Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

anglerjancukAvatar border
TS
anglerjancuk
Tips Memilih Reel Spinning Untuk Ultra Light Casting / Fishing
Tips Memilih Reel Spinning Pancing Ultralight

Tips Memilih Reel Spinning Untuk Ultra Light Casting / Fishing

Bagi teman-teman semua penggila / penggiat kegiatan memancing khususnya penggemar Ultralight fishing, tentu sudah tahu bahwa kegiatan ini sedikit harus merogoh kocek untuk belanja perlengkapannya.

Nah, kali ini saya akan coba ulas beberapa tips yg harus teman-teman perhatikan untuk memilih tackle set yang pas untuk teman-teman gunakan.

Khusus dalam threat ini saya akan fokuskan pada tips untuk memilih reel pancing spinning untuk ultralight fishing.

Bagi teman-teman yang belum tahu apa itu ultralight fishing, bisa check threat saya yang sebelumnya.


Tips Memilih Reel Spinning Pancing Ultralight
Tips Memilih Reel Spinning Untuk Ultra Light Casting / Fishing

1. POWER HANDLE

Power handle reel adalah sebuah mekanisme dimana handle reel jika diputar ke depan otomatis sambungan bautnya ( screw )akan mengencang, dan jika diputar arah kebelakang sambungan bautnya akan melonggar.


Fungsinya sudah jelas, ketika fight dengan ikan, maka handle reel tidak akan melonggar karena putarannya selalu kedepan.

Berbeda dengan reel dengan sistem pengencang handle manual yang harus selalu di cek agar tidak longgar.


2. BOBOT REEL RINGAN

Bobot untuk reel ultralight biasanya dibawah 400 gram. Hal tersebut bertujual agar pemancing tidak merasa kelelahan saat harus melemparkan umpan berkali-kali. Penggunaan bobot yg ringan juga sesuai dengan nama ultralight yang artinya super ringan.

3. Ball bearing & Roller bearing

Kenapa harus sudah Ball Bearing dan roller bearing ? Tujuannya agar mengurangi hambatan dari senar PE ketika harus bergesekan terus menerus dengan Line Roller. Jumlah ball bearingnya bebas bervariasi tergantung dengan kebutuhan dan selera tentunya.

4. Reel sudah menggunakan material ALumunium untuk Spool

Berbicara mengenai Ultra Light yang cara bermain dengan melempar dan menarik berulang kali, pastilah ketahanan dari piranti merupakan prioritas utama.

Dengan harga yang murah sepertinya mustahil jika menginginkan material full metal. Jadi untuk sebuah reel, Spool yang menggunakan material alumunium itu sudah bagus.

5. Max Drag antara 5 - 8kg

Untuk pertimbangan max drag bisa bervariasi tergantung kebutuhan, tapi jika untuk ultra light sepertinya 5 - 8kg sudah cukup bagus menahan tarikan ikan air asin.

6. Instant anti-reverse system

Fungsi ini sepertinya sudah hampir ada disemua piranti untuk ultra light. Tujuannya agar menahan tarikan ikan sehingga reel tidak berputar dengan arah sebaliknya.

7. Size maksimal 2000


Reel yang berniat digunakan untuk bermain Ultra Light tidak perlu seri yang besar karena mempertimbangkan ukuran dan beratnya. Rata-rata seri yang digunakan kecil antara 500-1000. Reel seri 2000sudah ukuran maksimal untuk Ultra Light, jadi jangan beli ukuran reel yang lebih dari itu.

Tapi, saya sangat menyarankan untuk menggunakan reel seri 1000 saja. Dengan Pertimbangan begini,

JIka menggunakan reel seri 500 kemudian menggunakan pe0.4 dengan ukuran lebar 0.1mm ada kemungkinan terjadi kusut ketika melakukan casting atau lemparan.

Hal ini disebabkan karena ukuran spool yang kecil sehingga pe dengan lebar 0.1mm lebih cepat keluar spool yang bukan karena tarikan lemparan melainkan karena lebar melingkar PE hampir sama dengan spool.

Jika menggunakan seri 1000 maka kamu bisa menggunakan PE dengan berbagai macam ukuran seperti 0.06mm 0.08mm 0.10mm sampai 0.12mm.

Dan jika tidak ingin mengalami kusut ketika melakukan lemparan cobalah untuk menyesuaikan ukuran PE dengan Seri Reel nya

Seri 500 menggunakan PE 0.15 lebar 0.06mm

Seri 800 menggunakan PE max 0.2 lebar 0.08mm

Seri 1000 menggunakan PE max 0.4 lebar 0.10, dan tentu saja bisa juga menggunakan PE 1.5 dan PE 2.
Diubah oleh anglerjancuk 31-08-2020 08:50
fandiprayudi86
bangb0
nderek.langkung
nderek.langkung dan 3 lainnya memberi reputasi
4
4K
19
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.4KThread84.4KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.