c4punk1950...Avatar border
TS
c4punk1950...
Indonesia Tidak Dijajah Jepang!




Melihat judulnya rada ngeri-ngeri sedap, bisa bikin buku sejarah berubah, bisa-bisa TS di bully oleh korban kekejaman Jepang. Apalagi disini banyak yang paham, bahwa Jepang memberikan kesengsaraan rakyat Hindia Belanda dengan adanya Romusha.

Oke untuk itu kita ambil dulu argument dari buku-buku pelajaran sejarah yang pernah kita baca, apa tidak ada kesalahan? Kita selalu mengklaim bahwa Belanda menjajah Indonesia 350 tahun sedangkan Jepang menjajah 3,5 tahun?

Buat saya ketika membaca hal ini jadi garuk-garuk kepala, ini hitungannya gimana masak negara kecil eropa bisa menguasai nusantara yang luasnya puluhan kali lipat negaranya. Apakah tidak berbenturan dengan Majapahit, Sriwijaya sebagai penakluk nusantara dimasanya?

Bayangkan pasukan mongol saja tidak bisa menjajah di pulau Jawa. Mereka berhasil di pukul mundur oleh Raden Wijaya pendiri Majapahit, dimana saat itu adalah peralihan runtuhnya singasari di daratan Jawa.

Lalu kenapa tahu-tahu nongol angka Belanda menjajah Indonesia selama 350 tahun? Kalau pendudukan wilayah secara militer itu penjajahan, maka Belanda tidak melakukan itu. Niat mereka adalah berdagang dari perusahaan yang bernama VOC atau kepanjangannya adalah Vereenigde Oost Indische Compagnie, tentu saja berhubung kerajaan di nusantara doyan perang mereka sering membantu kerajaan yang ingin berperang dengan perjanjian dan juga upeti sebidang tanah.

Mau lihat isi perjanjian mereka terhadap raja-raja di nusantara? Berikut saya kutip hal tersebut,

Quote:


Kalau dah begini bukannya bisa disebut negara dalam negara? Aturan hukum warga Belanda dibuat peraturannya sendiri oleh mereka, lambat laun orang pribumi yang ingin berdagang dengan mereka harus menggunakan hukum yang diberlakukan oleh VOC. Dengan kata lain, politik hukum mereka ini bersifat oportunitis, otomatis hukum yang berkembang di wilayah tersebut harus memakai hukum buatan Belanda.



Nah wilayah-wilayah yang dimiliki VOC ini lambat laun menjadi luas, hingga kekuatan mereka pun sebanding dengan raja-raja dimasa itu. Kalau dah begini salah siapa? Kebodohan siapa? Indonesia? Hush, Indonesia saja belum lahir masa sih mau klaim bahwa nusantara itu Indonesia, apa gunanya kerajaan yang di dalamnya. Itu kekuasaan mereka, bukan Indonesia.

Ingat di nusantara sendiri juga ada perusahaan dagang lain yang berasal dari Inggris, Portugis dan Spanyol. Bahkan di Jayakarta ada East India Company (EIC) dari Inggris. Namun VOC ingin merebut kekuasaan dagang disana hingga terjadi perang antara pasukan Inggris EIC melawan VOC pada 30 Mei 1619, namun saat itu Inggris kalah, dan perdagangan diambil alih VOC. Disinilah Jayakarta menjadi pusat administrasi VOC dan mengubahnya menjadi Batavia.

Apa VOC menguasai kesultanan Banten? Tentu tidak kerajaan Banten dengan Sultan Ageng Tirtayasa masih berjaya, VOC kerap mencari perselisihan dengan Banten dari 1655 hingga 1659.

Kenapa VOC tidak menjajah, karena yang dipakai adalah trik adu domba sebagai contoh di Banten Pangeran Anom dihasut VOC melawan bapaknya Sultan Ageng Tirtayasa di tahun 1682 hingga akhirnya si bapak kalah.

Lalu pada 17 April 1684 kesultanan Banten menandatangani point kerjasama dengan VOC dan dibawah pengaruh VOC. Itu salah satu trik VOC untuk monopoli dagang sebuah wilayah, apakah disebut menjajah?

Hingga dengan trik itu, banyak kerajaan yang akhirnya dikuasai VOC dan lahirlah Hindia Belanda yang lambat laun berafiliasi ke Front Barat, dinamika politik dunia terus berkembang. Hindia Belanda pun mendirikan KNIL sebagai pasukan militer mereka.

Tahun 1942, merupakan hancurnya Hindia Belanda oleh pasukan Jepang. Terlihat yang diduduki Jepang adalah kekuasaan Hindia Belanda bukan Indonesia, karena memang NKRI belum ada ketika itu, bahkan pihak Jepang juga mengisolasi orang Belanda bukan penduduk pribumi, disebut kamp interniran.

Walau akhirnya karena kebutuhan perang warga pribumi akhirnya banyak menjadi korban, dengan adanya romusha dan jugun ianfu dan itu semua disetujui oleh bapak bangsa pendiri NKRI loh!



Yang menarik, ketika Jepang kalah dari sekutu. Indonesia sudah memproklamasikan kemerdekaannya tahun 1945, namun Jepang sendiri tidak mengakui kemerdekaan Indonesia. Lantas, bagaimana Jepang bisa menjajah Indonesia?

Bahkan di battle Surabaya ada andil Jepang yang membantu persenjataan negara yang baru merdeka ini untuk melawan sekutu, bisa dibilang persenjataan Jepang ini canggih bukan bambu runcing. Logikanya gini Jepang invasi Hindia Belanda sudah di antisipasi militer Belanda dan KNIL dibantu pasukan Australia hasilnya mereka kalah.

Kalau persenjataan Jepang tidak canggih, mana mungkin bisa invasi wilayah asia tenggara yang diduduki oleh sekutu front Barat dalam waktu yang cukup singkat. Pangkalan Militer Pearl Harbor saja langsung luluh lantak, begitu mengerikannya kekuatan Jepang bukan?

Ada sebuah wawancara menarik akan saya kutip sedikit saja karena wawancara ini cukup panjang.

Quote:


Disini kita bisa melihat apa tujuan bangsa asing datang ke nusantara? Sumber daya alam, lantas apakah dengan nama merdeka kita sudah menguasai sumber daya alam kita untuk kepentingan bangsa dan rakyatnya sendiri? Mungkin kalian bisa buka UUD 1945 di Pasal 33 dan 34 terlihat jelas saat ini hanya namanya saja yang merdeka, karena perekonomian diatur oleh tuan tanah yang berkuasa, bukan asas kebersamaan.



Lantas ketika itu terjadi apakah kita sedang dijajah oleh para tuan tanah? Atau kita tetap merdeka? Entahlah apa pandangan kalian ketika suatu saat nanti tuan tanah ini bisa membuat pasukan militer sendiri? Saya, c4punk see u next thread.

emoticon-I Love Indonesia

"Nikmati Membaca Dengan Santuy"
***
Tulisan : c4punk@2020
referensi : klik
Pic : google

emoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Star

Diubah oleh c4punk1950... 11-09-2020 13:27
agusrezapratam4
delicioushit
r0tybakar
r0tybakar dan 79 lainnya memberi reputasi
72
13.7K
255
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.7KThread82.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.