News
Batal
KATEGORI
link has been copied
257
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f4a267926377219d2594200/ironi-lebih-dari-separuh-muslim-di-indonesia-tak-bisa-baca-alquran
Indonesia dikenal sebagai negara dengan penduduk muslim terbanyak di dunia. Namun lebih dari separuh muslim di Indonesia tak bisa baca Alquran. Setidaknya itulah fakta yang ada. Seperti diketahui, Indonesia tercatat sebagai negara berpenduduk muslim terbanyak di dunia, karena menyumbang hingga 12,7 persen dari populasi dunia. Dari dua ratus jutaan lebih penduduk Indonesia, sedikitnya 88,1 persen b
Lapor Hansip
29-08-2020 16:57

Ironi, lebih dari separuh muslim di Indonesia tak bisa baca Alquran


Ironi, lebih dari separuh muslim di Indonesia tak bisa baca Alquran


Indonesia dikenal sebagai negara dengan penduduk muslim terbanyak di dunia. Namun lebih dari separuh muslim di Indonesia tak bisa baca Alquran. Setidaknya itulah fakta yang ada.

Seperti diketahui, Indonesia tercatat sebagai negara berpenduduk muslim terbanyak di dunia, karena menyumbang hingga 12,7 persen dari populasi dunia. Dari dua ratus jutaan lebih penduduk Indonesia, sedikitnya 88,1 persen beragama Islam.

Nah, soal temuan data lebih dari separuh muslim di Indonesia tak bisa baca Alquran, setidaknya tercantum dalam data survei Kampus Perguruan Tinggi Ilmu Alquran (PTIQ) Jakarta. Dalam laporannya, yang disampaikan pada 2018 lalu, lebih dari separuh muslim Indonesia belum bisa membaca Alquran.


“Data dari PTIQ yang belum bisa membaca Al quran 60-70 persen,” ujar Ustadz Achmad Farid Hasan saat ditemui di acara “Coaching Clinic 1 Jam Bisa Membaca Alquran” pada Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Nasional ke-27 di Asrama Haji Embarkasi Medan, Sumatera Utara.

Dari hasil riset Pondok Pesantren Tebu Ireng, Jombang, Jawa Timur, tahun 2015 yang disampaikan oleh Kiai Haji Salahudin Wahid atau Gus Solah menyebutkan bahwa orang Indonesia yang bisa membaca Alquran baru 23 persen.


Senada juga disampaikan data Badan Pusat Statistik (BPS). Pada tahun 2013, BPS menyebutkan ada 54 persen dari total populasi Muslim di Indonesia masih buta aksara Alquran. Lagi-lagi, angkanya melebihi separuh jumlah. Demikian disitat Islami.

Hal inilah yang menjadi dilema tersendiri. Jangankan masyarakat sudah bisa pengamalan Alquran. Sebab hingga kini masih banyak Muslim yang di tahap pemahaman saja belum selesai.

Ironi
Sementara itu CEO Cinta Quran, Fatih Karim, dalam sebuah kesempatan wawancara menyebutkan, senada. Kata dia, dari seluruh penduduk muslim di tanah air, sekitar 58 persen buta aksara Alquran.

“Meski mayoritas muslim tapi 58 persennya tidak bisa membaca Alquran. Bahkan di Aceh, lebih 65 persen tidak bisa baca Alquran,” kata Fatih.

Realitas inilah yang kemudian menimbulkan keprihatinan dan menjadi motivasinya, melalui Cinta Quran untuk membantu mengentaskan buta aksara Alquran ini.


“Ada orang yang membuat karya menciptakan metode Tahrir supaya dalam satu hari bisa baca Alquran, bisa saja, meski belum lancar dan benar. Lalu dikembangkan lagi metode Tikror bisa mengartikan, jadi bisa lebih jleb,” ujarnya.

Saat ini, pihaknya menargetkan 10 ribu muslimah di 10 kota bisa membaca Alquran.

“Mengapa muslimah, karena mereka yang nanti ‘didaulat’ mengajarkan ke anak-anak mereka.

https://www.hops.id/ironi-lebih-dari...-baca-alquran/

Diubah oleh dispenserr
profile-picture
profile-picture
profile-picture
wisudajuni dan 18 lainnya memberi reputasi
19
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 6
Ironi, lebih dari separuh muslim di Indonesia tak bisa baca Alquran
29-08-2020 17:02
Waduh kalau bisa baca jadi gimana tuh?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
petani.syusyu dan 6 lainnya memberi reputasi
7 0
7
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Ironi, lebih dari separuh muslim di Indonesia tak bisa baca Alquran
29-08-2020 17:12
Kaga bs baca aja udh begini kelakuannya

emoticon-Ngacir2
profile-picture
profile-picture
profile-picture
serapionleo dan 17 lainnya memberi reputasi
18 0
18
Lihat 8 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 8 balasan
Ironi, lebih dari separuh muslim di Indonesia tak bisa baca Alquran
29-08-2020 17:13
Muslimin buta hurup gan emoticon-Bingung
profile-picture
profile-picture
profile-picture
sunyimembara dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Ironi, lebih dari separuh muslim di Indonesia tak bisa baca Alquran
29-08-2020 17:14
Betul

Ada juga yg bisa baca dan hafal tapi gak bisa memahami (hanya sebatas sampai tenggorokan)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
serapionleo dan 8 lainnya memberi reputasi
7 2
5
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 4 balasan
Ironi, lebih dari separuh muslim di Indonesia tak bisa baca Alquran
29-08-2020 17:15
Apakah kampret dan kadrun yg ada di kaskus termasuk dalam kategori yg tdk ..





*tanya
profile-picture
profile-picture
profile-picture
sunyimembara dan 5 lainnya memberi reputasi
6 0
6
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Ironi, lebih dari separuh muslim di Indonesia tak bisa baca Alquran
29-08-2020 17:19
baca quran tapi kagak bisa bahasa ngarab emoticon-Ngakak
tapi najisnya sok2an paling ngarab pake jubah sama manjangin jenggot 10 lembar
profile-picture
profile-picture
profile-picture
sunyimembara dan 13 lainnya memberi reputasi
14 0
14
Lihat 8 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 8 balasan
Ironi, lebih dari separuh muslim di Indonesia tak bisa baca Alquran
29-08-2020 17:26
bener kata Buni Yani

gampang jualan agama disini, gampang dibodohi, lah baca manual booknya sendiri gak bisa emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
sunyimembara dan 15 lainnya memberi reputasi
16 0
16
Ironi, lebih dari separuh muslim di Indonesia tak bisa baca Alquran
29-08-2020 17:32
Quote:Dari hasil riset Pondok Pesantren Tebu Ireng, Jombang, Jawa Timur, tahun 2015 yang disampaikan oleh Kiai Haji Salahudin Wahid atau Gus Solah menyebutkan bahwa orang Indonesia yang bisa membaca Alquran baru 23 persen.


23 persen aja sudah 7 juta laskar, kalau 92% (4 kali 23%), bisa bisa jadi 28 juta laskar.. emoticon-Belo
profile-picture
profile-picture
profile-picture
petani.syusyu dan 5 lainnya memberi reputasi
6 0
6
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Ironi, lebih dari separuh muslim di Indonesia tak bisa baca Alquran
29-08-2020 17:32
Maka nya yang apal 1-2 Juzz ama 2-3 hadiz, auto ulama.
emoticon-nulisah
profile-picture
profile-picture
profile-picture
roninthirst dan 9 lainnya memberi reputasi
10 0
10
Ironi, lebih dari separuh muslim di Indonesia tak bisa baca Alquran
29-08-2020 17:33
astagfirullah, biarin aja deh pada ga bisa baca Quran, malah bagus, soalnya takut kko udah baca n paham malah pada murtad ya akhi emoticon-Kagets
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Exorcizm dan 10 lainnya memberi reputasi
11 0
11
Ironi, lebih dari separuh muslim di Indonesia tak bisa baca Alquran
29-08-2020 17:40
Maaf nih Ts nya bisa ngaji gaemoticon-2 Jempol

Gus baha
Ironi, lebih dari separuh muslim di Indonesia tak bisa baca Alquran
Ga pelu bisa banget wong itu jelimet perlu ada yg jelasi emoticon-I Love Indonesia
Diubah oleh flothermow
profile-picture
profile-picture
profile-picture
petani.syusyu dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Ironi, lebih dari separuh muslim di Indonesia tak bisa baca Alquran
29-08-2020 17:43
makin taat biasanya makin beringasemoticon-Takut
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Last+Cross dan 11 lainnya memberi reputasi
12 0
12
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Ironi, lebih dari separuh muslim di Indonesia tak bisa baca Alquran
29-08-2020 17:44
Coba cek bacaan al ustadz al mukaram habib novel dan anak buahnyaemoticon-Wkwkwkemoticon-Wkwkwkemoticon-Wkwkwkemoticon-Wkwkwk
profile-picture
profile-picture
profile-picture
sunyimembara dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Ironi, lebih dari separuh muslim di Indonesia tak bisa baca Alquran
29-08-2020 17:46
Sekarang lanjutin surveinya.... berapa persen yg baca terjemahan? Berapa persen yg paham terjemahan tsb?

Sibuk belajar baca huruf arab tapi esensinya dilupain. Gak heran persepsi umat di indonesia terlalu timpang antara radikal & moderat. Moderat merasa agama paling damai gak ada kekerasan di kitab sucinya yg radikal bertingkah berdasarkan kitab suci juga.

profile-picture
profile-picture
profile-picture
sunyimembara dan 11 lainnya memberi reputasi
12 0
12
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 5 balasan
Ironi, lebih dari separuh muslim di Indonesia tak bisa baca Alquran
29-08-2020 17:51
justru bagus !

uclim Kalo ikut pangajian, baca , akan jadi toreris. radikal, takfiri, wahabi, extrimis fundamentalis, .

justru sebaiknya uclim jangan baca. ikuti saja ceramah agama dari kyai NU yang sebelum tahun 212 atau 411

profile-picture
profile-picture
profile-picture
petani.syusyu dan 5 lainnya memberi reputasi
6 0
6
Ironi, lebih dari separuh muslim di Indonesia tak bisa baca Alquran
29-08-2020 17:52
yang penting voucher 72 angels udah ditangan emoticon-Smilie
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Exorcizm dan 6 lainnya memberi reputasi
7 0
7
Ironi, lebih dari separuh muslim di Indonesia tak bisa baca Alquran
29-08-2020 18:11
jadi selama ini cuma identitas doank nih ?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
petani.syusyu dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Ironi, lebih dari separuh muslim di Indonesia tak bisa baca Alquran
29-08-2020 18:12
hmmm ane bisa tapi ateis hehehehe
profile-picture
profile-picture
profile-picture
petani.syusyu dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Ironi, lebih dari separuh muslim di Indonesia tak bisa baca Alquran
29-08-2020 18:12
Yg fenting cosplay daster putih nya paling mantep
profile-picture
profile-picture
profile-picture
petani.syusyu dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Ironi, lebih dari separuh muslim di Indonesia tak bisa baca Alquran
29-08-2020 18:13
Belajar quran seperti mempelajari teks
Bhs indonesia dan inggris.
Pahami dulu sistematika bahasanya dan vocab baru bisa klaim baca.

Kalo lancar arab minimal pasif, mereka bisa membaca.

Bukan cuma komat kamit gak jelas.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
merseysidered dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Halaman 1 dari 6
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia