pula.

Pada kesempatan tersebut, ia juga meminta kepada orangtua untuk selalu mendampingi anaknya ketika menggunakan gawai.

“Orangtua harus tetap mendampingi anaknya saat menggunakan gawai, meskipun hanya sekedar bermain games. Pada saat itulah akan terjadi interaksi dan komunikasi antar anak dan orangtua. Jika dari awal ditanamkan pola asuh seperti itu, mungkin tidak akan ada anak yang masuk Cisarua,” tandasnya. (ipn)

Sumber : Portal Jabar
sebelahblog
sebelahblog memberi reputasi
1
442
3
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.1KThread83.4KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.